• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kepribadian Melankolis
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kepribadian Melankolis

Mengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kepribadian Melankolis

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Oktober 2022

“Anak dengan kepribadian melankolis umumnya pendiam. Namun, mereka punya empati yang tinggi dan kemampuan analisis yang baik.”

Mengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kepribadian MelankolisMengenal Ciri-Ciri Anak yang Memiliki Kepribadian Melankolis

Halodoc, Jakarta – Melankolis adalah salah satu dari empat tempramen atua tipe kepribadian yang dimiliki manusia, selain koleris, sanguinis, dan plegmatis. Orang dengan kepribadian melankolis ini cenderung perfeksionis. Mereka adalah individu sensitif yang mudah berempati dan sering diam. 

Ciri kepribadian ini bisa Ibu kenali sejak anak masih kecil. Seperti apa ciri-cirinya? Yuk simak lebih lanjut!

Ciri-Ciri Anak dengan Kepribadian Melankolis

Kepribadian melankolis sering mendapat cap buruk, karena sifatnya yang terlalu perfeksionis. Namun, sebenarnya ada banyak hal baik yang dimiliki orang dengan kepribadian ini.

Berikut ini ciri-ciri anak dengan kepribadian melankolis, yang bisa dikenali ibu:

1. Lebih Sering Mengekspresikan Diri dengan Tindakan

Anak dengan tipe kepribadian ini biasanya lebih sering mengekspresikan diri dengan tindakan daripada kata-kata. Mereka cenderung tidak mengungkapkan cinta secara verbal atau emosional. 

Mereka justru menunjukkan cinta dan kasih sayang mereka dengan menjadi dapat diandalkan. Misalnya dengan membantu pekerjaan Ibu di rumah, dan hal-hal bijaksana lainnya.

2. Analitis

Anak dengan kepribadian melankolis secara alami analitis dan intelek. Mereka dapat melihat situasi dan masalah dari semua sisi dan melihat setiap kemungkinan hasil. Hal ini membuat mereka sangat efektif dalam pemecahan masalah, perencanaan, dan pengorganisasian.

3. Suasana Hati Sering Berubah

Anak dengan kepribadian melankolis biasanya mampu menjaga emosinya tetap terjaga. Namun, mereka juga bisa mengalami perubahan suasana hati dengan cepat. Misalnya, mereka mungkin merasakan kegembiraan dan energi yang kuat, dengan cepat digantikan oleh kesuraman jika sesuatu yang negatif terjadi. 

4. Suka Menyelesaikan Sesuatu Sendiri

Orang dengan temperamen melankolis cenderung introvert. Itulah sebabnya mereka lebih suka menyelesaikan suatu tugas sendiri. Mereka lebih suka tetap sibuk, dan menangani daftar tugas harian mereka dengan senang hati. 

5. Perfeksionis

Ciri khas melankolis adalah sifat perfeksionisnya. Mereka suka melakukan sesuatu dengan cara tertentu, dan menyelesaikannya dengan sebaik mungkin. 

Ketika hasil yang sempurna tidak tercapai, mereka bisa menjadi marah. Namun, mereka biasanya tidak menunjukkan kemarahan mereka sampai menjadi begitu terpendam dari waktu ke waktu, sehingga mencapai titik puncaknya.

6. Selalu Semangat dan Punya Motivasi Tinggi

Melankolis memiliki motivasi diri yang tinggi, berkat kecenderungan perfeksionis mereka. Mereka termotivasi terutama oleh standar mereka yang tinggi, dan kurang termotivasi oleh penghargaan atau ancaman hukuman. 

Mereka lebih suka memiliki banyak kesempatan untuk menyelesaikan tugas serupa, karena mereka berusaha untuk meningkatkan dengan setiap upaya. Motivasi mereka berasal dari tekad mereka untuk melakukan yang terbaik dan mereka dapat menjadi kecewa ketika mereka tidak mencapai sesuatu.

Menghadapi Anak Melankolis

Apa yang perlu difokuskan saat mengasuh anak dengan kepribadian melankolis? Berikut ini hal-hal yang bisa dicoba:

  • Ajari Cara untuk Lebih Fleksibel. Tunjukkan pada anak bagaimana menjadi fleksibel. Hal-hal tidak selalu berjalan sesuai rencana, dan itu tidak apa-apa. Carilah cara lain.
  • Ajak untuk Lebih Ceria. Anak melankolis cenderung pendiam dan sulit mengekspresikan diri. Jadi, cobalah ajarkan akan untuk bisa lebih berekspresi. Setidaknya jangna lupa untuk tersenyum saat merasa bahagia.
  • Beri Ruang. Hormati kebutuhan anak untuk memiliki waktu sendiri. Ini mudah dilakukan pada anak-anak prasekolah dengan menjadwalkan “waktu kamar” setiap hari. Namun, ketika sudah lebih besar, pastikan untuk mendorong mereka untuk memiliki jeda untuk me time. Beri anak waktu dan ruang untuk menikmati ketenangan dan kesenangannya sendiri.
  • Mendapatkan Kontrol Diri atas Emosi. Ketika emosi melankolis tidak terkendali, ingatkan dengan lembut untuk bisa mengontrol diri. 

Itulah pembahasan mengenai ciri anak dengan kepribadian melankolis. Jika ibu membutuhkan saran mengenai pengasuhan anak dari ahlinya, download Halodoc saja untuk bertanya pada psikolog anak kapan saja.

Referensi:
One Family. Diakses pada 2022. What Kind of Parent Are You & What Kind of Child Do You Have? 
Growing Families Educational Service. Diakses pada 2022. Understanding The Melancholy Child.
Better Help. Diakses pada 2022. 17 Benefits And Traits Of A Melancholic Temperament.