• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTJ

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTJ

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTJ

“Salah satu karakteristik utama kepribadian ESTJ adalah memiliki jiwa kepemimpinan yang kuat. Kepribadian ESTJ sendiri terbagi menjadi dua jenis, yaitu ESTJ Asertif dan ESTJ Turbulent. Secara emosional,  ESTJ A dinilai lebih santai bila berkaitan dengan emosi. Sedangkan, ESTJ T cenderung lebih reaktif secara emosional dan lebih mudah marah.” 

Halodoc, Jakarta – Kepribadian ESTJ (Extrovert, Sensing, Thinking, Judging) merupakan salah satu tipe kepribadian dari 16 kepribadian tes MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator. Seseorang yang berkepribadian ESTJ sering digambarkan sebagai orang yang sangat percaya diri dengan pikiran dan tindakannya. Ia juga terkenal dengan kemampuan organisasi dan kepemimpinannya yang hebat.

Oleh sebab itu, kepribadian ESTJ dijuluki sebagai executive atau ‘sang pelaksana’.  Tipe kepribadian ESTJ terbagi menjadi dua, yaitu ESTJ A dan ESTJ T. Agar dapat mengetahui lebih lengkap mengenai karakteristik umum dan apa perbedaan di antara ESTJ A dan ESTJ T, simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFP

Karakteristik Umum Kepribadian ESTJ

Ada beberapa karakteristik utama yang umumnya dimiliki oleh individu dengan kepribadian ESTJ, antara lain:  

  1. Berjiwa Pemimpin 

ESTJ secara alami adalah pemimpin yang sangat berorientasi pada tugas. Mereka juga mengharapkan pekerjaan dilakukan sesuai dengan proses yang ditentukan dalam periode waktu tertentu. Dalam memimpin, individu berkepribadian ESTJ akan menjadi pemimpin yang gigih, berkomitmen, dan bertanggung jawab.

  1. Menyukai Fakta Konkret 

Individu dengan kepribadian sangat menyukai fakta konkret dan suka mempelajari hal-hal yang bisa langsung diterapkan ke dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, orang dengan kepribadian ESTJ secara umum tidak menyukai hal-hal yang bersifat abstrak atau terlalu teoritis.

  1. Disiplin 

Kepribadian ESTJ umumnya adalah orang yang sangat disiplin dan tegas, serta menjunjung tinggi tradisi dan aturan. Oleh sebab itu, mereka biasanya sangat lihai dalam membuat keputusan dengan cepat. Namun, terkadang hal tersebut membuatnya menjadi terburu-buru dalam mengambil keputusan.

  1. Karakteristik Umum Lainnya

Seseorang yang berkepribadian ESTJ sangatlah percaya diri, yang juga dapat terlihat kaku dan keras kepala. Meski begitu, ESTJ adalah pribadi yang pantang menyerah dalam meraih cita-cita serta impiannya. Sikap dan tanggung jawab yang dimiliki ESTJ memudahkan mereka untuk mengambil posisi kepemimpinan.

Mereka juga dikenal sebagai ekstrovert yang suka menghabiskan waktu bersama orang lain dan menikmati dirinya sebagai pusat perhatian. Mereka juga dapat menjadi individu yang lucu dan menyenangkan, terutama dalam situasi sosial.

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENTP

Kelebihan dan Kekurangan Kepribadian ESTJ

Setiap tipe kepribadian pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tanpa terkecuali kepribadian ESTJ. Berikut adalah beberapa kelebihan yang umumnya dimiliki kepribadian ESTJ, antara lain:

  • Berdedikasi tinggi
  • Memiliki kemauan yang kuat.
  • Jujur dan selalu membicarakan sesuatu secara langsung.
  • Setia, sabar, dan dapat diandalkan.
  • Senang membentuk order atau kestabilan.
  • Individu dengan kepribadian ESTJ adalah organisator yang sangat baik.

Sementara itu, berikut adalah beberapa kelemahan seseorang dengan kepribadian ESTJ, antara lain:

  • Keras kepala dan tidak fleksibel.
  • Cenderung tidak nyaman dengan hal baru yang tidak sesuai tradisi.
  • Kecenderungan untuk bersikap judgemental atau mudah menghakimi orang lain.
  • Terlalu fokus pada status sosial dirinya.
  • Dapat mengalami kesulitan untuk bersantai.
  • Memiliki kesulitan untuk mengekspresikan emosi.

Apa Perbedaan Antara ESTJ A dan ESTJ T?

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kepribadian ESTJ terbagi menjadi dua jenis, yakni ESTJ A dan ESTJ T. Nah, ESTJ A adalah Assertive Executive, sementara ESTJ T adalah Turbulent Executive. Secara garis besar ESTJ lebih mungkin untuk menganggap diri mereka sebagai orang yang sangat memiliki tujuan dibanding ESTJ T. Namun, bila diperiksa lebih dekat, kedua tipe tersebut sama-sama memiliki fokus yang kuat dan berorientasi pada tujuan.

Secara emosional, ESTJ T cenderung lebih reaktif secara emosional dan lebih mudah marah. Sedangkan, ESTJ A dinilai lebih ‘santai’ bila berkaitan dengan emosi. Sayangnya, hal tersebut dapat membuat mereka tampak kurang sensitif dan tidak peduli. Meski begitu, bisa jadi ketidakpedulian mereka membuat mereka jadi lebih cepat memaafkan.

Baca juga:  Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENTJ

Itulah penjelasan mengenai karakteristik umum kepribadian ESTJ beserta perbedaan di antara kedua jenisnya. Hal yang perlu ditegaskan, tes MBTI bisa saja menunjukkan hasil yang berbeda-beda jika seseorang mengisi ulang tes kepribadian tersebut. Di samping itu, beberapa ahli juga mengatakan bahwa tes MBTI mungkin tidak merepresentasikan karakter individu yang sesungguhnya.

Nah, apabila kamu memiliki pertanyaan seputar 16 kepribadian MBTI, jangan ragu untuk menghubungi psikolog terpercaya di aplikasi Halodoc. Selain dapat diajak diskusi, psikolog di Halodoc juga siap mendengarkan dan memberikan saran terhadap masalah yang sedang kamu alami. Jadi tunggu apa lagi? Yuk download aplikasi Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

16 Personalities. Diakses pada 2021. Executive Personality: Strengths & Weaknesses
16 Personalities. Diakses pada 2021. Assertive Executive (ESTJ-A) vs. Turbulent Executive (ESTJ-T)
Verywell Mind. Diakses pada 2021. ESTJ: The Director (Extraverted, Sensing, Thinking, Judging)
MBTI online. Diakses pada 2021. ESTJ the efficient organizer
Personality Central. Diakses pada 2021. ESTJ Leadership