Mengapa Perokok Bisa Mengalami Keracunan Arsenik?

Mengapa Perokok Bisa Mengalami Keracunan Arsenik?

Halodoc, Jakarta – Gaya hidup yang kurang sehat memberikan dampak yang buruk pada kesehatan, salah satunya adalah merokok. Hindari kebiasaan merokok karena racun yang terkandung dalam batang rokok dapat mengganggu kesehatan.

Baca juga: Efek Paparan Arsenik Terhadap Kesehatan

Bahaya merokok dapat menyebabkan gangguan pada jantung dan juga paru-paru. Tidak hanya rusaknya organ tubuh kamu. Terlalu banyak merokok dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami keracunan arsenik.

Ketahui Kondisi Keracunan Arsenik

Keracunan arsenik adalah kondisi ketika seseorang terpapar racun arsenik dalam jumlah yang tinggi. Kondisi ini terjadi pada seseorang yang bekerja di lingkungan kerja yang menggunakan arsenik sebagai salah satu bahan bakunya. Namun tidak hanya itu, ada beberapa faktor lain yang menyebabkan seseorang mengalami kondisi keracunan arsenik.

Seseorang mengalami keracunan arsenik apabila konsumsi air yang telah terkontaminasi oleh kadar arsenik. Air tanah dapat menyerap arsenik secara alami sehingga orang-orang yang bekerja di area pabrik atau tinggal di sekitar pabrik yang menggunakan arsenik sebagai bahan bakunya rentan mengalami keracunan arsenik.

Baca juga: Inilah Dampak Keracunan Arsenik pada Kulit dan Rambut

Lalu, Bagaimana Perokok Bisa Keracunan Arsenik?

Selain faktor lokasi kerja dan tempat tinggal, faktor lainnya yang dapat menyebabkan seseorang mengalami keracunan arsenik adalah kebiasaan merokok.

Rokok terbuat dari tanaman tembakau yang penanamannya dilakukan pada bidang tanah datar. Tidak hanya itu, tanaman tembakau yang ditanam pada tanah yang memiliki kandungan arsenik di dalamnya bisa menyerap kandungan arsenik. Hal ini mengkontaminasi kandungan tembakau dengan kandungan arsenik. Bahayanya jika rokok ini dikonsumsi maka membuat perokok keracunan arsenik.

Gejala Keracunan Arsenik

Ketahui gejala-gejala yang dialami oleh perokok yang mengalami keracunan arsenik, seperti mual dan muntah dalam jangka waktu yang cukup panjang. Tidak hanya itu pengidap keracunan arsenik juga mengalami perubahan warna kulit dan muncul luka pada beberapa bagian tubuh. Gangguan irama jantung dan kesemutan juga menjadi tanda adanya kondisi keracunan arsenik.

Tidak ada salahnya untuk meminta pertolongan medis agar penanganan bisa dilakukan lebih dini dan menghindari komplikasi yang diakibatkan oleh kondisi keracunan arsenik. Paparan arsenik yang terlalu lama menyebabkan gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan gangguan sistem saraf.

Dampak Buruk Merokok Bagi Kesehatan

Selain dapat terpapar kandungan arsenik, kebiasaan merokok memang memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan. Ketahui dampak buruk kebiasaan merokok untuk kesehatan:

1. Gangguan pada Otak

Memiliki kebiasaan merokok meningkatkan risiko gangguan pada otak. Gangguan pada otak menyebabkan seseorang mengalami penyakit stroke. Tidak hanya penyakit stroke, terlalu banyak merokok meningkatkan risiko penyakit aneurisma otak.

2. Paru-paru

Tentu kanker paru-paru menjadi penyakit yang paling berisiko bagi perokok aktif. Kandungan pada rokok berpotensi merusak sel paru-paru yang kemudian dapat berubah menjadi sel kanker.

3. Kulit

Biasanya, seseorang yang memiliki kebiasaan merokok akan memiliki gangguan pada kesehatan kulit. Ini akibat dari paparan asap rokok yang terus menerus dalam jangka panjang. Penuaan dini dan kerutan pada bagian wajah biasanya akan muncul lebih awal.

4. Organ Reproduksi

Merokok dapat mengganggu kesuburan dan organ reproduksi. Perokok lebih rentan mengalami kanker serviks dibandingkan orang yang tidak memiliki kebiasaan merokok. Jadi tidak ada salahnya untuk berhenti merokok dan menjaga kesehatan dengan baik.

Gunakan aplikasi Halodoc untuk bertanya langsung pada dokter mengenai kesehatan kamu. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Baca juga: Ketahui Penanganan Pertama pada Orang yang Keracunan Arsenik