• Home
  • /
  • Menggunakan Toilet Kotor Bisa Memicu ISK, Masa Sih?

Menggunakan Toilet Kotor Bisa Memicu ISK, Masa Sih?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Menggunakan Toilet Kotor Bisa Memicu ISK, Masa Sih?

Halodoc, Jakarta - Pernah mengalami nyeri saat buang air kecil atau sulit menahan pipis? Hmm, barangkali kondisi tersebut menandakan adanya infeksi saluran kemih (ISK). Jangan main-main dengan kondisi ini. Sebab, ISK bisa memicu komplikasi seperti sepsi, bahkan kelahiran prematur bila dialami oleh wanita hamil. Tuh, seram kan? 

Infeksi salurah kemih  merupakan kondisi ketika organ yang masuk dalam sistem kemih mengalami infeksi. Organ-organ yang dimaksud mulai dari ginjal ureter, kandung kemih, dan uretra. Infeksi saluran kemih biasanya lebih sering menyerang dua area, yaitu kandung kemih dan uretra.

Lantas, apa sih penyebab infeksi ini? Benarkah toilet kotor bisa memicu ISK? 

Baca juga: Langsung Tidur Setelah Hubungan Intim Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih?

Berubahnya Warna hingga Nyeri Panggul

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, ada baiknya untuk berkenalan terlebih dahulu dengan gejalanya. Pengidap infeksi saluran kemih tak hanya merasakan satu-dua gejala. Sebab, masalah kesehatan ini bisa menimbulkan berbagai gejala, contohnya: 

  • Warna urine keruh.

  • Nyeri saat buang air kecil.

  • Setelah buang air kecil, kandung kemih masih terasa penuh.

  • Urine mengeluarkan bau yang menyengat.

  • Frekuensi buang air kecil meningkat, tetapi jumlah urine yang keluar hanya sedikit-sedikit.

  • Tidak bisa menahan rasa ingin buang air kecil.

  • Perut bagian bawah juga terasa nyeri.

  • Pada wanita, nyeri terasa pada bagian panggul, sedangkan pada pria, nyeri terasa di bagian rektum.

Baca juga: Langsung Tidur Setelah Hubungan Intim Bisa Sebabkan Infeksi Saluran Kemih?

Sedangkan jenis infeksi saluran kemih atas menimbulkan gejala-gejala sebagai berikut:

  • Demam.

  • Mual dan muntah.

  • Meriang atau tubuh terasa dingin dan menggigil.

  • Diare.

Nah, andaikan mengalami gejala-gejala infeksi saluran kemih di atas, segeralah temui dokter. Tujuannya untuk mendapatkan penanganan dan saran medis yang tepat. Kamu juga bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. 

Kembali ke tajuk utama, benarkah toilet yang kotor bisa memicu infeksi saluran kemih? 

Bukan Kebersihan Toilet, tapi Cara Membasuhnya

Untuk menjawab pertanyaan di atas, sebelumnya kita perlu memahami penyebab ISK. Dalam kebanyakan kasus, infeksi saluran kemih terjadi karena infeksi bakteri Escherichia coli (E.coli) di saluran kemih. Bakteri ini sebenarnya ada di saluran pencernaan, tetapi juga bisa masuk ke saluran kemih dan menyebabkan infeksi. 

Lalu, benarkah toilet kotor bisa memicu ISK? Sebenarnya kondisi itu hanyalah mitos belaka. ISK merupakan peradangan pada mukosa saluran kemih akibat mikroorganisme seperti bakteri E.coli. Selain itu, penularan ISK juga sering berasal dari pengidapnya sendiri. Lho, kok bisa? 

Bakteri E.coli ini bisa menyebar ke anus dan daerah perineum (antara saluran kencing dan anus). Nah, nantinya bakteri ini bisa ke uretra, saluran kemih paling luar. Dalam beberapa kondisi, bakteri ini bisa naik ke bagian saluran kemih yang lain. 

Nah, berpindahnya bakteri ini ke dalam saluran kemih bisa dikarenakan cara membasuh vagina atau anus yang keliru. Setelah buang air besar, contohnya. Jangan membasuh dari belakang, sebab air yang menyiram daerah anus dari belakang bisa mengenai bagian depan atau saluran kencing. Imbasnya bakteri-bakteri dari anus bisa masuk ke dalam vagina. 

Tak hanya itu, tisu toilet atau tangan yang digunakan membasuh anus, bisa saja secara tak sengaja menyentuh lubang kencing. Alhasil, bakteri bisa masuk ke saluran kemih. 

Oleh sebab itu, basuhlah anus dari arah depan ke belakang. Begitu pula ketika membasuh vagina sehabis berkemih. Basuhlah dari arah depan ke belakang (dari arah vagina ke anus). 

Ingat, ISK ini lebih umum terjadi pada wanita ketimbang laki-laki. Alasannya, saluran urine (uretra) wanita lebih pendek dibandingkan dengan pria. Alhasil, bakteri di sekitar anus gampang masuk ke dalam kandung kemih. 

Mau tahu lebih jauh mengenai masalah infeksi saluran kemih? Atau memiliki keluhan kesehatan lainnya? Kamu bisa kok bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc. Lewat fitur Chat dan Voice/Video Call, kamu bisa mengobrol dengan dokter ahli kapan dan di mana saja tanpa perlu ke luar rumah. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play!

Referensi:
NHS Choices UK. Diakses pada 2020. Urinary Tract Infections (UTIs).  
Mayo Clinic. Diakses pada 2020. Diseases and Conditions. Urinary Tract Infection (UTI).  
Healthline. Diakses pada 2020. Everything You Need to Know About Urinary Tract Infection