• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Manfaat dan Efek Samping Klorin bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Manfaat dan Efek Samping Klorin bagi Kesehatan

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Klorin bagi Kesehatan

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 21 September 2022

“Klorin adalah bahan kimia yang banyak digunakan untuk campuran produk kebersihan rumah tangga. Namun, waspadai pemakaian yang kurang tepat karena memicu efek samping berupa masalah pernapasan, iritasi pada mata, dan ruam pada kulit.”

Mengenal Manfaat dan Efek Samping Klorin bagi KesehatanMengenal Manfaat dan Efek Samping Klorin bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Klorin adalah salah satu bahan kimia dengan fungsi utama mencegah pembentukan mikroorganisme yang memicu masalah kesehatan dari air. Tak heran apabila klorin sering dipakai pada produk kebersihan rumah tangga dan campuran untuk membuat desinfektan. 

Bentuk klorin sendiri juga beragam, kamu bisa menjumpai bahan kimia ini dalam bentuk cair, gas, atau padat. Bahkan, bahan kimia satu ini juga terdapat pada garam dapur, produk pemutih pakaian, pembersih lantai, dan pembersih kolam renang. 

Mengenal Manfaat Klorin

Adapun manfaat dari klorin sendiri yaitu:

  1. Digunakan dalam produk kewanitaan

Mungkin kamu pernah mendengar pemakaian klorin dalam tampon atau pembalut. Sebenarnya, pemakaian senyawa kimia ini masih dibolehkan pada kadar tertentu untuk berperan sebagai desinfektan. Meski begitu, kadarnya tetap tidak boleh lebih dari 0,2 persen. 

Pun, Food and Drug Administration dari Amerika Serikat. juga menganjurkan para wanita untuk memakai produk tampon atau pembalut yang tidak memiliki kandungan klorin. 

  1. Membantu menjernihkan air

Pemakaian dalam frekuensi tinggi menyebabkan air dalam kolam renang cenderung mengeruh. Pastinya, akan sangat merepotkan kalau harus membersihkan kolam renang setiap hari. Sebab, jumlah air yang dibutuhkan untuk aktivitas ini juga tidak sedikit. 

Inilah mengapa, pengelola kerap memakai klorin untuk membantu menjaga air kolam renang tetap jernih. Selain itu, klorin juga bisa membantu membasmi bakteri yang bisa menyebar dari air kolam renang.

  1. Pengolahan air siap minum

Air minum yang dikonsumsi tanpa diolah pastinya akan berdampak negatif pada tubuh, seperti diare. Nah, pemakaian klorin diyakini efektif untuk mensterilkan air minum sekaligus menghilangkan kuman pada air minum yang berpotensi menyebabkan gangguan kesehatan. Bentuk klorin yang dipakai untuk manfaat ini adalah gas. 

  1. Campuran Membuat Obat

Klorin adalah senyawa kimia yang terbilang sederhana. Ketika melalui beragam prosedur kimiawi, senyawa ini dapat digunakan pula sebagai bahan kandungan obat. Kerap kali, obat dengan kandungan klorin memiliki efek penurun kolesterol, pereda reaksi alergi dan nyeri pada sendi.

Apa Saja Efek Sampingnya?

Meski punya banyak manfaat, klorin juga memiliki sejumlah efek samping yang pastinya perlu kamu waspadai, di antaranya:

  1. Risiko iritasi pada mata

Seseorang yang mengalami hipersensitivitas atau keracunan senyawa klorin dapat mengalami gangguan pada indera penglihatan. Salah satunya adalah iritasi mata yang mungkin terjadi apabila terkena paparan gas klorin secara langsung. 

Gejala yang kamu alami bisa berupa mata memerah, panas, berair, dan penglihatan menjadi kabur. Selain itu, kamu juga dapat mengalami mual hingga muntah apabila terkena paparan klorin dalam waktu yang lama. 

  1. Gangguan pada pernapasan

Selain itu, efek samping lain dari penggunaan klorin adalah risiko mengalami masalah saluran pernapasan. Ketika digunakan sehari-hari, efek samping ini muncul karena interaksi antara produk pembersih dengan kandungan klorin dengan produk sejenis yang punya kandungan bahan aktif lain. 

Sayangnya, campuran bahan pembersih bisa memunculkan gas yang membahayakan apabila terhirup. Gejala ketika kamu mengalami kondisi ini termasuk sesak napas, batuk, mengi, dada yang terasa berat, dan terdapat cairan pada organ paru setelah beberapa jam. 

  1. Ruam pada kulit

Klorin juga bisa mengakibatkan ruam kulit saat berinteraksi langsung dengan tangan. Ini bisa terjadi karena kamu memiliki sensitivitas yang tinggi terhadap klorin. Gejalanya bisa berupa terdapat ruam berwarna kemerahan pada area yang terpapar, kulit menjadi bersisik, gatal, dan mengalami bruntusan.

Segera lakukan pemeriksaan kesehatan kalau kamu mengalami gejala keracunan klorin. Lebih mudah dengan menggunakan Layanan Janji Medis di Halodoc, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di Play Store maupun App Store. 

Referensi:
American College of Allergy, Asthma & Immunology. Diakses pada 2022. Chlorine “Allergy”.
CDC. Diakses pada 2022. Facts about Chlorine.
Healthline. Diakses pada 2022. Chlorine Poisoning.
Chemical Safety Facts. Diakses pada 2022. Chlorine.