Tanpa Menggunakan Obat, Inilah Cara Mengatasi Masuk Angin

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Tanpa Menggunakan Obat, Inilah Cara Mengatasi Masuk Angin

Halodoc, Jakarta – Masuk angin adalah keluhan umum yang muncul saat musim penghujan. Meski masih banyak pro-kontra terkait kehadirannya, masuk angin dipercaya sebagai penyakit yang bikin nggak nyaman beraktivitas. Masuk angin membuat pengidapnya perut kembung, sering buang angin, diare, meriang, sakit kepala, nyeri otot, hilang nafsu makan, kedinginan, badan pegal, dan merasa kelelahan.

Baca Juga: Masuk Angin, Penyakit atau Sugesti?

Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Minum Obat

Kebanyakan kasus masuk angin terjadi ketika seseorang kelelahan, begadang, kurang tidur, kurang istirahat, ditambah tidak menjaga asupan makanan. Apabila kondisi ini sedang kamu alami, berikut ini cara mengatasi masuk angin tanpa harus minum obat:

  • Banyak minum air putih. Ketika badan kurang sehat, usahakan agar tubuh tidak kekurangan cairan agar kondisi tubuh tidak memburuk. Dengan minum banyak air putih, cairan yang dikonsumsi membantu melancarkan kinerja organ-organ tubuh. Hindari minuman yang mengandung kafein dan alkohol untuk mencegah dehidrasi saat masuk angin.

  • Cukup istirahat. Jangan paksakan diri untuk beraktivitas ketika mulai merasakan gejala masuk angin. Segeralah beristirahat agar kondisi tubuh membaik.

  • Konsumsi makanan bergizi untuk mempercepat proses pemulihan. Jika masuk angin yang dirasakan disertai dengan demam, flu, hidung tersumbang, dan meriang, kamu bisa mengatasinya dengan konsumsi makanan berkuah. Misalnya, sup ayam. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Therapeutics menyebut, sup ayam mengandung carnosine yang membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan gejala influenza (beberapa di antaranya mirip gejala masuk angin).

Jika cara di atas belum berhasil mengatasi masuk angin yang kamu alami, tidak ada salahnya minum obat untuk meredakan gejala yang dialami. Sebaiknya bicara pada dokter terlebih dahulu sebelum kamu membeli obat untuk mengurangi risiko yang tidak diinginkan.

Baca Juga: Mual Tanda Masuk Angin, Ini 4 Trik untuk Mengatasinya

Masuk Angin Bisa Dicegah, Caranya...

  • Vaksinasi influenza rutin tiap tahun.

  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang agar daya tahan tubuh optimal.

  • Gunakan penutup kepala agar terlindung dari angin, udara dingin, dan air hujan (terutama saat musim penghujan atau pancaroba).

  • Rajin mencuci tangan pakai sabun dan air bersih, terutama sebelum makan, setelah menggunakan toilet, bermain dengan binatang, berinteraksi dengan orang sakit, dan menggunakan kendaraan umum.

  • Banyak minum air putih, umumnya sekitar delapan gelas per hari atau disesuaikan dengan kebutuhan.

  • Rutin berolahraga, setidaknya 20-30 menit per hari, agar tubuh selalu sehat dan bugar.

  • Batasi konsumsi kafein dan alkohol harian.

  • Jangan merokok, karena kebiasaan ini bisa menurunkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi penyakit.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh untuk Atasi Masuk Angin

Itulah cara ampuh untuk atasi masuk angin. Jika punya keluhan masuk angin berulang, jangan ragu berbicara pada dokter ahli. Terlebih jika gejala masuk angin yang dialami disertai dengan demam tinggi selama lebih dari lima hari. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda penyakit lain yang membutuhkan penanganan yang lebih serius. Tanpa harus antre, kamu bisa langsung membuat janji dengan dokter di rumah sakit pilihan di sini. Kamu juga bisa tanya jawab dengan dokter dengan download aplikasi Halodoc.