• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Lebih Jauh Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan

Mengenal Lebih Jauh Manfaat Tomat Ceri untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia

Halodoc, Jakarta - Tomat memiliki beragam bentuk dan ukuran. Nah, tomat ceri adalah salah satu tomat terkecil yang tersedia di pasaran dan mereka sering dimasukkan ke dalam salad atau dipanggang, daripada dimasak menjadi sup atau saus seperti jenis tomat yang lebih besar. 

Namun, meskipun ukurannya berbeda, dari sudut pandang gizi, tomat ceri sama baiknya dengan tomat biasa. Dalam satu cangkir tomat ceri mengandung 63 kalori, 0 gram lemak, 12 gram karbohidrat, dan 4 gram protein.

Selain itu, tomat ceri juga mengandung banyak antioksidan dan senyawa bermanfaat lainnya. Karotenoid seperti likopen dalam tomat ceri juga terbukti memiliki kualitas antioksidan dan anti kanker yang penting. Meskipun tomat ceri memiliki beragam nutrisi, likopen ini yang dianggap berkontribusi terhadap sebagian besar manfaat tomat.

Baca juga: 5 Manfaat Tomat untuk Kecantikan

Ingin tahu apa saja manfaat dari tomat ceri? Ini ulasannya!

Bagus untuk Menurunkan Berat Badan 

Inilah alasan tomat ceri sering dimasukkan ke dalam salad sehat, pilihan makanan bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Tomat ceri adalah jenis makanan yang bisa membuat kamu kenyang tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak kalori. Tomat ceri cocok sekali untuk diet, karena dalam sepuluh tomat ceri, hanya memiliki 30 kalori. Jika kamu melakukan diet 1.500 kalori, 10 tomat ceri itu hanya memenuhi 2 persen dari kebutuhan kalori harian.

Menurut penelitian tahun 2015 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, selain rendah kalori, sayuran merah juga merupakan sumber serat yang baik dengan 2 gram dalam porsi 1 cangkir. Jika kamu tidak menghitung kalori untuk menurunkan berat badan, tomat ceri adalah sumber serat untuk membantu menurunkan beberapa kilogram. Serat tomat ceri dapat membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga kamu makan lebih sedikit sepanjang hari.

Kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait efek yang menyehatkan saat menerapkan diet dengan tomat ceri. Rencana yang telah kamu buat juga dapat didiskusikan oleh ahli medis tersebut. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Baca juga: Ini Manfaat Diet Pepaya untuk Turunkan Berat Badan

Mengandung Kalium dan Akan Mengontrol Tekanan Darah

Sepuluh tomat ceri memiliki potasium hampir sebanyak pisang sedang. Makan lebih banyak makanan kaya kalium dapat membantu menurunkan tekanan darah. Asupan kalium yang tinggi meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengeluarkan natrium, membantu meningkatkan keseimbangan cairan dan mengurangi tekanan pada arteri. Orang dewasa membutuhkan 4.700 miligram kalium sehari, dan makan tomat ceri membantu mereka memenuhi hampir 10 persen dari kebutuhan harian. 

Perlindungan Terhadap Radikal Bebas

Tomat ceri juga bisa melindungi tubuh dari zat-zat beracun yang menyebabkan kerusakan sel-sel. Seperti yang kita pahami, saat sel-sel tubuh mengalami kerusakan maka ini akan meningkatkan risiko sejumlah penyakit kronis, termasuk penyakit jantung dan kanker. Tomat mengandung beberapa nutrisi yang menawarkan perlindungan dari radikal bebas, termasuk vitamin C, likopen dan beta karoten, yang dikenal sebagai antioksidan.

Lycopene, khususnya, dikaitkan dengan pengurangan risiko jenis kanker tertentu, termasuk kanker prostat, paru-paru dan perut. Tomat, termasuk tomat ceri, adalah beberapa sumber likopen terbaik. Untuk menyerap paling banyak likopen dari tomat ceri, makanlah dengan sedikit lemak, seperti saus salad atau tumis dengan minyak zaitun.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Makan Buah?

Itulah beberapa manfaat dari tomat ceri untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Supaya lebih sehat lagi, pastikan kamu juga melakukan gaya hidup sehat lain dan rutin olahraga. Dengan begitu, kamu akan jadi lebih sehat lagi. 

Referensi:
Livestrong. Diakses pada 2020. Are Cherry Tomatoes as Healthy as Other Tomatoes?
SFGate - Healthy Eating. Diakses pada 2020. What Are the Health Benefits of Eating Cherry Tomatoes?