Mengenal Lebih Dalam Radiologi Diagnostik

Mengenal Lebih Dalam Radiologi Diagnostik

Halodoc, Jakarta – Radiologi diagnostik adalah spesialisasi medis yang melibatkan berbagai prosedur pencitraan untuk mendapatkan gambar bagian dalam tubuh. Ahli radiologi diagnostik kemudian dengan cermat menafsirkan gambar-gambar ini untuk mendiagnosis penyakit dan cedera.

Tes pencitraan diagnostik dapat meliputi:

  1. Sinar-X (radiografi polos)

  2. CT (computed tomography) scan

  3. Pemindaian MRI (magnetic resonance imaging)

  4. Pemeriksaan USG (juga dikenal sebagai sonografi)

  5. Teknik pencitraan obat nuklir.

Baca juga: Kapan Ibu Hamil Sebaiknya Melakukan USG?

Ahli radiologi diagnostik tahu kapan tes pencitraan dapat membantu menjawab pertanyaan tentang gejala, penyakit, cedera atau perawatan dan tes mana yang akan mendapatkan hasil terbaik untuk setiap pasien.

Sejatinya ahli radiologi adalah dokter spesialis yang sangat terlatih menafsirkan tes pencitraan diagnostik dan prosedur atau perawatan intervensi. Ahli radiologi bekerja dengan peralatan X-ray, ultrasound, dan magnetic resonance imaging (MRI) yang berteknologi canggih. Tes pencitraan medis ini dilakukan untuk mendiagnosis kondisi medis dan memantau perkembangannya.

Peran ahli radiologi adalah memberikan pengetahuan mengenai tubuh sebagai pencitraan medis yang kemudian menjadi rujukan dokter dalam merawat pasien. Sebelum menjalani tes apa pun, tanyakan kepada dokter atau perawat mengenai kebijakan praktik tersebut.

Baca juga: Perlukah Melakukan Pemeriksaan USG 4D

Untuk tes jaringan dan darah, yang dilakukan ketika kanker payudara diduga atau sudah didiagnosis, kamu kemungkinan akan mendapatkan hasil langsung dari dokter. Ini akan terjadi setelah pasien mendapatkan laporan dari lab atau pusat pengujian.

Dalam hal ini, jika tes negatif (artinya, tidak menunjukkan kelainan), pasien diberikan informasinya dan pulang. Jika hasil jelas tidak normal atau mencurigakan, kamu mungkin atau mungkin tidak diberitahu pada saat itu. Kamu mungkin diberi tahu bahwa untuk mendengarnya dari dokter.

Beberapa ahli radiologi melakukan pemeriksaan mammogram dan fisik, sehingga pembacaan diadakan langsung untuk penyesuaian. Bagaimanapun, luangkan waktu memikirkan apa yang kamu butuhkan untuk merasa paling nyaman saat menjalani proses pengujian. 

Bagaimana Membaca Hasil Pemeriksaan

Jika kamu adalah tipe orang yang harus memiliki hasil dengan cepat untuk mencegah kecemasan, pilihlah pusat berkualitas tinggi yang akan mengakomodasi keinginan tersebut. Kecuali jika pusat pencitraanmu memiliki kebijakan yang pasti yang bertentangan, permintaan untuk hasil segera biasanya dapat dipenuhi, selama ada ahli radiologi di situs yang dapat membaca mammogram atau studi pencitraan lainnya.

Kalau kamu lebih suka mendiskusikan hasilnya dengan dokter, buat pengaturan terlebih dahulu untuk melakukannya. Kamu dapat memilih untuk mendapatkan hasil mammogram atau tes pencitraan lainnya langsung dari dokter. 

Baca juga: Kenali Cara Tepat Menghitung Masa Kehamilan

Setelah tes dijadwalkan, buat pengaturan untuk mendiskusikan hasil setelahnya dengan dokter. Janji temu telepon biasanya cukup jika kamu menjalani pemeriksaan mammogram rutin. Kunjungan kantor mungkin lebih baik jika tes dilakukan karena alasan lain, seperti kecurigaan kanker.

Jangan berasumsi bahwa "tidak ada berita adalah kabar baik". Jelaskan kepada dokter kamu ingin mendengar hasil apa pun dan semua. Itu sebabnya, menyiapkan waktu di muka untuk membahas hasil, seperti yang disarankan di atas, adalah ide yang bagus. Beberapa negara sekarang mengharuskan laporan mammogram dikirim ke pasien di rumahnya.

Terlepas dari siapa yang memesan mammogram atau penelitian lain, siapa yang melakukannya, dan siapa yang membacanya, kamu harus meminta umpan balik segera jika diberi tahu bahwa kamu perlu kembali untuk mengambil pandangan ekstra. 

Punya masalah kesehatan? Segera periksakan langsung di rumah sakit yang dekat dengan rumah kamu melalui aplikasi Halodoc. Penanganan tepat dapat meminimalisir risiko kesehatan jangka panjang. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik untukmu. Yuk, download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store.