• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Mengenal Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 03 Desember 2021
Mengenal Sekolah Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus

“Anak dengan kebutuhan khusus terkadang kesulitan untuk masuk ke sekolah umum. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memasukkannya ke sekolah inklusi. Maka dari itu, ibu perlu tahu segala hal yang perlu diketahui tentang sekolah khusus ini.”

Halodoc, Jakarta – Beberapa orangtua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus kerap bingung untuk menyekolahkan anaknya. Pasalnya, terkadang beberapa sekolah umum kurang memperhatikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Maka dari itu, salah satu alternatif yang bisa dipilih adalah sekolah inklusi. Namun, apa sih yang dimaksud dengan sekolah inklusi? Ketahui jawaban lengkapnya di sini!

Anak Berkebutuhan Khusus Disarankan Masuk ke Sekolah Inklusi

Sekolah inklusi adalah suatu sekolah yang menyambut semua siswa tanpa memandang jenis kelamin, etnis, latar belakang layaknya sosial, ekonomi, hingga kebutuhan pendidikan. Semua murid dapat belajar, berkontribusi, dan melakukan semua aspek dalam kehidupan di sekolah. Siswa di sekolah inklusi dapat menghabiskan waktu belajar dengan teman-temannya untuk mendapatkan manfaat bersama dari sistem sekolah ini.

Lalu, apa saja manfaat dari sekolah inklusi? Manfaat yang dapat diterima oleh siswa adalah persahabatan yang memiliki makna dalam, rasa hormat, saling menghargai satu sama lain, dan memahami perbedaan lebih baik bahwa tidak ada manusia yang sempurna, sehingga siap untuk kehidupan dewasa di masyarakat.

Selain itu, anak juga dapat mendapatkan manfaat akademis. Kelas inklusif yang dirancang dengan baik, siswa dapat memenuhi harapan yang lebih tinggi, baik dari teman sekelas maupun gurunya. Hal ini dapat terjadi saat anak melihat panutan akademis yang positif di teman sekelasnya.

Keluarga juga bisa memperoleh manfaat dari sekolah ini. Hal ini dapat sangat terlihat pada siswa dengan kebutuhan khusus yang merupakan anak tunggal. Masalah yang terjadi mungkin orangtuanya tidak dapat menyesuaikan diri dengan masyarakat, kecuali jika siswa tersebut berada di sekolah inklusi. Sekolah ini juga menyediakan banyak sesi pertemuan dengan keluarga sebagai metode pendukungan.

Keunggulan dari Sekolah Inklusi yang Perlu Diketahui

Sekolah ini menawarkan banyak dukungan ekstra untuk siswa dengan kebutuhan belajar yang berbeda. Bahkan, sekolah ini juga menyediakan terapis wicara, terapis okupasi, psikolog, dan pendidik psikolog untuk menilai kemampuan setiap anak. Hal ini dapat memberi tahu tentang segala dukungan dan perubahan yang mungkin dibutuhkan. Tentu hal ini sangat penting untuk anak dengan kebutuhan khusus.

Cara Terbaik Memastikan Anak Kebutuhan Khusus Diakomodasi

Setiap orangtua dengan yang memiliki kebutuhan khusus perlu benar-benar memastikan jika semua hal yang dibutuhkan terakomodasi. Sekolah inklusi dapat menyediakan jalan landai dan kamar mandi khusus yang sudah disesuaikan untuk siswa yang sulit mencapai tempat yang dituju saat ke toilet.

Guru dapat ke kelas untuk membantu siswa satu per satu jika ada yang mengalami kesulitan. Terkadang, siswa juga dapat meninggalkan ruangan jika dirasa membutuhkan waktu untuk fokus menyendiri atau untuk melakukan kelompok belajar yang lebih kecil. Selain itu, guru juga perlu mempermudah semua hal, seperti memakai mikrofon agar siswa tunarungu dapat mendengar dengan jelas.

Nah, itulah yang perlu ibu tahu tentang sekolah inklusi yang sangat baik untuk mengakomodasi kebutuhan anak dengan kebutuhan khusus. Ibu perlu memahami dengan jelas dan memilih dengan bijak segala hal yang diperlukan untuk mendukung tumbuh kembang anak. Jangan ragu untuk memberikan yang terbaik bagi anak.

Ibu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc tentang segala hal yang berhubungan dengan sekolah inklusi. Interaksi ini dapat dilakukan dengan download aplikasi Halodoc sebelumnya. Maka dari itu, segera unduh aplikasinya sekarang juga agar interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
British Council. Diakses pada 2021. How to include children with special educational needs and disabilities.