• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Dekat Sereal Muesli dan Manfaatnya bagi Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Dekat Sereal Muesli dan Manfaatnya bagi Tubuh

Mengenal Lebih Dekat Sereal Muesli dan Manfaatnya bagi Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 26 November 2021
Mengenal Lebih Dekat Sereal Muesli dan Manfaatnya bagi Tubuh

“Sereal muesli memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Beberapa manfaatnya adalah memberikan sensasi kenyang lebih lama, sehingga dapat menjaga berat badan, mendukung pencernaan yang sehat lewat kandungan seratnya, menjaga kesehatan jantung, dan sumber energi baik.”

Halodoc, Jakarta – Banyak yang bilang kalau apa yang dimakan pada pagi hari akan memengaruhi kualitas hari. Mendapatkan sarapan yang bergizi memang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan

Sereal muesli merupakan sumber protein dan antioksidan yang baik sebagai sarapan. Muesli terdiri dari bahan-bahan seperti gandum gulung, buah-buahan kering, serpihan gandum, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Untuk memberikan rasa yang berbeda, kamu bisa menambahkan susu almond, cokelat, madu, atau buah-buahan segar ke dalam sepiring muesli.

Manfaat Sereal Muesli untuk Kesehatan

Yuk, kenal lebih dekat dengan sereal ini dan apa manfaatnya untuk tubuh di sini!

1. Baik untuk Pencernaan

Bahan utama muesli adalah oat, yang sangat tinggi serat. Karena kandungan seratnya itulah muesli menjadi makanan yang mengenyangkan sekaligus sehat untuk pencernaan.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Muesli terbuat dari gandum, yang merupakan sumber serat sehingga bisa memberikan sensasi kenyang lebih lama. Itulah yang membuat muesli dapat membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, pastikan kamu tidak menambahkan gula ke dalam sajian muesli.

3. Sumber Energi Sehat

Sarapan haruslah menyertakan karbohidrat untuk mendapatkan energi. Muesli sarat dengan karbohidrat dan dapat menjaga tingkat energi tetap tinggi sepanjang hari. Dengan menambahkan lebih banyak buah-buahan kering, kacang-kacangan, dan biji-bijian ke sepiring muesli, itu bisa membantu untuk meningkatkan energi.

4. Kandungan Protein yang Tinggi

Salah satu manfaat penting dari makan muesli adalah sumber protein yang sangat baik. Semangkuk muesli dapat meningkatkan kesehatan tulang, menyehatkan rambut, mengontrol tekanan darah, dan banyak lagi. Diet protein sangat penting bagi mereka yang ingin tetap bugar dan sehat.

5. Mengurangi Risiko Kolesterol Tinggi dan Penyakit Jantung

Muesli mengandung jumlah beta-glukan yang baik yang dikenal dapat mengurangi kolesterol LDL hingga 10 persen. Menambahkan jus lemon (vitamin C) ke sajian muesli bisa membantu menyehatkan jantung. 

6. Sumber Zat Besi 

Zat besi merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Muesli kaya akan kandungan zat besi yang dapat menjaga tekanan darah, mencegah kelelahan, dan membantu produksi hemoglobin dalam darah.

7. Baik untuk Kesehatan Mata

Muesli kaya akan nutrisi dan antioksidan, yang keduanya penting untuk kesehatan mata. Asam lemak omega-3 yang terdapat pada muesli juga bisa melindungi mata dan menjaganya tetap sehat.

8. Meningkatkan Kesehatan Otak

Sarapan muesli dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi otak, ini termasuk peningkatan memori, keterampilan memecahkan masalah yang lebih baik, kewaspadaan yang meningkat, lebih bisa berkonsentrasi, serta  mood yang positif. 

Muesli dinilai lebih sehat ketimbang jenis sereal lainnya. Sereal yang lain mungkin lebih lezat dan manis, tetapi kerap sarat akan gula dan perasa lain. Muesli memiliki lebih sedikit gula dan kalori sehingga kamu dapat memastikan tidak ada yang makanan yang diproses atau asupan gula berlebih dalam sepiring muesli-mu. 

Itulah informasi mengenai manfaat sereal muesli bagi tubuh. Butuh informasi lebih detail seputar kesehatan, tanyakan saja langsung ke dokter di Halodoc. Jangan lupa download aplikasinya sekarang ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Well Curve. Diakses pada 2021. 15 Benefits of Muesli: Reasons You Must Include It in Your Diet.
Healthline. Diakses pada 2021. The 9 Benefits of Muesli That Make It a Great Breakfast Option.