Mengidap Agoraphobia? Begini Cara Mengatasinya

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Mengidap Agoraphobia? Begini Cara Mengatasinya

Halodoc, Jakarta - Agoraphobia adalah sebuah gangguan kecemasan yang menyebabkan seseorang merasakan takut. Kondisi ini juga membuat pengidapnya menghindari tempat atau situasi yang dapat menimbulkan rasa panik dan membuat tidak berdaya atau malu. Orang tersebut takut terhadap situasi tertentu, seperti menggunakan transportasi umum, berada di ruang terbuka atau tertutup, berdiri dalam antrian, serta harus berbicara di depan orang banyak.

Perasaan cemas tersebut disebabkan oleh rasa takut apabila tidak menemukan cara mudah untuk melarikan diri atau mendapatkan bantuan jika rasa cemas meningkat. Kebanyakan orang yang mengidap agoraphobia akan menjadi lebih parah setelah mengalami satu atau lebih serangan panik. Akibatnya, pengidap akan merasa khawatir mengalami serangan lain dan menghindari tempat-tempat yang mempunyai kemungkinan hal tersebut terjadi lagi.

Orang yang mengidap agoraphobia sering mengalami kesulitan untuk merasa aman di tempat umum, terutama apabila terdapat banyak orang berkumpul. Pengidap mungkin merasa butuh untuk ditemani, seperti dengan saudara atau teman, untuk pergi bersama ke tempat-tempat umum. Rasa takut yang terjadi dapat sangat parah, sehingga orang tersebut mungkin merasa tidak bisa meninggalkan rumah.

Perawatan dari gangguan agoraphobia bisa jadi suatu hal yang menantang. Dengan kata lain, kamu harus melawan rasa takut tersebut. Namun, kamu harus melawannya dengan bantuan psikoterapi dan obat-obatan. Dengan begitu, kamu dapat keluar dari perasaan cemas tersebut dan menjalani kehidupan yang lebih menyenangkan.

Baca Juga: Kenali 3 Jenis Gejala Agoraphobia

Cara Mengatasi Agoraphobia

Seseorang yang mengidap agoraphobia akan merasa takut untuk meninggalkan rumah dan kemungkinan besar mempunyai perasaan kesepian dan terisolasi. Walau begitu, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi perasaan cemas yang terjadi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan agoraphobia:

1. Mencari Bantuan Profesional

Agoraphobia adalah kondisi yang dapat diobati. Terdapat banyak spesialis kesehatan mental yang dapat membantu kamu untuk meninjau gejala yang terjadi, mendiagnosis kondisi terkini, dan mengembangkan rencana perawatan. Ahli medis tersebut akan siap untuk menyediakan rencana pemulihan yang aman dan efektif.

Agoraphobia umumnya dapat berkembang pada tahun pertama ketika seseorang mulai mengalami serangan panik yang persisten dan tak terduga. Karena itu, penting untuk mencari bantuan profesional segera setelah gejala muncul. Seseorang dengan agoraphobia jangka panjang dapat memiliki hasil positif dan terlihat peningkatan dengan bantuan profesional.

2. Mempelajari Teknik Relaksasi

Teknik relaksasi adalah sebuah strategi yang dapat membantu untuk meringankan perasaan cemas. Teknik-teknik tersebut dapat membantu meredakan ketegangan di seluruh tubuh dan merilekskan rasa gugup yang timbul. Hal tersebut dapat dipelajari dengan mudah di rumah sendiri. Mulailah mempraktikkan cara ini untuk mengelola serangan panik, mengurangi pikiran negatif, dan memperoleh efek relaksasi pada tubuh.

Baca Juga: Penyebab dari Agoraphobia yang Perlu Diketahui

3. Kurangi Perasaan Stres yang Timbul

Stres dapat menjadi sumber kecemasan yang utama. Stres telah diketahui dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan fisik dan mental. Selain itu, terlalu banyak perasaan stres dapat berpotensi memicu beberapa gejala dari agoraphobia. Untuk mengurangi gejala panik dan kecemasan yang dapat terjadi, coba pelajari beberapa teknik untuk mengontrol perasaan stres.

4. Mengonsumsi Obat

Salah satu obat yang dapat dikonsumsi untuk mengatasi agoraphobia yang terjadi adalah obat antidepresan. Beberapa tipe antidepresan sering digunakan untuk menyembuhkan rasa cemas pada seseorang, tetapi obat anti-cemas tersebut mempunyai batas tertentu. Selain itu, anti depresan jauh lebih efektif dibandingkan dengan pengobatan anti-cemas yang dilakukan untuk mengobati agoraphobia.

Baca Juga: Hati-Hati Kena Agoraphobia

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi agoraphobia. Jika kamu mempunyai pertanyaan perihal gangguan cemas, dokter dari Halodoc siap membantu. Caranya mudah, yaitu dengan download aplikasi Halodoc di smartphone kamu!