• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Dalam Karakter Seorang Sosiopat

Mengenal Lebih Dalam Karakter Seorang Sosiopat

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Sesekali jenuh dengan aktivitas bersosialisasi mungkin wajar. Namun, jika sama sekali tidak ingin bersosialisasi dan berinteraksi dengan orang lain di sekitar, bisa jadi itu tanda kamu adalah sosiopat, yaitu sebutan untuk orang yang mengidap gangguan kepribadian sosiopat. 

Sosiopat adalah jenis gangguan kepribadian yang ditandai dengan perilaku dan pola pikir antisosial. Karakter seorang sosiopat umumnya adalah perilaku yang eksploitatif, melanggar hukum, tidak peduli dengan orang lain, dan kasar. Mereka juga cenderung punya pemikirannya sendiri yang tidak logis dan tidak bisa diprediksi. 

Baca juga: Orangtua Berpotensi Memunculkan Gangguan Kepribadian Narsistik pada Anak

Seperti Apa Karakter Seorang Sosiopat?

Seorang sosiopat biasanya tidak bisa membedakan mana yang benar dan salah. Ia justru cenderung mengabaikannya, dan fokus hanya pada pemikirannya pribadi, serta mengesampingkan orang lain. Penyebab dari gangguan kepribadian ini tidak diketahui dengan jelas. Namun, gangguan ini diyakini merupakan hasil kombinasi faktor genetik dan lingkungan. 

Berikut beberapa karakter seorang sosiopat yang perlu diketahui:

1.Acuh dan Tidak Peduli Orang Lain

Karakter seorang sosiopat biasanya sudah bisa terlihat sejak remaja hingga dewasa. Mereka memiliki karakter acuh dan tidak peduli dengan orang lain. Termasuk soal keselamatan, kebutuhan, dan perasaan orang lain, yang penting dirinya baik-baik saja. Itulah sebabnya tak jarang di film-film seorang sosiopat digambarkan sebagai orang jahat yang mencelakai orang lain demi kepentingannya sendiri. 

Seorang sosiopat juga cenderung tidak punya rasa malu, penyesalan, dan empati. Akibatnya, mereka tidak bisa mempertahankan hubungan dekat dengan seseorang, meski tidak menyebabkan masalah. Dalam kehidupan seksual, seorang sosiopat juga lebih suka hubungan sesaat, seperti cinta satu malam yang alakadarnya dan tidak didasari perasaan. 

Baca juga: 5 Tanda-Tanda Gangguan Jiwa yang Sering Tak Disadari

2.Ego yang Sangat Besar

Tak cuma pengidap gangguan narsistik saja yang punya ego besar, seorang sosiopat pun begitu. Ego, kesombongan, dan keegoisan mereka yang besar membuatnya sangat butuh dikagumi oleh orang lain terus-menerus. Mereka akan selalu menganggap dirinya yang terbaik dan pusat dunia, sehingga tidak akan mau jika disalahkan atas kesalahannya sendiri. 

3.Manipulatif

Untuk membuat keinginannya tercapai atau sekadar bersenang-senang, seorang sosiopat dapat melakukan apa saja. Mereka mungkin terlihat cerdas dan tenang, padahal sebenarnya punya maksud tertentu. Kecenderungan manipulatif yang dimiliki seorang sosiopat ini membuat sulit bagi orang awam untuk membedakan mana yang jujur dan yang dusta dari perkataannya. 

4.Senang Melanggar Hukum

Seorang sosiopat itu bukan hanya tidak peduli dengan orang lain, tetapi juga norma dan aturan yang diberlakukan di lingkungannya. Mereka sering melakukan hal impulsif, mudah marah, dan agresif. Itulah sebabnya seorang sosiopat sering terlibat dalam perkelahian fisik atau penyerangan terhadap orang lain. Seorang sosiopat juga tidak bisa bertanggung jawab atas perbuatan dan kewajibannya, seperti dalam konteks pekerjaan. 

Baca juga: Apakah Olahraga Dapat Meminimalisir Gangguan Kepribadian?

Itulah beberapa karakter seorang sosiopat yang perlu diketahui. Soal seperti apa karakter yang ditunjukkan, tergantung pada seberapa parah gangguan kepribadian sosiopat yang diidap. Jika kamu atau orang terdekat ada yang menunjukkan perilaku seperti karakteristik seorang sosiopat, jangan ragu untuk meminta bantuan ahli. Kamu bisa download aplikasi Halodoc untuk berbicara dengan psikolog lewat chat, kapan dan di mana saja. 

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. How to Spot a Sociopath.
Medical Daily. Diakses pada 2020. 4 Signs Of A Sociopath: How To Know If You Have The Personality Disorder.
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Personality disorders.