• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISFJ

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISFJ

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISFJ

“Memiliki kepanjangan introverted, sensing, feeling, judging, ISFJ menjadi salah satu tipe kepribadian yang paling banyak dimiliki. Diperkirakan, sekitar 9 hingga 14 persen populasi di seluruh dunia memiliki tipe kepribadian ini. Ciri khasnya adalah pendiam, tetapi sangat baik hati, dapat dipercaya, dan ramah.”

Halodoc, Jakarta – Menurut Myers-Briggs Type Indicator atau MBTI, ISFJ menjadi salah satu dari 16 tipe kepribadian yang kamu kenal hingga kini. Tipe kepribadian ini dikembangkan oleh Katharine Briggs dan Isabel Briggs Myers dengan mengadaptasi berbagai tipe kepribadian yang sebelumnya dicetuskan oleh Carl G. Jung. 

Adanya indikator ini tentu memudahkan seseorang untuk memahami tipe kepribadian, kekuatan, kelemahan, hingga berbagai pandangan masa depan, termasuk urusan karier. Jika diartikan atau dijelaskan lebih luas, ISFJ memiliki arti sebagai berikut: 

  • Introvert yang mengarah pada kecenderungan untuk menghabiskan waktu sendirian atau lebih menyukai kesendirian.
  • Sensation yang berarti orang-orang dengan kepribadian ini lebih suka dengan informasi yang mendetail dan nyata, dibandingkan dengan konsep, gambaran, atau ide semata.
  • Feeling yang berarti orang-orang ini akan membuat keputusan dengan berdasarkan emosi atau perasaan daripada informasi yang sifatnya objektif.
  • Judging yang berarti orang-orang ini lebih menyukai segala hal yang berdasarkan peraturan atau telah diatur dan direncanakan, bukan hal yang sifatnya fleksibel atau spontan. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

Tipe Kepribadian ISFJ, Apa Saja?

Kepribadian ISFJ memang memiliki sifat sensitif. Mereka yang memiliki kepribadian ini cenderung mampu melihat ketika terjadi sesuatu yang salah pada seseorang, dan inilah asal mula sifat peduli mereka muncul. Namun, ternyata ada perbedaan yang bisa dikatakan samar antara dua kepribadian ini, yaitu tipe asertif dan turbulen. 

  • Kepribadian ISFJ Turbulen
Kepribadian ISFJ Turbulen

Meski kedua tipe kepribadian ISFJ memiliki ketelitian yang tinggi, nyatanya tipe turbulen lebih berorientasi pada detail dibandingkan dengan asertif. Tipe ini bisa menemukan masalah jauh lebih cepat. Sayangnya, tentu ada sisi berkebalikan dengan apa yang menjadi keunggulannya. 

Kemampuan ini membuat tipe ISFJ turbulen lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengkhawatirkan berbagai hal yang tidak bisa mereka kendalikan. Hal ini, tentu saja, bisa memicu munculnya rasa sedih, frustrasi, dan kecewa. Secara sederhananya, tipe turbulen sering merasa apa yang mereka lakukan masih belum cukup. Mereka sangat mudah menemukan kesalahan pada diri sendiri, dan sering kali berujung pada menyalahkan diri sendiri. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENTP

  • Kepribadian ISFJ Asertif
Kepribadian ISFJ Asertif

Tidak jauh berbeda dengan tipe turbulen, mereka yang masuk dalam kategori ISFJ asertif pun cenderung sensitif. Namun, perbedaannya, tipe asertif bisa lebih cepat merelakan sesuatu hal yang menurut mereka tidak mampu dikendalikan atau berada di luar kuasa diri mereka sendiri. 

Tidak hanya itu, asertif juga lebih mampu menyeimbangkan sudut pandang mereka tentang berbagai hal negatif dengan pemikiran lainnya yang lebih positif tentang keadaan. Ini membuat mereka lebih berfokus pada sisi baiknya. 

Sekali lagi, semuanya tentu memiliki sisi positif dan negatif, lebih dan kurangnya. Jika disimpulkan, tipe asertif cenderung lebih bahagia, daripada turbulen karena mampu melepaskan semua hal yang tidak bisa mereka kendalikan. Ini akan membuat asertif tidak sering mengalami stres, frustrasi, dan cemas, tidak seperti turbulen. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INFP

Meski begitu, bukan berarti tipe turbulen menjadi bagian yang tidak baik. Kewaspadaan mereka yang begitu tinggi membuat para turbulen bisa menemukan solusi atas suatu masalah yang lebih baik lagi, dan biasanya cenderung berhasil. Jadi, tidak perlu berkecil hati jika kamu termasuk dalam pribadi dengan kepribadian ISFJ turbulen. 

Tetap lakukan yang terbaik untuk dirimu sendiri, dan pastikan kamu melakukan hal yang sama untuk meringankan beban dan masalah orang lain. Jangan lupa, pastikan kesehatanmu juga terjaga. Download aplikasi Halodoc, jadi kapan saja kamu punya keluhan kesehatan, kamu langsung bisa tanya jawab dengan dokter melalui aplikasi tersebut. 

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi: 

16Personalities. Diakses pada 2021. Defender Personality.

Verywell Fit. Diakses pada 2021. ISFJ: The Protector (Introverted, Sensing, Feeling, Judging).