• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Profesi Dokter Ortopedi Ahli Spine dan Keahliannya
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Profesi Dokter Ortopedi Ahli Spine dan Keahliannya

Mengenal Profesi Dokter Ortopedi Ahli Spine dan Keahliannya

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 September 2022

“Dokter ortopedi ahli spine merupakan dokter yang mempunyai kapabilitas dan kompetensi yang berkaitan dengan kelainan yang terjadi pada tulang belakang. Dokter spesialis ini bisa memberikan tindakan tanpa maupun dengan prosedur bedah.”

Mengenal Profesi Dokter Ortopedi Ahli Spine dan KeahliannyaMengenal Profesi Dokter Ortopedi Ahli Spine dan Keahliannya

Halodoc, Jakarta – Sebelum mendapatkan gelar sebagai dokter dengan subspesialis spine, dokter umum wajib menamatkan program pendidikan dokter di bidang ortopedi untuk mendapatkan gelar spesialis ortopedi atau Sp.OT. 

Selanjutnya, dokter akan melanjutkan belajar sekaligus mendalami ilmu tulang secara khusus di bagian tulang belakang sampai memperoleh gelar spesialis ortopedi ahli spine atau Sp.OT(K).

Keahlian dan Tindakan Medis yang Bisa Dilakukan Dokter Ortopedi Ahli Spine

Dokter dengan gelar Sp.OT(K) memiliki kemampuan dan keahlian untuk bisa melakukan tindakan medis yang berkaitan dengan masalah pada tulang belakang dan sekitarnya. Tindakan bisa diberikan dengan maupun tanpa prosedur bedah. 

Sebelum masuk pada tindakan medis, dokter ahli spine akan melakukan berbagai pemeriksaan, baik secara fisik maupun penunjang, Ini termasuk melakukan tes CT scan, BMD, rontgen, serta MRI. Selanjutnya, penanganan akan dilakukan sesuai dengan hasil pemeriksaan dan diagnosis. 

Adapun contoh penanganan tanpa prosedur bedah yang bisa dianjurkan oleh dokter ortopedi ahli spine adalah mengonsumsi obat, imbauan untuk rutin berolahraga, dan memberikan rujukan pada pengidap untuk melakukan fisioterapi. Sementara itu, tindakan yang dilakukan dengan prosedur bedah antara lain:

  1. Prosedur Bedah Invasif Minimal

Tindakan bedah ini tidak membutuhkan sayatan besar, sehingga tidak akan melukai banyak jaringan yang ada di tulang belakang. Ini artinya, risiko terjadinya komplikasi cenderung lebih rendah dan masa pemulihan bisa jadi lebih cepat. Masalah kesehatan yang dapat ditangani dengan prosedur bedah ini seperti kifosis, tumor spinal kecil, dan HNP.

  1. Prosedur Bedah Terbuka

Tindakan bedah ini memerlukan sayatan besar supaya bisa menjangkau area yang mengalami kelainan. Misalnya, pada pengidap tumor spinal dengan ukuran besar, osteoarthritis, dan kondisi patah tulang belakang. 

  1. Mengganti Cakram Tulang Belakang 

Terakhir, tindakan bedah yang dilakukan dengan tujuan untuk melakukan penggantian cakram tulang belakang yang sudah mengalami kerusakan permanen. Cakram tersebut akan diganti dengan cakram buatan.

Kondisi yang Dapat Ditangani oleh Dokter Ortopedi Ahli Spine

Seorang dokter yang memiliki keahlian dalam ortopedi spine atau tulang belakang mempunyai pengetahuan yang mendalam terkait diagnosis, penanganan, dan pencegahan berbagai kondisi kesehatan yang berkaitan dengan tulang belakang. 

Selain itu, dokter ahli ini juga bisa mengobati pengidap kelainan tulang belakang dari semua usia, mulai usia bayi hingga lansia. Adapun kondisi medis yang bisa ditangani oleh dokter ahli tulang belakang di antaranya:

  • Nyeri pada punggung bagian bawah atau skiatika.
  • Mengalami cedera maupun patah tulang belakang.
  • Mengidap infeksi maupun tumor di tulang belakang.
  • Mengidap Hernia Nukleus Pulposus atau HNP.
  • Mengidap stenosis spinal, osteoarthritis tulang belakang, dan spondylolisthesis.
  • Mengidap kelainan tulang belakang seperti kifosis, lordosis, dan skoliosis.
  • Mengalami hemangioma vertebral.

Kamu juga dianjurkan untuk menemui ahli tulang belakang apabila mengalami benturan maupun hantaman pada bagian tulang belakang. Misalnya akibat dari jatuh, kecelakaan, atau mendapatkan hantaman keras ketika sedang berolahraga. 

Pastikan kamu memberitahukan semua keluhan yang dirasakan, berbagai aktivitas yang membuat rasa nyeri meningkat atau mereda, dan pengobatan apa saja yang sudah kamu jalani sepenuhnya. Jangan lupa, ceritakan pula bagaimana kamu mendapatkan rasa sakit tersebut. 

Bukan tanpa alasan, memberitahu semua informasi tersebut akan memudahkan dokter ortopedi ahli spine untuk melakukan pemeriksaan penunjang dan mendapatkan diagnosis yang lebih akurat. Jika kamu harus menjalani fisioterapi, buat janji melalui Layanan Janji Medis di Halodoc agar lebih mudah dan praktis. Kamu bisa download Halodoc langsung di ponselmu secara gratis. 

Referensi:
University of California San Diego. Diakses pada 2022. Orthopedic Spine Care.
Spine Universe. Diakses pada 2022. What is an Orthopaedic Spine Surgeon?