• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Jauh Fungsi Hippocampus pada Otak
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Jauh Fungsi Hippocampus pada Otak

Mengenal Lebih Jauh Fungsi Hippocampus pada Otak

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 05 Oktober 2021
Mengenal Lebih Jauh Fungsi Hippocampus pada Otak

“Setiap manusia sebenarnya memiliki dua hipokampus. Keduanya terletak tepat di atas setiap telinga dan sekitar satu setengah inci di dalam kepala. Fungsinya pun beragam, misalnya seperti mengolah dan menyimpan memori spasial, menguatkan memori, mengolah dan mengirim memori, hingga mendukung kemampuan seseorang dalam berperilaku.”

Halodoc, Jakarta – Otak merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang terdiri dari banyak bagian. Salah satu bagian dari otak adalah hippocampus atau hipokampus, yaitu bagian dari sistem limbik otak besar. Bagian otak tersebut berbentuk menyerupai kuda laut dan memiliki tiga lapisan yang terbuat dari sel-sel piramidal. Hippocampus sendiri terletak pada lobus temporal dekat pusat otak. 

Perlu diketahui bahwa pada sisi kiri dan kanan kepala, terdapat satu bagian hipokampus. Namun, sebenarnya apa fungsi hippocampus pada otak manusia? Yuk simak penjelasannya di sini! 

Baca juga: Begini yang Terjadi pada Otak ketika Seseorang Alami Koma

Fungsi Hippocampus pada Otak

Otak berbentuk lateral dan simetris, dan setiap manusia sebenarnya memiliki dua hipokampus, yaitu kanan dan kiri. Keduanya terletak tepat di atas setiap telinga dan sekitar satu setengah inci di dalam kepala. Fungsi utama hippocampus adalah untuk pembelajaran dan penyimpanan serta pengolahan memori jangka panjang. 

Beberapa penelitian juga menemukan bahwa tiap bagian yang berbeda dari hippocampus memainkan peran penting dalam jenis memori tertentu. Nah, berikut ini adalah beberapa fungsi hippocampus pada otak secara spesifik, antara lain:

  1. Mengolah dan Menyimpan Memori Spasial

Bagian belakang hipokampus terlibat dalam pemrosesan memori yang bersifat spasial. Misalnya seperti ingatan terkait rute perjalanan dari suatu tempat ke tempat lain.

  1. Menguatkan Memori

Hippocampus juga memiliki peran penting dalam menguatkan memori seseorang. Fungsi ini akan meningkat ketika seseorang sedang tertidur, terutama setelah mempelajari sesuatu. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa aktivitas hippocampus meningkat saat tidur. Hal tersebut membuat seseorang menghasilkan ingatan yang lebih jelas dan tajam ketika terbangun dari tidurnya. 

  1. Mengolah dan Mengirim Memori

Memori tidak disimpan di dalam hipokampus secara jangka panjang. Sebaliknya, diyakini bahwa hippocampus bertindak sebagai semacam pusat pengolahan yang menjadi tempat transit memori. Ketika proses ini berjalan, memori akan diambil informasinya, dan disimpan sementara sebelum nantinya dikirimkan menjadi memori jangka panjang.

Fungsi tersebut sama pentingnya dengan fungsi penyimpanan. Sebab, bila memori tidak diolah dan dikuatkan pada hipokampus, memori tersebut akan dilupakan otak. Selain itu, tidur juga memiliki peran penting dalam proses pengolahan dan pengiriman memori tersebut.

  1. Mendukung Kemampuan Berperilaku

Dilansir dari News Medical Life Sciences, hippocampus memainkan peranan penting dalam perilaku yang bersifat fleksibel dan goal oriented (menetapkan tujuan). Aktivitas hipokampus yang utuh diperlukan untuk membentuk dan merekonstruksi memori relasional. Hal tersebut diperlukan untuk mengingat asosiasi arbiter antara objek atau peristiwa yang berkaitan dengan kognisi fleksibel dan perilaku sosial. Selain itu, banyak penelitian telah mengungkapkan bahwa setiap kerusakan pada hipokampus dapat menimbulkan berbagai masalah. 

Salah satunya adalah mengganggu penggunaan informasi yang fleksibel dan menghasilkan perilaku maladaptif. Selain itu, hippocampus bertindak sebagai pusat evaluasi yang berkaitan dengan beberapa hal. Misalnya seperti penghambatan perilaku baik, pemikiran obsesif, pemindaian dan pembentukan peta spasial.

Baca juga: Dialami Tukul Arwana, Kenali Gejala Perdarahan Otak

Apa yang Terjadi Bila Hipokampus Mengalami Kerusakan?

Dilansir dari Very Well Mind, bila hipokampus rusak akibat penyakit atau cedera, kondisi tersebut dapat memengaruhi memori dan kemampuan seseorang untuk membentuk memori baru. Kerusakan tersebut dapat berdampak serius pada kemampuan jangka panjang seseorang untuk mengingat sesuatu. Sebab, hippocampus memainkan peran penting dalam pembentukan dan pengolahan memori jangka panjang.

Namun, dampak secara pasti dari kerusakan hippocampus akan bervariasi. Tergantung dari hippocampus mana yang telah mengalami kerusakan. Penelitian pada tikus menunjukkan bahwa kerusakan pada hipokampus kiri berpengaruh pada ingatan informasi verbal. Sedangkan itu, hipokampus kanan dapat menimbulkan masalah dengan memori yang berbentuk informasi visual. Kerusakan pada hipokampus juga dapat memengaruhi kreativitas, empati, imajinasi, serta kemampuan seseorang berperilaku.

Beberapa penyakit juga memiliki keterkaitan dengan kerusakan hippocampus. Salah satunya adalah penyakit Alzheimer yang rentan dialami lansia. Selain itu, depresi, epilepsi, dan gangguan kognitif tertentu juga dapat dipicu oleh kerusakan hippocampus.

Baca juga: Inilah 10 Penyakit yang Termasuk Kelainan Otak Ensefalopati

Itulah beberapa fungsi penting hippocampus pada otak yang berkaitan dengan pengelolaan dan penyimpanan memori. Maka dari itu, jagalah kesehatan hippocampus serta otak secara keseluruhan sedari dini dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan memenuhi asupan nutrisi penting dalam tubuh yang baik untuk otak, dan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Guna memenuhinya, kamu dapat mengonsumsi makanan sehat dengan gizi seimbang dan mengonsumsi vitamin penting untuk tubuh. 

Nah, melalui aplikasi Halodoc, kamu dapat membeli vitamin atau suplemen sesuai dengan kebutuhan. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantri berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Britannica. Diakses pada 2021. Hippocampus
Medical News Today. Diakses pada 2021. What is the hippocampus?
News Medical Life Sciences. Diakses pada 2021. Hippocampus Functions
Very Well Mind. Diakses pada 2021. What Is the Hippocampus?
NCBI. Diakses pada 2021. Hippocampus in health and disease: An overview