• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Teknik Hypnoparenting pada Anak yang Bermasalah
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Teknik Hypnoparenting pada Anak yang Bermasalah

Mengenal Teknik Hypnoparenting pada Anak yang Bermasalah

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 22 September 2022

“Hypnoparenting merupakan suatu metode parenting yang bertujuan untuk mengarahkan anak pada perilaku yang lebih baik. Ada beberapa tahapan untuk melakukannya, mulai dari tahapan pre-talk, pre-induction, hingga tahapan terakhir yaitu post hypnotic-suggestion.”

Mengenal Teknik Hypnoparenting pada Anak yang BermasalahMengenal Teknik Hypnoparenting pada Anak yang Bermasalah

Halodoc, Jakarta – Di dunia parenting yang semakin berkembangkan sudahkah ayah ibu mengetahui tentang apa itu hypnoparenting? Hypnoparenting merupakah salah satu metode hipnosis yang bertujuan untuk merawat dan mendidik anak. Sementara hipnosis merupakan kesadaran yang melibatkan perhatian terfokus yang ditandai dengan peningkatan kapasitas untuk menanggapi sugesti. 

Dengan begitu, hypnoparenting merupakan pola asuh anak yang dilakukan untuk mensugesti anak dengan kalimat-kalimat yang mampu membuatnya percaya diri. Metode hypnoparenting dilakukan dengan kata-kata yang halus dan bernilai positif. Lantas, bagaimana teknik melakukan hypnoparenting pada anak?

Teknik-teknik Melakukan Hypnoparenting pada Anak

Adapun teknik tahapan hypnoparenting yang ideal untuk dilakukan orang tua atau pendidik, yaitu:

  1. Tahapan pre-talk

Tahapan awal ini bertujuan untuk menggali masalah secara detail terkait dengan pertanyaan mengapa, kapan, bagaimana, di mana, siapa, dan sebagainya. Pada tahapan ini mungkin membutuhkan waktu yang cukup lama, karena orang tua harus menggali informasi dari lingkungan tempat anak beraktivitas.

  1. Tahapan pre-induction

Ini merupakan tahapan ketika anak sudah dalam posisi nyaman. Orang tua dapat mengajak anak ke ruangan nyaman, menyandarkannya, kemudian elus punggung dan kepalanya. Hal tersebut dapat dilakukan saat anak sudah tidak menggerakan tubuh dan matanya. 

  1. Tahapan induction

Tahapan ini dimulai ketika otak anak masuk ke dalam gelombang alpha. Gelombang alpha ditandai ketika anak terlihat rileks, nyaman, tenang, santai, puas, segar, dan bahagia. Pada kondisi ini, mereka sudah bisa menerima sugesti atau nasihat orang tua dengan baik, karena critical area atau egonya sudah mulai menipis. 

  1. Tahapan sugesti

Ini adalah tahapan ketika otak anak sudah masuk ke dalam gelombang theta. Gelombang theta dimaknai sebagai deep relaxation, visualisasi, ikhlas, dan imajinatif. Saat anak sudah sangat rileks dan bada di pikiran bawah sadar, maka merupakan waktu yang tepat untuk memasukkan sugesti golden moment. 

Melakukan sugesti harus menghindari kata “jangan” atau “tidak”. Misalnya, saat anak sering mengompol dan orang tua memberikan sugesti dengan kata “Nak, jangan ngompol!”, yang terjadi adalah justru anak sering ngompol.  Sebab, otak anak dalam bawah sadar tidak mampu menerjemahkan kata “jangan” dan “tidak” saat sugesti berlangsung. Hal tersebut mengakibatkan sugesti yang diberikan jadi sia-sia, malah berakibat fatal pada perkembangan anak.

  1. Tahapan post-hypnotic suggestion

Merupakan tahapan ketika sugesti yang diberikan sudah masuk dan diharapkan dapat menetap pada diri anak.

Hypnoparenting memiliki banyak manfaat baik bagi orang tua maupun anak, antara lain:

  • Memahami kekuatan kata-kata dan tindakan.
  • Memahami diri, keyakinan, dan kebiasaan diri sendiri, dan mempelajari cara untuk mengendalikannya.
  • Memahami bahwa peran sebagai orang tua adalah membiarkan anak-anak menjalani hidupnya.
  • Mengenal anak secara objektif.
  • Belajar fokus pada hal-hal yang bermanfaat.
  • Mempelajari cara untuk memperkuat sugesti positif.
  • Mempelajari teknik sederhana untuk melepaskan atau ikhlas.
  • Belajar menghargai cara kerja pikiran anak.
  • Menemukan kekuatan bahwa “semuanya akan baik-baik saja”.

Pada dasarnya, hypnoparenting merupakan suatu metode yang dapat orang tua lakukan agar anak berada dalam alam bawah sadarnya. Metode ini bertujuan untuk memengaruhi pola pikir anak agar dapat berbuat baik. 

Itulah yang perlu diketahui tentang teknik hypnoparenting. Jika ayah dan ibu ingin mendapat banyak informasi tentang parenting, jangan ragu untuk bertanya pada psikolog anak di aplikasi Halodoc. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga!

References:
MDPI. Diakses pada 2022. Clinical Hypnosis with Children and Adolescents—What? Why? How?: Origins, Applications, and Efficacy
Jurnal Pendidikan Islam Multikulturalisme. Diakses pada 2022. HYPNOPARENTING; SEBUAH METODE MENJINAKKAN ALLIGATOR’S BRAINS PADA ANAK USIA DINI 
IOP Science. Diakses pada 2022. The utilization of gadgets in instilling character of children using hypno parenting