• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Manfaat Daun Sungkai, Bisakah Atasi COVID-19?
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Manfaat Daun Sungkai, Bisakah Atasi COVID-19?

Mengenal Manfaat Daun Sungkai, Bisakah Atasi COVID-19?

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 18 Juli 2022

“Pada awal pandemi COVID-19, beredar informasi di media sosial yang menyatakan daun sungkai dapat dimanfaatkan untuk menangkal penyakit tersebut. Namun, benarkah fakta medisnya seperti itu? Setelah melakukan penelusuran, situs resmi penangan COVID-19 di Indonesia melalui halaman Hoax Buster menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar.”

Mengenal Manfaat Daun Sungkai, Bisakah Atasi COVID-19?

Halodoc, Jakarta – Di sela-sela penelitian dan proses pembuatan vaksin COVID-19, sebagian orang  mempercayai bahwa herbal tertentu dapat mencegah penularan COVID-19. Contohnya seperti khasiat daun sungkai yang disebut-sebut dapat menangkal COVID-19. 

Di awal pandemi, beredar informasi dari media sosial yang menyatakan daun sungkai dapat digunakan untuk mencegah COVID-19. Bahkan, pada informasi tersebut juga tertulis  cara mengonsumsi rebusan daun sungkai.

Setelah melakukan penelusuran, situs resmi penangan COVID-19 di Indonesia melalui halaman Hoax Buster menyatakan bahwa hal tersebut tidak benar. Melansir salah satu media daring nasional, Dokter Spesialis Paru Rumah Sakit Umum Persahabatan (RSUP), dr. Erlinda Burhan, mengatakan bahwa rebusan daun sungkai belum memiliki bukti ilmiah  dapat mengatasi COVID-19. 

Lantas, sebenarnya adakah manfaat daun sungkai?

Bukan Untuk COVID-19, Inilah Manfaat Daun Sungkai

Meskipun daun sungkai nyatanya tidak dapat mencegah atau mengatasi COVID-19, tapi daun ini memiliki manfaat lain untuk kesehatan. Berikut ini manfaat daun sungkai untuk kesehatan yang perlu diketahui:

  1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun yang banyak ditemui di Sumatra Barat, Jambi, Bengkulu, dan Kalimantan ini telah lama dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Untuk merasakan manfaat ini, orang-orang menggunakan daun sungkai yang masih muda. Caranya dengan merebus segenggam daun sungkai muda di dalam air tawar, kemudian diminum.

  1. Mengatasi Sariawan

Manfaat daun sungkai selanjutnya yaitu sebagai obat herbal untuk mengatasi sariawan. Caranya yaitu dengan menjadikan daun sungkai sebagai obat kumur. Beberapa lembar daun sungkai direbus hingga mendidih, kemudian diamkan sebentar sampai hangat. Setelah itu kamu bisa langsung menggunakan air rebusannya untuk berkumur.

Manfaat daun sungkai yang satu ini didukung oleh sebuah penelitian dari Sekolah Tinggi Farmasi Bandung. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak daun sungkai memiliki sifat antibakteri, terutama terhadap bakteri S.aureus dan E.coli. Kedua bakteri tersebut merupakan penyebab berbagai penyakit infeksi.

  1. Menyembuhkan Flu dan Demam

Orang-orang di Sumatra Selatan dan Lampung sering kali menggunakan daun sungkai untuk menyembuhkan flu dan demam. Caranya masih sama, yaitu dengan merebus beberapa lembar daun sungkai, kemudian meminum air rebusannya saat sakit flu atau demam. 

  1. Mengatasi Malaria

Masyarakat suku Lebak, Bengkulu, juga sering menggunakan daun sungkai untuk mengatasi penyakit malaria. Hal tersebut karena daun ini memiliki sifat antiseptik yang bermanfaat sebagai penurun panas dan demam, termasuk gejala malaria. 

Di dalam daun sungkai juga terkandung banyak zat aktif. Seperti peronemin, sitosterol, isopropanol, phytol, dipterpenoid, dan flavonoid yang dapat meningkatkan kadar leukosit. 

  1. Mendukung Program Kehamilan

Tanaman yang juga dikenal dengan nama jati sabrang ini juga digunakan sebagai ramuan untuk mendukung program kehamilan. Daun ini dianggap mampu menyehatkan tubuh, sehingga calon orang tua dapat menghasilkan sel telur dan sperma berkualitas baik. Namun, sebenarnya mengenai manfaat ini belum ada penelitian lebih lanjut. 

  1. Membersihkan Tubuh Ibu Setelah Bersalin

Setelah melahirkan, tubuh ibu akan terasa  kotor. Terlebih karena keringat dan cairan lainnya yang keluar saat melahirkan. Selain itu, otot-otot tubuh ibu pun tegang setelah mengejan saat melahirkan bayi. Nah, untuk membersihkan tubuh yang kotor dan merilekskan otot, ibu dapat menggunakan air rebusan daun sungkai untuk mandi. 

Namun mandi dengan air rebusan daun sungkai hanya direkomendasikan untuk ibu yang melahirkan secara normal. Karena pada ibu yang melahirkan secara caesar dikhawatirkan dapat mengalami infeksi pada luka, apabila mandi dengan air rebusan daun sungkai.

Itulah manfaat daun sungkai yang perlu diketahui. Meski begitu, masih membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait khasiat daun sungkai bagi kesehatan. 

Jika kamu masih ragu memanfaat daun sungkai atau memiliki keluhan kesehatan, kamu bisa bertanya pada dokter di aplikasi Halodoc terlebih dulu. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Media Indonesia. Diakses pada 2022. Ayo Kenali Tujuh Manfaat Daun Sungkai
Covid-19.go.id. Diakses pada 2022. [SALAH] Daun Sungkai dapat Menangkal Covid-19
Antara Sumber. Diakses pada 2022. Sungkai leaf rumored can treat COVID-19, Governor instructs to do research
Liputan6. Diakses pada 2022. Cek Fakta: Benarkah Daun Sungkai Bisa Menyembuhkan Virus Corona COVID-19?