• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Cara Kerja Progestin dalam Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Cara Kerja Progestin dalam Tubuh

Mengenal Cara Kerja Progestin dalam Tubuh

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 11 Agustus 2022

“Perlu diketahui bahwa cara kerja progestin akan berbeda, tergantung dari tujuan yang mendasarinya. Sebagai contoh, jika digunakan untuk mencegah endometrium hiperplasia progestin akan menyebabkan perubahan pada rahim.”

Mengenal Cara Kerja Progestin dalam TubuhMengenal Cara Kerja Progestin dalam Tubuh

Halodoc, Jakarta – Progestin atau progestogen, merupakan golongan obat hormon sintetis yang meniru hormon endogen progesteron alami. Progestin merupakan hormon yang dapat digunakan baik oleh laki-laki dan perempuan untuk tujuan yang berbeda. Contohnya sebagai bagian dari kontrasepsi, hingga terapi penggantian hormon pasca menopause (HRT). 

Namun, kira-kira bagaimana cara kerja dari penggunaan progestin pada tubuh? Nah, berikut informasi lengkap seputar progestin, berikut ulasannya!

Mengenal Cara Kerja Progestin dalam Tubuh 

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, progestin dapat digunakan baik oleh laki-laki maupun perempuan untuk tujuan berbeda. Perlu diketahui bahwa cara kerja progestin akan berbeda, tergantung dari tujuan yang mendasarinya. Berikut adalah penjelasan mengenai beberapa contoh cara kerjanya: 

1. Mengatur Siklus Menstruasi dan Mengobati Amenore 

Salah satu tujuan penggunaan progestin adalah untuk mengatur siklus menstruasi dengan benar, dan mengobati amenore (periode menstruasi yang tak biasa). Khusus kondisi ini, progestin akan bekerja dengan menyebabkan perubahan pada rahim. 

Setelah jumlah progestin dalam darah turun, lapisan rahim akan mulai lepas dan terjadi pendarahan vagina (menstruasi). Selain itu, progestin juga akan membantu hormon lain memulai dan menghentikan siklus menstruasi.

2. Membantu Kehamilan 

Progestin juga dapat berguna dalam membantu kehamilan yang terjadi selama pendonoran telur, atau prosedur infertilitas pada wanita tidak menghasilkan cukup progesteron. Progesteron juga diberikan untuk membantu menjaga kehamilan jika tubuh kurang mampu.

3. Mencegah Penebalan Lapisan Rahim 

Obat ini juga dapat dipergunakan untuk mencegah penebalan lapisan rahim atau endometrium hiperplasia. Khususnya pada wanita menopause yang sedang diobati dengan estrogen untuk terapi hormon ovarium (OHT). Perlu diketahui bahwa OHT juga disebut sebagai terapi penggantian hormon (HRT), dan terapi penggantian estrogen (ERT)

4. Mengobati Endometriosis 

Manfaat penggunaan progestin selanjutnya adalah untuk mengobati endometriosis. Perlu diketahui bahwa endometriosis merupakan kondisi di mana jaringan endometrium yang melapisi rahim, menjadi tergeser di organ kewanitaan lainnya. Dalam mengobati endometriosis progestin bekerja dengan cara memulai atau menghentikan siklus menstruasi. 

5. Mengobati Beberapa Jenis Kanker 

Obat progestin juga dapat membantu mengobati kanker payudara, rahim, hingga ginjal. Dalam mengobati beberapa jenis kanker tersebut, progestin akan bekerja dengan membantu mengubah kemampuan sel kanker, untuk bereaksi terhadap hormon dan protein lain penyebab pertumbuhan tumor. 

6. Mengobati Kehilangan Nafsu Makan 

Pengidap Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) atau kanker kerap mengalami kehilangan nafsu makan yang berdampak pada penurunan berat badan yang parah. Nah, obat progestin bekerja dengan menunjang produksi protein tertentu yang menyebabkan peningkatan nafsu makan, dan penambahan berat badan. 

Hal yang Perlu Diperhatikan 

Tergantung dari seberapa banyak progestin yang dikonsumsi, progestin dapat memiliki efek yang berbeda. Misalnya, progesteron dosis tinggi diperlukan bagi beberapa wanita untuk melanjutkan kehamilan. Sementara itu, progestin lain dalam dosis rendah dapat mencegah terjadinya kehamilan. 

Efek lain termasuk menyebabkan kenaikan berat badan, meningkatkan suhu tubuh, mengembangkan kelenjar penghasil susu untuk menyusui, dan mengendurkan rahim untuk mempertahankan kehamilan.

Itulah penjelasan mengenai cara kerja progestin pada tubuh. Cara kerja progestin dalam tubuh akan berbeda, tergantung dari tujuan penggunaannya. 

Sebagai contoh, jika penggunaannya bertujuan untuk mencegah penebalan lapisan rahim atau endometrium hiperplasia, maka obat ini akan bekerja dengan menyebabkan perubahan pada rahim. 

Sementara itu, jika penggunaannya bertujuan untuk mengobati kanker, maka progestin akan  membantu mengubah kemampuan sel kanker untuk bereaksi. Khususnya terhadap hormon dan protein lain penyebab pertumbuhan tumor. Progestin juga dapat digunakan untuk kondisi lain yang ditentukan oleh dokter.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan seputar progestin, segeralah menghubungi dokter. Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa tanya dokter tepercaya untuk mendapatkan informasi kesehatan yang dibutuhkan. Tentunya melalui fitur chat/video call secara langsung pada aplikasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang juga! 

Referensi: 

Drugs. Diakses pada 2022. Progestin. 
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Progestin. 
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Progestin (Oral Route, Parenteral Route, Vaginal Route).