• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Anatomi Jantung dan Fungsinya pada Tubuh

Mengenal Anatomi Jantung dan Fungsinya pada Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengenal Anatomi Jantung dan Fungsinya pada Tubuh

“Tidak banyak orang yang tahu tentang anatomi jantung beserta fungsinya pada tubuh. Padahal, mengetahui tentang ini dapat membantu kamu mengerti tentang salah satu organ yang vital pada tubuh ini.

Halodoc, Jakarta – Jantung adalah salah satu organ tubuh yang vital. Fungsinya yang berguna untuk memompa darah di dalam tubuh, sangat diperlukan agar seluruh tubuh dapat berfungsi dengan normal. Meski begitu, tidak banyak orang yang tahu tentang anatomi jantung dan berbagai fungsinya untuk tubuh. Untuk mengetahui lebih lengkap, baca ulasan berikut ini!

Penjelasan Tentang Anatomi Jantung Beserta Fungsinya

Sebagai pusat dari sistem peredaran darah, jantung bertanggung jawab untuk memompa darah dan mendistribusikan oksigen serta nutrisi ke seluruh tubuh. Maka dari itu, jantung dianggap sebagai salah satu organ tubuh yang paling penting. Saat masalah sekecil apa pun terjadi pada jantung, ada banyak perubahan atau masalah yang dapat timbul pada tubuh secara keseluruhan.

Baca juga: Hati-Hati, Ini Gejala Penyakit Jantung yang Mesti Diwaspadai

Jantung adalah kumpulan otot yang mekanisme kerjanya terdiri dari beberapa bagian yang bekerja bersama. Organ ini terbagi menjadi beberapa ruang yang menerima dan mendistribusikan darah untuk mengatur kadar oksigen. Ruang-ruang ini disertai dengan vena dan arteri yang memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Jika semua bekerja dengan normal, jantung bisa memompa darah dengan mudah.

Jantung terdiri dari empat ruang yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Atrium

Dua ruang yang disebut atrium terletak di bagian atas jantung, dengan atrium kiri berguna untuk menerima darah yang kaya oksigen, dan atrium kanan berguna untuk menerima darah yang bebas oksigen. Ada satu katup yang memisahkan ruang ini, disebut juga dengan katup atrioventrikuler, terdiri dari katup trikuspid di sebelah kiri dan katup mitral di sebelah kanan.

  • Ventrikel

Untuk ventrikel, bagian ini adalah ruang yang ditemukan di bagian bawah jantung. Tugasnya untuk memompa darah yang kaya oksigen ke seluruh organ di tubuh, bahkan hingga sel-sel terkecil. Bagian kiri dan kanan pada ventrikel juga terpisah oleh katup yang disebut juga dengan katup semilunar, terdiri dari katup pulmonal dan aorta.

Baca juga: 8 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Sering Diabaikan

Selain itu, jantung juga memiliki dinding yang tersusun atas tiga lapisan, yaitu lapisan luar epikardium (lapisan tipis), lapisan tengah miokardium (lapisan tebal), dan lapisan paling dalam endokardium. Miokardium merupakan lapisan yang tebal karena terdiri dari serat otot pada jantung.

Struktur jantung dibuat lebih kompleks karena mekanismenya yang memungkinkan darah didistribusikan ke seluruh tubuh dan kembali ke jantung. Untuk memfasilitasi proses berkelanjutan ini, ada dua pembuluh darah yang bekerja, yaitu vena dan arteri. Pembuluh darah yang membawa darah minim oksigen kembali ke jantung disebut vena, sedangkan arteri membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh.

Berfungsi di ventrikel bagian kiri, arteri terbesar pada jantung disebut aorta. Bagian ini dianggap sebagai arteri utama dalam tubuh. Setelah itu, terbagi menjadi dua arteri yang lebih kecil yang disebut dengan arteri iliaka umum.

Jika semua berfungsi dengan normal, jantung dapat terus-menerus menyuplai oksigen dalam jumlah yang cukup ke seluruh bagian tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung agar asupan oksigen pada tubuh tercukupi, sehingga aktivitas dapat dilakukan secara normal.

Baca juga: Ini yang Dimaksud dengan Penyakit Jantung Koroner

Bagi kamu yang memiliki masalah jantung, segeralah tanyakan pada dokter di Halodoc untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pasalnya, penyakit jantung yang dibiarkan begitu saja bisa menimbulkan komplikasi serius. Untuk mendapatkan kemudahan ini, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
News Medical Life Sciences. Diakses pada 2021. Structure and Function of the Heart.
Medical News Today. Diakses pada 2021. The heart: All you need to know.
Web MD. Diakses pada 2021. Cardiovascular Diseases.