• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISTJ

Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISTJ

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ISTJ

“Tentunya sah saja jika kamu ingin lebih mengenal diri kamu sendiri dengan melakukan tes kepribadian. Pada tes MBTI kamu dapat mengenal berbagai karakter, salah satunya adalah ISTJ. Secara keseluruhan ISTJ merupakan tipe yang menyukai kesederhanaan, tenang, dan dapat diandalkan.”

Halodoc, Jakarta – ISTJ adalah salah satu tipe yang mewakili 16 karakter yang ditemukan dalam tes kepribadian Myers Brigg Type Indicator. ISTJ merupakan kepanjangan dari Introversion, Sensing, Thinking, dan Judging.

Umumnya, seseorang dengan tipe kepribadian ISTJ merupakan pribadi yang bertanggung jawab. Tidak hanya itu, mereka juga menyukai hal-hal sederhana dan dapat diandalkan. Tipe kepribadian ini juga dikenal sebagai pribadi yang tenang, disiplin, dan menghargai orang lain.

Baca juga: Mengenal Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENTP

Ada dua jenis karakter dari tipe kepribadian ISTJ. Tidak ada salahnya kenali lebih banyak mengenai kedua karakter tipe ini!

  1. Turbulent Logisticians atau ISTJ-T
ISTJ-T

Biasanya, seseorang dengan tipe turbulent logisticians akan berjuang untuk mendapatkan posisi yang aman dan menjamin keselamatannya dalam hidup. Hal ini juga berkaitan langsung dengan sifatnya yang perfeksionis.

Mereka jarang merasa puas dan terus berjuang untuk mencapai apa yang mereka inginkan.

Tipe kepribadian ISTJ-T menyukai kehidupan yang terencana, tetapi mereka kerap meragukan rencana yang dibuat. Kondisi ini membuat mereka tidak mudah mencapai keinginan yang mereka harapkan.

Turbulent logisticians sangat peduli terhadap citra dirinya sendiri terhadap lingkungan sekitarnya. Seseorang dengan kepribadian ISTJ-T juga lebih menghargai suatu hubungan sehingga kerap mempertahankan hubungan yang sedang dijalankan.

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian INTP

  1. Assertive Logisticians atau ISTJ-A
ISTJ-A

Rasa puas menjadi salah satu sifat dari assertive logisticians yang cukup terlihat. Mereka memiliki nilai kenyamanan lebih tinggi dibandingkan turbulent logisticians.

Selain itu, tipe assertive logisticians lebih mengenal dirinya sendiri sehingga tahu apa yang mereka inginkan. 

Serupa dengan turbulent logisticians, assertive logisticians juga memiliki kehidupan yang terencana. Namun, assertive logisticians lebih yakin terhadap rencana yang mereka buat sehingga dapat mencapai tujuan dengan lebih mudah. Hal ini disebabkan assertive logisticians yakin bahwa harapan mereka akan sejalan dengan keinginan.

Assertive logisticians cenderung kurang tertarik terhadap pendapat orang lain. Mereka akan fokus mengejar hal-hal yang sesuai dengan pendapat dan keinginan mereka saja. 

Baca juga: Mengenali Karakter dan Tipe dari Kepribadian ENTJ

Itulah perbedaan mengenai karakter dari tipe kepribadian ISTJ. Kamu bisa melakukan tes MBTI secara gratis dan daring pada beberapa website. 

Kamu bisa memastikan hasil yang didapat pada psikolog di rumah sakit terdekat dengan membuat janji menggunakan aplikasi Halodoc. Hal ini disebabkan hasil bisa berbeda pada tiap individu yang melakukan tes MBTI. Hasil akan disesuaikan dengan jawaban-jawaban pada tiap pertanyaan yang diberikan saat melakukan tes MBTI. 

Yuk, download Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play untuk melakukan konsultasi langsung pada psikolog terpercaya!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg
Referensi:
16 Personalities. Diakses pada 2021. Assertive Logistician (ISTJ-A) vs. Turbulent Logistician (ISTJ-T).
Very Well Mind. Diakses pada 2021. ISTJ: The Inspector (Introverted, Sensing, Thinking, Judging).