• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Tes Mantoux, Pemeriksaan untuk Mendeteksi TBC
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Tes Mantoux, Pemeriksaan untuk Mendeteksi TBC

Mengenal Tes Mantoux, Pemeriksaan untuk Mendeteksi TBC

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 29 September 2022

“Tes mantoux memiliki nilai prediksi positif yang sayangnya tidak menyakinkan. Oleh karena itu, hasil tes ini harus ditafsirkan dengan hati-hati, dan perlu adanya pemeriksaan tambahan, guna memastikan hasil tes.”

Mengenal Tes Mantoux, Pemeriksaan untuk Mendeteksi TBCMengenal Tes Mantoux, Pemeriksaan untuk Mendeteksi TBC

Halodoc, Jakarta –  Tes mantoux adalah metode pemeriksaan untuk mengetahui apakah seseorang terinfeksi TBC atau tidak. Tes ini dilakukan dengan cara menyuntikkan 0,1 ml tuberkulin purified protein derivative (PPD) ke permukaan bagian dalam kulit di lengan bawah. 

Injeksi dilakukan dengan jarum suntik tuberkulin, dengan bevel jarum menghadap ke atas. Jika kamu memang positif TBC, maka kulit di area suntikan akan membengkak dan mengeras dalam kurun waktu 48 hingga 72 jam.  Jika kamu memiliki hasil tes positif dan memiliki gejala atau dianggap berisiko tinggi terpapar TBC, kemungkinan kamu akan diberi resep obat untuk membersihkan infeksi dan meredakan gejala. 

Lain halnya bila kamu memiliki tes positif dan tanpa gejala, dokter mungkin merekomendasikan tes darah untuk memastikan diagnosis. Pasalnya, tes mantoux kurang akurat dibandingkan tes darah. Nah, untuk informasi selengkapnya mengenai tes mantoux bisa dibaca di sini!

Cara Membaca Hasil Tes Mantoux 

Tes mantoux adalah pemeriksaan untuk mendeteksi TBC. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tes ini dilakukan dengan menyuntikkan sejumlah kecil zat yang disebut tuberkulin PPD ke dalam kulit lengan bawah.

Jika kamu memiliki infeksi TBC laten, kulit akan sensitif terhadap tuberkulin PPD yang kemudian akan memunculkan benjolan merah kecil yang keras akan berkembang di tempat suntikan, biasanya dalam waktu 48 hingga 72 jam setelah tes.

Jika kamu memiliki reaksi kulit yang sangat kuat, kamu mungkin memerlukan rontgen dada untuk memastikan apakah kamu memiliki penyakit TBC aktif atau tidak. Jika kamu tidak memiliki infeksi laten, kulit tidak akan bereaksi terhadap tes ini. Namun, karena TBC membutuhkan waktu lama untuk berkembang, kamu mungkin perlu diskrining lagi pada tahap pemeriksaan selanjutnya.

Kondisi sistem kekebalan tertentu, terutama transplantasi organ, juga dapat menyebabkan hasi negatif palsu. Tes ini harus dilakukan oleh profesional medis untuk memastikan tindakan tes dan penanganan yang tepat. 

Menurut data kesehatan yang dipublikasikan oleh U.S. National Library of Medicine menyebutkan, tes ini memiliki nilai prediksi positif yang tidak menyakinkan. Oleh karena itu, tes ini harus ditafsirkan dengan hati-hati, dan perlu adanya pemeriksaan tambahan, guna memastikan hasil tes.

Penegakan Diagnosis TBC Selain Tes Mantoux

Alat diagnostik yang paling umum digunakan untuk pemeriksaan TBC adalah tes mantoux. Namun, bisa dibilang kalau tes darah adalah deteksi TBC yang lebih relevan dengan hasil lebih akurat. Namun, untuk skrining awal, tes ini dianggap cukup membantu. 

Untuk menegakkan diagnosis TBC, berikut ini adalah beberapa jenis tes tambahan lainnya  yang bisa dilakukan selain tes mantoux:

Tes Darah

Tes darah dapat mengonfirmasi atau menyingkirkan kemungkinan tuberkulosis laten atau aktif. Tes ini mengukur reaksi sistem kekebalan terhadap bakteri TB. Tes darah juga lebih berguna dilakukan jika kamu berisiko tinggi terinfeksi TBC tetapi memiliki respons negatif ketika prosedur mantoux dilakukan. 

Tes Pencitraan

Jika kamu memiliki hasil positif, dokter akan merekomendasikan memesan rontgen dada atau CT scan. Ini dilakukan untuk menunjukkan bintik-bintik putih di paru-paru sebagai akibat dari sistem kekebalan yang melindungi tubuh dari TBC. 

Tes Dahak

Jika rontgen dada menunjukkan tanda-tanda tuberkulosis, dokter mungkin akan mengambil sampel dahak untuk diuji, apakah mengandung bakteri TBC atau tidak.

Itulah informasi mengenai tes mantoux, prosedur melakukan, pembacaan hasil, dan tes sejenis yang dilakukan untuk mendeteksi TBC. Jika kamu menduga kalau kamu terinfeksi TBC, kamu bisa buat janji pemeriksaan ke rumah sakit lewat aplikasi Halodoc. Belum punya aplikasinya, yuk download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Mayo Clinic. Diakses pada 2022. Tuberculosis.
National Library of Medicine. Diakses pada 2022. Mantoux test and its interpretation.
Healthline. Diakses pada 2022. How to Identify a Positive Tuberculosis (TB) Skin Test.
Centers for Disease Control and Prevention. Diakses pada 2022. Tuberculin Skin Testing Fact Sheet.