• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Posisi Tidur yang Tepat pada Pengidap Hernia
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Posisi Tidur yang Tepat pada Pengidap Hernia

Mengenal Posisi Tidur yang Tepat pada Pengidap Hernia

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 07 November 2022

“Penyakit hernia dapat membuat tidur kurang nyaman. Sebaiknya ketahui posisi tidur untuk pengidap hernia demi meningkatkan kualitas tidur.”

Mengenal Posisi Tidur yang Tepat pada Pengidap HerniaMengenal Posisi Tidur yang Tepat pada Pengidap Hernia

Halodoc, Jakarta – Tentunya tidur akan terasa kurang nyaman ketika kamu mengalami hernia. Penyakit ini terjadi ketika organ dalam tubuh keluar atau terdorong melalui lubang yang muncul pada jaringan atau otot yang seharusnya menahan organ tersebut.

Kondisi ini memang tidak mengancam nyawa, tetapi bisa menyebabkan rasa tidak nyaman ketika beraktivitas dan istirahat. Untuk menurunkan rasa tidak nyaman, sebaiknya ketahui berbagai posisi tidur untuk pengidap hernia demi mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Jenis Hernia 

Ada beberapa jenis hernia yang sering dialami, seperti:

  1. Hernia Inguinalis

Pada jenis ini, hernia terjadi ketika usus atau kandung kemih menonjol melalui dinding perut atau ke dalam kanalis inguinalis pada bagian selangkangan. Hernia jenis ini banyak dialami oleh pria.

  1. Hernia Insisional

Hernia terjadi ketika usus mendorong keluar melalui bekas operasi pada perut yang pernah dilakukan sebelumnya. Jenis ini paling sering dialami oleh orang lanjut usia dan pengidap obesitas.

  1. Hernia Femoralis

Hernia ini terjadi ketika usus memasuki saluran yang membawa arteri femoralis ke paha atas. Kondisi ini rentan dialami oleh wanita yang sedang hamil.

  1. Hernia Umbilikalis

Sebagian usus halus melewati dinding perut dekat pusar. Biasanya sering dialami oleh bayi yang baru lahir atau wanita yang mengidap obesitas.

Posisi Tidur untuk Pengidap Hernia

Hernia yang tidak diatasi dapat menyebabkan pembengkakan dan rasa nyeri. Selain itu, hernia juga bisa memicu gangguan tidur karena membuat pengidapnya sulit menentukan posisi tidur yang nyaman.

Agar kamu bisa mengatasi masalah ini, sebaiknya ketahui berbagai posisi tidur yang dianjurkan bagi pengidap hernia agar kamu memiliki kualitas tidur yang baik. Berikut posisi tidur yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Meninggikan Posisi

Tidur berbaring ketika mengidap hernia memang dapat memicu rasa tidak nyaman. Untuk menghindari kondisi ini, kamu bisa meninggikan posisi tidur dengan menggunakan dua bantal pada kepala. Hal ini dilakukan untuk mempertahankan posisi setengah duduk atau setengah berbaring.

  1. Meringkuk

Saat kamu memiliki hernia pada area perut, tidur meringkuk menjadi salah satu posisi yang nyaman. Hal ini karena tekanan pada perut sedikit berkurang sehingga dapat meminimalkan rasa nyeri yang dirasakan.

  1. Telentang

Beberapa pengidap hernia direkomendasikan untuk tidur dengan posisi telentang, seperti hernia pada bagian selangkangan. Dengan telentang, maka posisi ini dapat membantu menarik jaringan hernia ke dalam perut atau panggul.

Itulah beberapa posisi tidur untuk pengidap hernia yang bisa dilakukan. Segera lakukan pemeriksaan ke rumah sakit terdekat ketika hernia yang kamu alami semakin membesar dan memburuk. Kamu bisa cari tahu lokasi rumah sakit pilihan menggunakan Halodoc. Caranya download aplikasi Halodoc melalui App Store atau Google Play.

Pengobatan Hernia

Umumnya, hernia dapat menghilang dengan sendirinya dengan perawatan yang dilakukan di rumah. Seperti misalnya meningkatkan konsumsi makanan berserat, membatasi makanan pedas, berolahraga, dan mengontrol berat badan. Namun, jika hernia semakin membesar dan menyebabkan gangguan, dokter bisa menyarankan untuk melakukan tindakan bedah. 

Setelah tindakan operasi dilakukan, kamu perlu menjaga kesehatan dengan melakukan berbagai pencegahan penyakit ini. Ada beberapa pencegahan yang bisa dilakukan, seperti berhenti merokok, mengontrol berat badan, tidak mengangkat beban yang terlalu berat, hingga tidak mengejan saat buang air besar.

Banner aplikasi Halodoc
Referensi:
Cleveland Clinic. Diakses pada 2022. Hernia.
Healthline. Diakses pada 2022. Everything You Want to Know About a Hernia.
Sleep Reporter. Diakses pada 2022. Sleeping After Hernia Surgery – 5 Easy Steps That Will Help You.