• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

“Kepribadian manusia terbagi menjadi 16 tipe menurut MBTI, dan salah satunya adalah kepribadian INTP. Seseorang dengan kepribadian ini memiliki karakter yang khas dan terbagi menjadi dua tipe yang sedikit berbeda. Penting untuk mengetahui tentang perbedaan dari tipe INTP ini.”

Halodoc, Jakarta – Setiap orang ternyata memiliki tipe kepribadian yang berbeda-beda. Ada 16 tipe kepribadian yang dapat kamu ketahui, salah satunya adalah INTP (introverted, intuitive, thinking, perceiving). Seseorang dengan kepribadian ini disebut-sebut lebih sering menyendiri untuk memecahkan masalah yang ada di sekitarnya. Disebutkan jika Albert Einstein memiliki kepribadian ini.

Selain itu, INTP memiliki beberapa karakter umum dan terbagi menjadi dua tipe. Untuk lebih lengkapnya, baca ulasan berikut ini!

Baca juga: Serba-Serbi Tes Kepribadian MBTI yang Perlu Diketahui

Penjelasan dari Kepribadian INTP tentang Karakter dan Tipenya

INTP adalah salah satu kepribadian yang diklasifikasikan oleh psikolog asal Amerika, yaitu Katherine Briggs dan Isabel Myers. Total ada 16 kepribadian yang tercatat dalam Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

Seseorang yang memiliki kepribadian ini biasanya terkenal sebagai seseorang yang pendiam, memiliki wawasan luas, serta sering menganalisa sesuatu. Pemilik kepribadian INTP juga memiliki sifat yang percaya pada kebenaran, menyukai pengetahuan baru, dan erat dengan kompetensi. Kepribadian ini banyak dimiliki oleh orang-orang yang sukses dan terkenal.

Lalu, apa saja sih tipe dari INTP? Ternyata INTP terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. INTP-A

INTP-A

INTP-A adalah tipe kepribadian dari INTP yang asertif, atau bisa diartikan lebih percaya diri. Seseorang dengan jenis kepribadian ini terus berpikir tentang segala hal yang ada di sekitarnya. Tipe ini dikenal dengan neurotisisme yang rendah. Hal ini sebab seseorang dengan tipe kepribadian ini memiliki sifat berpikir secara introvert yang dominan dengan intuisi yang kuat.

2. INTP-T

INTP-T

Seseorang dengan tipe kepribadian INTP-T kerap dihubungkan dengan sifat ragu. Orang ini terus-menerus melihat dunia dari perspektif yang berbeda. Pemilik kepribadian ini memiliki neurotisisme yang tinggi dan terlihat perbedaannya dengan INTP-A. Selain itu, pemilik kepribadian ini juga memiliki sifat ekstrovert dan membandingkan pengalaman masa lalu dengan yang baru.

Baca juga: Jangan Berprasangka pada Si Introvert, Ini 4 Keistimewaannya

Jika kamu ingin tahu lebih jelas tentang kepribadian INTP dan langkah yang dapat diambil agar dapat menjadi lebih baik, psikolog dari Halodoc dapat memberikan saran yang paling tepat. Cukup download aplikasi Halodoc, segala interaksi dengan ahli medis bisa dilakukan hanya dengan penggunaan smartphone. Unduh aplikasinya sekarang juga!

Perbedaan Lainnya INTP-A dan INTP-T

Selain itu, kamu juga perlu tahu beda karakter dari tipe INTP ini. Nah, berikut adalah perbedaan lainnya yang berhubungan karakter pada kepribadian INTP-A dan INTP-T:

1. Konsistensi dan perubahan

Pada seseorang yang memiliki kepribadian INTP-A cenderung sering berubah arah sesuai dengan intuisi dan pikirannya. Orang ini jarang menjadi terpaku pada satu konsep sehingga mempertimbangkan semua kemungkinan. Bahkan, hal ini dapat menyebabkan obsesi impulsif yang timbul saat melihat sesuatu yang menarik dan ingin dicoba.

Lalu, pada seseorang dengan INTP-T, perubahan terjadi saat merasakan dorongan yang nyata dan untuk memperbaiki kekurangan yang dirasakan. Namun, seseorang ini mudah untuk dipengaruhi, terutama saat mendapatkan pengetahuan baru karena merasa pencariannya ini adalah sesuatu yang lebih baik.

2. Logika dan pengaruh orang lain

Untuk INTP-A, seseorang dengan pribadi ini jarang membiarkan orang lain memengaruhi pemikirannya. Kepribadian ini juga lebih kecil kemungkinannya untuk menyimpan dendam setelah bertengkar dengan orang lain. Pemilik INTP-A mungkin sering bertindak tanpa izin atau persetujuan orang lain karena merasa lebih mudah meminta maaf daripada meminta izin. Tentu saja, ini membuatnya dapat hidup secara mandiri dan lebih efisien. Orang dengan tipe ini cenderung menjaga kebugaran dirinya untuk tetap percaya diri dibarengi dengan penampilannya. Ia merasakan kebutuhan lebih besar untuk mengesankan orang lain.

Baca juga: 4 Tes Psikologi untuk Mengetahui Kepribadian Diri

Nah, itulah penjelasan tentang tipe dan karakter dari INTP. Jika kamu melakukan pemeriksaan kepribadian dan mendapati jika termasuk INTP, ada baiknya untuk mempelajari segala hal positif dan negatif untuk mengetahui termasuk INTP-A atau INTP-T. Dengan begitu, perbaikan pada diri dapat dilakukan sehingga keputusan yang diambil di masa depan lebih baik.

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
16 Personalities. Diakses pada 2021. Assertive Logician (INTP-A) vs. Turbulent Logician (INTP-T).
Personality Junkie. Diakses pada 2021. INTP-T vs. INTP-A Personality Type.