• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Cardiac Output dan Batas Normalnya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Cardiac Output dan Batas Normalnya

Mengenal Cardiac Output dan Batas Normalnya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 15 Agustus 2022

“Cardiac output adalah jumlah darah yang dipompa jantung dalam satu menit. Normalnya, saat beristirahat, cardiac output berjumlah 5 hingga 6 liter. Namun saat berolahraga, jumlah cardiac output bisa mengalami kenaikan hingga 3 sampai 4 kali lebih besar.”

Mengenal Cardiac Output dan Batas NormalnyaMengenal Cardiac Output dan Batas Normalnya

Halodoc, Jakarta – Jantung adalah salah satu organ vital dalam tubuh yang kondisinya perlu dijaga agar fungsinya bisa berjalan secara maksimal. Jantung juga terdiri dari berbagai bagian di dalamnya, seperti bilik dan serambi. Fungsi utama jantung dalam tubuh adalah memompa darah ke seluruh tubuh sehingga seluruh organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik.

Cardiac output atau curah jantung adalah jumlah darah yang berhasil dipompa jantung dalam satu menit. Dengan mengetahui jumlah darah yang dipompa, ini bisa memberikan gambaran mengenai kondisi kesehatan jantung. Yuk, kenali lebih banyak mengenai cardiac output dan batas normalnya untuk mewaspadai adanya gangguan pada jantung.

Apa Itu Cardiac Output?

Tidak banyak yang mengenal istilah cardiac output atau curah jantung. Kondisi ini merupakan jumlah darah yang berhasil dipompa oleh jantung dalam satu menit. Biasanya, tim medis dapat menganalisisnya melalui jumlah stroke volume dan detak jantung.

Stroke volume setiap orang akan berbeda, ini disesuaikan berdasarkan seberapa keras otot jantung kamu bekerja. Angka stroke volume bisa mengalami kenaikan atau penurunan sesuai dengan kondisi kesehatan jantung.

Sedangkan, detak jantung akan dilihat setiap menitnya. Umumnya, setiap orang memiliki 60 hingga 100 detak jantung per menit. Namun, kondisi ini juga bisa mengalami kenaikan atau penurunan disesuaikan dengan kegiatan yang sedang dilakukan.

Seperti misalnya saat kamu sedang berolahraga, tubuh akan membutuhkan lebih banyak oksigen. Kondisi ini membuat cardiac output akan berubah karena menyesuaikan dengan stroke volume dan jumlah detak jantung.

Normalnya orang dewasa memiliki cardiac output sebanyak 5 hingga 6  liter saat beristirahat. Namun, hal ini akan berbeda saat kamu sedang olahraga atau berlari. Tubuh bisa memiliki 3 hingga 4 kali lebih besar dibandingkan saat kamu beristirahat. Kondisi ini terjadi untuk memastikan tubuh mendapatkan oksigen yang cukup sehingga organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Waspada Penurunan Jumlah Cardiac Output

Ada beberapa kondisi yang menjadi tanda kamu mengalami penurunan jumlah cardiac output, seperti:

  • Tidak dapat melakukan kegiatan atau olahraga seperti dulu.
  • Sering merasakan kelelahan yang kronis.
  • Mengalami pembengkakan pada bagian kaki dan lengan.
  • Mengalami napas yang menjadi lebih pendek.
  • Mual dan muntah.
  • Nyeri perut.

Faktor yang Dapat Menyebabkan Perubahan Cardiac Output

Selain jenis kegiatan yang dilakukan, berikut ini beberapa faktor yang dapat menyebabkan perubahan pada curah jantung, seperti:

  1. Tekanan Darah Tinggi

Penyakit tekanan darah tinggi membuat jantung harus memompa lebih keras untuk dapat memenuhi jumlah darah menuju arteri. 

  1. Pertambahan Usia

Pertambahan usia membuat dinding jantung menjadi lebih kaku membuat jantung tidak terisi darah secepat dan sebaik kondisi sebelumnya. Hal ini membuat jantung memompa darah lebih sedikit ke seluruh tubuh.

  1. Riwayat Serangan Jantung

Memiliki riwayat dengan serangan jantung membuat kemampuan jantung memompa darah menjadi lebih sedikit dibandingkan kondisi sebelum mengalami serangan jantung. Serangan jantung yang menyebabkan miokarditis juga bisa menyebabkan kemampuan memompa jantung menjadi lebih berkurang.

  1. Stenosis Aorta

Kondisi ini terjadi ketika katup menuju aorta menjadi sempit sehingga tubuh tidak mendapatkan cukup darah.

Jangan lupa untuk tetap berolahraga, kontrol kadar kolesterol, dan hindari terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak untuk menjaga kesehatan jantung dan cardiac output dalam tubuh. 

Segera lakukan pemeriksaan jika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan cardiac ouput. Kamu bisa cari tahu lokasi rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play sekarang juga!

Referensi:

Web MD. Diakses pada 2022. What Is Cardiac Output?
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Cardiac Output.