Mengenal Metastasis yang Sempat Dialami Ria Irawan 

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengenal Metastasis yang Sempat Dialami Ria Irawan 

Halodoc, Jakarta – Artis peran Indonesia Ria Irawan mengembuskan napas terakhir pada Senin (6/01/2020). Sebelumnya, Ria Irawan sempat divonis mengidap kanker getah bening, tetapi sudah dinyatakan sembuh setelah menjalani pengobatan kemoterapi. Sayangnya, selang beberapa tahun dia kembali diserang kanker, kali ini kanker endometrium alias kanker dinding rahim. 

Menjelang akhir tahun 2019, kondisi Ria Irawan semakin menurun karena sel kanker telah menyebar ke bagian tubuh lain. Sel kanker mulai menyebar hingga ke kepala dan paru-paru. Penyebaran sel kanker yang dialami Ria Irawan disebut dengan metastasis, yaitu pergerakan atau penyebaran sel kanker dari satu organ atau jaringan ke organ atau jaringan lainnya di dalam tubuh. Biar lebih jelas, simak penjelasan mengenai metastasis dalam artikel ini! 

Baca juga: Kenali Perbedaan antara Tumor dan Kanker

Metastasis, Kondisi yang Harus Diwaspadai Pengidap Kanker 

Sebelum meninggal, aktris Ria Irawan disebut mengalami metastasis. Sel kanker yang sebelumnya pernah “bersarang” di tubuhnya kembali menyerang sampai ke organ atau jaringan lain. Penyebaran sel kanker pada metastasis umumnya terjadi melalui darah atau kelenjar getah bening. Sel kanker bisa menyebar ke mana saja, baik di dalam jaringan maupun di organ terdekat, hingga organ yang jauh dari tempat pertama kali kanker ditemukan. 

Ada hal-hal yang menjadi penentu sel kanker akan menyebar ke bagian tubuh lainnya atau tidak, di antaranya jenis kanker, stadium kanker, kondisi tubuh, hingga lokasi awal kanker. Sel kanker yang sudah menyebar dan menyerang organ tubuh lain disebut dengan istilah kanker metastatik. Metastasis terjadi saat sel kanker “memecah diri” dari lokasi awal sel ini ditemukan, kemudian memasuki aliran darah. 

Normalnya, aliran darah akan melewati seluruh bagian tubuh. Hal itu berarti bahwa sel kanker yang terbawa pada aliran darah juga mengalami “perjalanan” dan menjauh dari lokasi pertama ditemukan. Sel kanker kemudian bisa tinggal dan menyerang bagian tubuh mana saja. Kabar buruknya, kanker metastatik sering terlambat disadari dan bisa terjadi tanpa menimbulkan gejala yang khas. 

Baca juga: Waspada Kanker Payudara Bisa Menyebar di 5 Bagian Tubuh Ini

Apakah sel kanker yang mengalami metastasis dan menyerang organ tubuh lain adalah jenis kanker yang sama? Jawabannya iya. Meski sudah mengalami penyebaran, sel kanker sebenarnya adalah jenis kanker yang sama. Contohnya, saat seseorang mengalami kanker payudara dan menyebar hingga ke liver, kondisi tersebut dinamakan kanker payudara metastatik, bukan kanker liver. 

Orang yang sebelumnya pernah mengalami kanker harus mewaspadai kondisi ini, termasuk jika sebelumnya sudah dinyatakan sembuh. Sangat penting untuk selalu melakukan pemeriksaan rutin ke rumah sakit. Dengan begitu, dokter bisa membantu memantau kondisi tubuh dan mengambil tindakan segera jika ada kemungkinan metastasis terjadi. 

Penanganan yang dilakukan untuk kondisi ini tergantung pada jenis kanker yang pertama kali muncul, sejauh mana kanker sudah menyerang, di mana saja kanker ditemukan, usia dan kondisi tubuh, serta jenis pengobatan yang menjadi pilihan. Namun umumnya, kanker metastasis memiliki kondisi yang berbeda dengan kanker awal, maka penanganan yang dilakukan pun bisa jadi akan berbeda. 

Maka dari itu, sangat penting untuk selalu berdiskusi dengan dokter, terutama jika merasa gejala kanker kembali menyerang. Menjalani pengobatan kanker dengan baik dan semangat, seperti yang selalu dilakukan Ria Irawan juga bisa membantu menurunkan risiko metastasis. Selamat jalan, Ria Irawan… 

Baca juga: Inilah yang Dimaksud 4 Stadium Kanker

Masih penasaran tentang metastasis dan apa saja faktor risikonya? Tanya dokter di aplikasi Halodoc saja. Kamu bisa dengan mudah menghubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat. Dapatkan informasi seputar kesehatan dan tips hidup sehat dari dokter terpercaya. Yuk, download Halodoc sekarang di App Store dan Google Play! 

Referensi:
NCBI. Diakses pada 2020. Metastasis: a therapeutic target for cancer.
Cancer.net. Diakses pada 2020. What is Metastasis?
National Cancer Institute. Diakses pada 2020. metastasis.