• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Mengidap ISK, Lakukan Langkah Pengobatan Ini

Mengidap ISK, Lakukan Langkah Pengobatan Ini

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Apakah kamu kerap merasakan kram di perut bagian bawah dan juga mengeluarkan bau tidak sedap setiap buang air kecil? Jika kamu merasakan hal tersebut, mungkin saja kamu mengidap infeksi saluran kemih (ISK). Gangguan ini disebabkan oleh bakteri yang berkembang di saluran kencing dan lebih umum terjadi pada wanita.

Infeksi saluran kemih yang terjadi dapat membuat kamu selalu ingin untuk buang air kecil dan tiap melakukannya akan terasa seperti terbakar. Maka dari itu, penting untuk mengobati penyakit ini agar dapat menghindari beberapa komplikasi yang berbahaya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai pengobatan dari infeksi saluran kemih!

Baca juga: Cara Mengobati Infeksi Saluran Kemih Sampai Tuntas

Pengobatan untuk Atasi Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit yang sangat berhubungan dengan wanita. Disebutkan apabila separuh dari seluruh wanita pernah mengidap penyakit ini. Gangguan ini disebabkan oleh uretra yang lebih pendek dibandingkan pria, sehingga bakteri dapat lebih mudah untuk masuk ke kandung kemih dan menyebabkan infeksi di area tersebut.

Wanita yang terbilang aktif secara seksual juga lebih berisiko untuk mengidap penyakit ini. Terlebih lagi jika kerap berganti-ganti pasangan, sehingga peningkatan risiko akan terjadi. Maka dari itu, penting untuk mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai pengobatan infeksi saluran kemih. Berikut beberapa pengobatan yang dapat diterapkan:

  1. Perbanyak Konsumsi Cairan

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk pengobatan infeksi saluran kemih adalah dengan memperbanyak konsumsi cairan. Seseorang yang kerap mengalami dehidrasi berisiko lebih tinggi mengalami penyakit pada area kelamin tersebut. Selain itu, seseorang yang buang air kecil secara teratur dapat membantu tubuh untuk membersihkan bakteri dari saluran kemih agar infeksi tidak terjadi.

Baca juga: Penyebab Infeksi Saluran Kemih yang Perlu Kamu Tahu dan Waspadai

  1. Meningkatkan Asupan Vitamin C

Pengobatan infeksi saluran kemih selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan asupan vitamin C pada tubuh. Disebutkan vitamin C dapat membantu tubuh untuk terlindungi dari infeksi yang terjadi pada saluran kencing seseorang. Kandungan tersebut ternyata dapat meningkatkan keasaman urine, sehingga mampu membunuh bakteri penyebab infeksi.

Jika kamu mempunyai pertanyaan terkait gangguan infeksi saluran kemih, dokter dari Halodoc siap membantu untuk menjawabnya. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

  1. Mengonsumsi Probiotik

Probiotik adalah mikroorganisme yang bermanfaat pada tubuh yang masuk melalui makanan atau suplemen. Hal ini juga dapat meningkatkan keseimbangan bakteri di dalam usus. Kamu dapat mengonsumsi makanan seperti kefir, kimchi, dan yoghurt probiotik untuk mendapatkan asupan bakteri tersebut. Manfaat lainnya dari probiotik pada tubuh adalah meningkatkan kesehatan pencernaan dan kekebalan tubuh.

  1. Melakukan Kebiasaan Sehat

Cara lainnya untuk mencegah terjadinya infeksi saluran kemih adalah dengan menjaga kebiasaan untuk tetap higienis. Selain itu, kamu juga harus menghindari menahan buang air kecil terlalu lama. Karena, hal tersebut dapat menyebabkan penumpukan bakteri, sehingga menimbulkan terjadinya infeksi. Dengan buang air kecil setelah berhubungan seksual juga dapat mengurangi risiko terjadi infeksi saluran kemih.

Baca juga: Ini Bedanya Infeksi Saluran Kemih dan Batu Kandung Kemih

  1. Membersihkan dari Depan ke Belakang

Kebanyakan kasus dari ISK terjadi karena bakteri yang terdapat pada dubur berpindah ke uretra, yang merupakan saluran kencing. Setelah bakteri tersebut berada di uretra, infeksi mungkin saja terjadi. Maka dari itu, sebagai cara pengobatan dari infeksi saluran kemih, cobalah untuk membersihkan alat kelamin ke arah dubur agar bakteri tidak masuk ke uretra.

Setelah mengetahui beberapa cara yang dapat dilakukan sebagai pengobatan infeksi saluran kemih, diharapkan agar kamu lebih cepat untuk sembuh setelah mengaplikasikan hal tersebut. Dengan begitu, rasa sakit yang timbul dan gangguan lainnya terkait kelamin dapat diatasi dengan segera.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 6 Home Remedies for Urinary Tract Infections.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Seven ways to treat a UTI without antibiotics.