• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Kelengkeng Kristal
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Kelengkeng Kristal

Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Kelengkeng Kristal

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 03 Desember 2021
Mengenal Kandungan Nutrisi dalam Kelengkeng Kristal

Kelengkeng adalah buah yang dikenal memiliki rasa yang manis. Tidak hanya itu, buah kecil ini juga memiliki banyak kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Buah ini memiliki banyak kandungan antioksidan dan vitamin yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh. “

Halodoc, Jakarta – Kelengkeng digemari karena memiliki rasa buah yang manis. Namun, ternyata buah kecil yang satu ini menjanjikan hal yang lebih daripada itu. Selain rasanya nikmat, rutin mengonsumsi buah ini disebut bisa memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Rutin mengonsumsi kelengkeng katanya bisa membantu memperkuat daya tahan tubuh hingga mengatasi peradangan. 

Buah yang memiliki nama latin Dimocarpus longan Lour ini banyak ditemukan di daerah dengan iklim tropis, termasuk Indonesia. Kamu termasuk pencinta buah ini? Kelengkeng sering dikonsumsi secara langsung setelah dikupas atau dijadikan campuran sup buah atau es buah. Manfaat sehat dari buah ini didapatkan dari kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. 

Kandungan Nutrisi dan Manfaat Kelengkeng 

Buah kelengkeng memiliki kandungan nutrisi yang disebut bisa membantu menjaga kesehatan tubuh. Dalam hitungan 50–100 gram buah kelengkeng, terdapat setidaknya 150–250 kalori. Selain itu, jenis buah berbiji kecil ini juga kaya akan kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid. Manfaat sehat lainnya juga bisa didapat dari kandungan serat, air, protein atau asam amino, mineral, serta beragam kandungan vitamin. 

Ada kandungan vitamin C dan vitamin B yang bermanfaat dari buah ini. Maka dari itu, rutin mengonsumsi kelengkeng dengan segala kandungan nutrisinya tersebut diyakini bisa memberi keuntungan dan manfaat sehat bagi tubuh. Bahkan, jenis buah yang satu ini juga disebut baik dan bermanfaat jika dikonsumsi oleh ibu hamil. 

Setidaknya, ada beberapa manfaat sehat yang bisa didapat dari buah kelengkeng. Antara lain: 

  1. Berat Badan Terjaga 

Membatasi asupan kalori bisa menjadi salah satu cara menjaga berat badan. Nah, kamu bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan yang tidak terlalu banyak mengandung kalori, salah satunya kelengkeng. Sebagai ganti makanan yang bisa memicu naiknya berat badan, mengonsumsi buah yang satu ini faktanya bisa menjadi pilihan. 

  1. Baik untuk Daya Tahan Tubuh 

Buah ini mengandung antioksidan dan vitamin C yang disebut baik untuk daya tahan tubuh. Kedua kandungan nutrisi ini bisa membantu sel darah putih bekerja lebih baik sehingga bisa membantu tubuh melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Konsumsi buah ini juga disebut bisa membantu meringankan peradangan.

  1. Melawan Radikal Bebas

Paparan radikal bebas, terutama jika menumpuk di dalam tubuh, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Hal ini terjadi karena radikal bebas bisa memicu kerusakan sel tubuh. Semakin lama, risiko penyakit seperti kanker dan kardiovaskular akan menjadi lebih tinggi. Salah satu cara untuk mencegah hal ini adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan, salah satunya buah kelengkeng. 

  1. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata 

Seperti dikatakan sebelumnya, manfaat sehat dalam buah ini didapat dari beragam kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Kandungan antioksidan dan vitamin C bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah kerusakan pada mata, serta menurunkan risiko penyakit mata akibat bertambahnya usia, seperti degenerasi makular dan katarak. Selain itu, nutrisi dalam buah ini juga bisa membantu merangsang kulit memproduksi kolagen. 

Itulah beragam manfaat buah kelengkeng yang perlu diketahui. Untuk menjaga kesehatan, kamu bisa mengonsumsi makanan sehat dan melengkapinya dengan berolahraga serta asupan multivitamin tambahan. Cek kebutuhan suplemen atau vitamin kamu di aplikasi Halodoc. Dengan layanan antar, pesanan obat akan dikirim segera ke rumah. Ayo, download aplikasi Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi: 
U.S. Department of Agriculture. Diakses pada 2021. Longans, Raw.
Healthline. Diakses pada 2021. Longan Fruit vs Lychee: Health Benefits, Nutrition Information, and Uses.