• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Dalam Operasi Bibir Sumbing pada Anak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Dalam Operasi Bibir Sumbing pada Anak

Mengenal Lebih Dalam Operasi Bibir Sumbing pada Anak

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Oktober 2022

“Operasi bibir sumbing dapat membantu mengembalikan fungsi mulut dan masalah-masalah lain yang mengiringinya. Operasi perbaikan bibir biasanya dilakukan saat bayi berusia sekitar 3 bulan.”

Mengenal Lebih Dalam Operasi Bibir Sumbing pada AnakMengenal Lebih Dalam Operasi Bibir Sumbing pada Anak

Halodoc, Jakarta –   Bibir terbentuk antara minggu keempat dan ketujuh kehamilan. Saat bayi berkembang selama kehamilan, jaringan tubuh dan sel-sel khusus dari setiap sisi kepala tumbuh ke arah tengah wajah dan bergabung bersama untuk membentuk wajah. Penggabungan jaringan ini membentuk fitur wajah, seperti bibir dan mulut. 

Bibir sumbing terjadi jika jaringan yang membentuk bibir tidak menyatu sepenuhnya sebelum lahir sehingga membentuk lubang di bibir atas. Bukaan di bibir bisa berupa celah kecil atau bisa juga bukaan besar yang masuk melalui bibir ke dalam hidung. Anak yang mengalami kondisi demikian membutuhkan operasi bibir sumbing. Berikut ulasan lengkap mengenai prosedur dan kapan harus melakukan operasi bibir sumbing pada anak yang perlu kamu simak.

Prosedur Operasi Bibir Sumbing pada Anak

Anak-anak dengan bibir sumbing dengan atau tanpa celah langit-langit atau celah langit-langit saja sering mengalami masalah dengan makan dan bicara. Bahkan, anak dengan kondisi demikian dapat mengalami infeksi telinga dan juga kerap memiliki masalah pendengaran dan masalah dengan gigi.

Operasi bibir sumbing dapat membantu mengembalikan fungsi mulut dan masalah-masalah lain yang mengiringinya. Operasi perbaikan bibir biasanya dilakukan saat bayi berusia sekitar 3 bulan.

Bayi akan diberikan anestesi umum dan bibir sumbing akan diperbaiki dan ditutup dengan jahitan. Operasi biasanya memakan waktu 1-2 jam. Bayi akan berada di rumah sakit kurang lebih selama 1-2 hari untuk memastikan anak benar-benar pulih. Jahitan akan dilepas setelah beberapa hari, atau dapat larut dengan sendirinya.

Anak akan memiliki sedikit bekas luka, tetapi ahli bedah akan mencoba menyelaraskan bekas luka dengan garis alami bibir, agar tidak terlalu terlihat. Biasanya bekas jahitan akan memudar dan menjadi kurang jelas seiring dengan pertambahan usia anak.  Jika sumbing berada pada langit-langit mulut, operasi disarankan dilakukan ketika anak  berusia 6-12 bulan.

Celah di langit-langit mulut ditutup dan otot-otot serta lapisan langit-langit mulut diatur ulang. Luka ditutup dengan jahitan yang bisa dilarutkan. Operasi biasanya memakan waktu sekitar 2 jam dan dilakukan dengan menggunakan anestesi umum. 

Kapan Operasi Tambahan Diperlukan dan Tujuannya

Sebagian besar anak-anak berada di rumah sakit selama 1-3 hari. Bekas luka dari perbaikan langit-langit mulut akan berada di dalam mulut. Dalam beberapa kasus, operasi tambahan mungkin diperlukan pada tahap selanjutnya untuk:

  • Memperbaiki celah di gusi menggunakan sepotong tulang (cangkok tulang) dan biasanya dilakukan pada usia sekitar 8 hingga 12 tahun.
  • Memperbaiki penampilan dan fungsi bibir dan langit-langit yang mungkin diperlukan jika operasi awal tidak sembuh dengan baik atau memiliki masalah bicara yang berkelanjutan.
  • Memperbaiki bentuk hidung (rhinoplasty).
  • Memperbaiki penampilan rahang, dimana beberapa anak yang lahir dengan bibir sumbing atau langit-langit mulut sumbing mungkin memiliki rahang bawah yang kecil atau “mundur”.

Operasi bibir sumbing biasanya secara signifikan akan mengurangi kemungkinan masalah bicara, tetapi dalam beberapa kasus, anak-anak dengan celah langit-langit yang diperbaiki masih memerlukan terapi wicara.

Terapis bicara dan bahasa akan menilai kemampuan bicara anak seiring bertambahnya usia. Jika anak tetap mengalami masalah dalam berkomunikasi, bisa jadi terapis ini akan merekomendasikan penilaian lebih lanjut tentang bagaimana langit-langit mulut bekerja atau cara lain untuk membantu anak engembangkan kemampuan bicara yang jelas. 

Pembedahan korektif lebih lanjut kadang-kadang diperlukan untuk sejumlah kecil anak yang mengalami peningkatan aliran udara melalui hidung yang mengakibatkan ucapan yang terdengar sengau.

Informasi selengkapnya mengenai prosedur operasi bibir sumbing pada anak bisa didapatkan dengan download aplikasi Halodoc. Kalau anak punya masalah kesehatan tertentu, segera buat janji medis pemeriksaan ke rumah sakit lewat Halodoc ya!

Referensi:
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Facts about Cleft Lip and Cleft Palate.
Nation Wide Childrens. Diakses pada 2022. Cleft Lip Surgery.
National Health Service. Diakses pada 2022. Cleft lip and palate.