• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTP

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTP

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ESTP

“Seorang dengan kepribadian ESTP atau Extravert, Observant, Thinking, dan Prospecting memiliki kecenderungan untuk berorientasi pada tindakan. Mereka juga sangat cekatan, dan senang bersosialisasi dengan orang lain untuk memperluas peluang hidup.”

Halodoc, Jakarta – Kepribadian ESTP selalu mampu menghadirkan suasana menyenangkan bagi lingkungan sekitar mereka. Kemampuan mereka untuk membuat orang lain tertawa dan terhibur dengan humor yang blak-blakan menjadikan orang-orang dengan tipe kepribadian ini sangat senang menjadi pusat perhatian. Apabila seseorang diminta untuk unjuk diri di atas panggung, mereka inilah yang menjadi sukarelawan dengan senang hati. 

Teori, konsep abstrak, dan diskusi yang lamban tentang isu-isu global dan implikasinya tidak membuat kepribadian ini tertarik untuk waktu yang lama. Pasalnya, mereka menjaga percakapan agar tetap energik dengan tingkat kecerdasan yang baik. Tidak hanya itu, mereka juga sangat suka untuk langsung melihat dan bertindak. 

Mereka yang termasuk dalam kepribadian ESTP cenderung bertindak sebelum mengetahui kondisi di lapangan. Namun, mereka dengan cepat memperbaiki kesalahan selama proses berlangsung. Sederhananya, tipe kepribadian ini tidak senang hanya duduk diam tanpa melakukan tindakan alias hanya sebagai konseptor. 

Baca juga: 6 Jenis Kepribadian Anak untuk Dipahami Orangtua

Tipe Karakter ESTP

Kepribadian ESTP adalah tipe yang paling mungkin menciptakan gaya hidup dan perilaku yang penuh risiko. Mereka sangat menikmati drama, gairah, dan kesenangan, bukan karena sensasi emosional, tetapi karena hal tersebut sangat merangsang pikiran logis mereka. Orang-orang ini dipaksa untuk membuat keputusan kritis berdasarkan faktual, realitas langsung dalam proses respons stimulus rasional yang cepat.

Kepribadian ini, dengan cara mereka yang sangat berjiwa bebas, mampu membawa ide segar dan percakapan yang menyenangkan ke mana pun mereka pergi. Keberanian jadi ciri utama kepribadian ESTP, dan secara garis besar, terdapat dua tipe kepribadian ini, yaitu: 

  1. Kepribadian ESTP Turbulen
Kepribadian ESTP Turbulen seperti Seorang Pemikir

Satu hal yang menggambarkan kepribadian ESTP turbulen adalah lebih ragu-ragu dan berhati-hati dalam segala hal dalam hidupnya. Bagaimanapun juga, keraguan mereka bisa menjadi penolong dan penyelamat untuk para turbulen agar tidak membuat kesalahan yang impulsif. Hal-hal kecil dan pengambilan keputusan bisa jadi kondisi yang sulit bagi para turbulen karena cenderung memberi mereka banyak pilihan. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

Ciri khas lain dari kepribadian ESTP turbulen adalah kecenderungan untuk melihat pandangan dan pendapat orang lain sebagai hal yang signifikan. Bahkan, mereka bisa mengambil tindakan berdasarkan dengan hal tersebut. Terlebih lagi, para turbulen sering kali mengalami kesulitan mengontrol emosi mereka. 

  1. Kepribadian ESTP Asertif
Kepribadian ESTP Asertif yang Penuh Semangat

Sementara itu, mereka yang masuk dalam kepribadian ESTP asertif cenderung melihat diri mereka sendiri sebagai seseorang dengan kemampuan tinggi, terlebih jika disandingkan dengan rasa percaya diri mereka. Pun, dibandingkan dengan para turbulen, para asertif cenderung lebih berani untuk mengambil tindakan yang memiliki risiko tinggi. Memperbaiki kesalahan dan pengambilan keputusan tidak jadi soal sulit untuk para asertif. 

Mereka yang tergabung dalam asertif ESTP akan melihat sebuah tantangan sebagai suatu hal yang mampu memberikan dorongan motivasi. Orang-orang ini juga terlihat lebih santai secara sosial karena tidak terlalu memikirkan apa yang dikatakan atau diopinikan oleh orang lain. Meski sama-sama pemikir, tetapi asertif cenderung tidak terlalu ragu dibandingkan dengan turbulen. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFP

Jadi, apakah kamu termasuk dalam orang-orang dengan kepribadian ESTP turbulen, atau justru tergabung dengan mereka yang asertif? Setiap orang tentu punya sisi lebih dan kurangnya, tentunya ini bergantung pada bagaimana kamu menyikapinya dan terus berusaha menjadi yang terbaik untuk menutupi segala kekurangan yang kamu punya. 

Namun, jangan sampai kamu lupa dengan kondisi kesehatan diri sendiri. Segera buat janji dengan dokter di rumah sakit terdekat menggunakan aplikasi Halodoc jika kamu merasa ada keluhan kesehatan dan perlu segera mendapat penanganan. Download aplikasi Halodoc di ponselmu sekarang, ya!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg

Referensi: 

16 Personalities. Diakses pada 2021. Assertive Entrepreneur (ESTP-A) vs. Turbulent Entrepreneur (ESTP-T).