• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Tugas Utama Perawat di Rumah Sakit
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenal Tugas Utama Perawat di Rumah Sakit

Mengenal Tugas Utama Perawat di Rumah Sakit

3 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 12 Mei 2022

“Perawat merupakan salah satu petugas medis di rumah sakit yang memiliki peran penting. Tugas utama perawat mencakup mulai dari memantau kondisi pasien, terlibat dalam perencanaan perawatan pasien, hingga memberi edukasi tentang manajemen penyakit.”

Mengenal Tugas Utama Perawat di Rumah Sakit

Halodoc, Jakarta – Ada banyak orang yang berkontribusi pada perawatan kesehatanmu selama kamu berada di rumah sakit. Para petugas medis profesional tersebut memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing yang saling melengkapi guna memberikan perawatan kesehatan yang baik untuk kamu di rumah sakit, mulai dari penilaian medis, perawatan harian, hingga pengobatan dan katering.

Perawat merupakan salah satu petugas medis di rumah sakit yang memiliki peran penting dalam mengelola sebagian besar perawatan kamu di rumah sakit. Mereka menilai, merencanakan, mengelola perawatan harianmu, dan juga kesehatanmu secara umum. Yuk, simak lebih lanjut tugas perawat utama di rumah sakit di sini.

Tugas Utama Perawat di Rumah Sakit

Tugas utama perawat di rumah sakit adalah untuk merawat dan mendukung pasien dalam menjaga kesehatan dan mengatasi penyakit mereka. Namun, ada berbagai tanggung jawab lain dari seorang perawat yang masih termasuk bagian dari peran seorang perawat, antara lain:

  • Mencatat riwayat medis dan gejala.
  • Bekerja sama dengan tim untuk merencanakan perawatan pasien.
  • Advokasi untuk kesehatan dan kesejahteraan pasien
  • Memantau kesehatan pasien dan mencatat tanda-tandanya.
  • Memberikan obat dan perawatan.
  • Mengoperasikan peralatan medis.
  • Melakukan tes diagnositk.
  • Memberikan pendidikan pada pasien tentang cara mengelola penyakit.
  • Memberi dukungan dan nasihat pada pasien.

Tugas Perawat dalam Merawat Pasien

Peran perawat adalah seperti pengasuh bagi pasien. Mereka membantu mengelola kebutuhan fisik, mencegah penyakit dan merawat kondisi kesehatan. Untuk melakukan ini, perawat perlu mengamati dan memantau kondisi pasien, mencatat informasi yang relevan dalam membantu pengambilan keputusan mengenai pengobatan yang akan diberikan.

Selama proses perawatan, tugas perawat adalah mengikuti perkembangan pasien dan bertindak sesuai kepentingan terbaik pasien. Jadi, bukan hanya sekadar memberikan obat-obatan dan terapi lainnya. Perawat juga bertanggung jawab atas perawatan holistik pasien yang meliputi kebutuhan psikososial, perkembangan dan mental pasien.

Advokasi Pasien

Tugas utama perawat lainnya di rumah sakit adalah mengadvokasi pasien, artinya perawat akan memberikan informasi dan bertindak atas nama pasien. Tugas ini dilakukan dengan memberikan informasi, menjadi mediator, dan melindungi pasien. 

Hal ini sangat penting, karena pasien yang sedang sakit sering kali tidak bisa memahami situasi medis dan bertindak seperti biasanya. Nah, adalah tugas perawat untuk mendukung pasien dan mewakili kepentingan terbaik pasien setiap saat, terutama ketika keputusan pengobatan sedang dibuat.

Tugas Perawat dalam Perencanaan Perawatan

Perawat juga terlibat langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk perawatan pasien. Jadi, penting bagi perawat untuk mampu berpikir kritis ketika menilai tanda-tanda pasien dan mengidentifikasi potensi masalah, sehingga bisa membuat rekomendasi dan tindakan yang tepat.

Karena profesional kesehatan lainnya, seperti dokter atau spesialis, biasanya bertanggung jawab untuk membuat keputusan pengobatan akhir, perawat harus bisa memberikan informasi mengenai kesehatan pasien secara efektif. 

Perawat adalah yang paling akrab dengan situasi individu pasien, karena mereka memantau tanda dan gejala mereka secara berkelanjutan. Mereka juga bekerja sama dengan anggota tim medis lainnya untuk mempromosikan hasil kesehatan pasien yang terbaik.

Memberi Edukasi dan Dukungan pada Pasien

Perawat juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pasien dapat memahami kondisi kesehatan, penyakit, pengobatan, dan perawatan mereka sebaik mungkin. Hal ini penting agar ketika pasien keluar dari rumah sakit, mereka bisa merawat diri mereka sendiri.

Jadi, perawat harus meluangkan waktu untuk menjelaskan kepada pasien dan keluarga atau pengasuhnya, apa yang harus dilakukan ketika mereka meninggalkan rumah sakit atau klinik medis. Tugas perawat juga harus memastikan bahwa pasien merasa didukung dan tahu ke mana harus mencari informasi tambahan.

Itulah penjelasan mengenai tugas utama perawat di rumah sakit. Untuk cek kebutuhan obat dan vitamin kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc lo. Yuk, download Halodoc sekarang juga di Apps Store dan Google Play.

Referensi:
News Medical Life Science. Diakses pada 2022. Roles of a Nurse
Better Health. Diakses pada 2022. Hospital staff roles