Mengidap Radang Tenggorokan, Hindari 3 Jenis Makanan Ini

Mengidap Radang Tenggorokan, Hindari 3 Jenis Makanan Ini

Halodoc, Jakarta - Perubahan cuaca yang tak menentu, kadang panas kadang hujan, membuat daya tahan tubuh menjadi mudah menurun dan tubuh pun menjadi rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang cukup umum dialami adalah radang tenggorokan. Penyakit ini umumnya terjadi karena adanya infeksi bakteri pada saluran pernapasan bagian atas.

Seperti namanya, gejala utama dari radang tenggorokan adalah rasa sakit ketika menelan. Namun, gejala ini biasanya juga disertai dengan beberapa gejala lain seperti sakit kepala, demam ringan, batuk, nyeri otot, dan perubahan warna tonsil (amandel) menjadi merah.

Baca juga: Ketahui 3 Infeksi Penyebab Radang Tenggorokan

Selain mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter, pengidap radang tenggorokan perlu memperhatikan asupan makanan selama proses penyembuhan. Terutama jenis-jenis makanan apa saja yang wajib dihindari. Sebab jika tetap mengonsumsinya, penyembuhan radang tenggorokan bisa menjadi sangat lama, bahkan malah jadi tambah parah.

Lalu, makanan apa saja sih yang menjadi pantangan bagi pengidap radang tenggorokan? Berikut beberapa di antaranya:

1. Makanan Pedas

Kamu gemar menyantap makanan pedas? Kalau sedang radang tenggorokan sebaiknya tinggalkan dahulu kegemaranmu ini, deh. Sebab makanan pedas, seperti cabai, pala, cengkeh, dan lada dapat memperparah radang tenggorokan dan memicu rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

2. Makanan Asam

Makanan asam memang sangat menyegarkan, apalagi disantap siang hari saat sedang panas-panasnya. Namun, jika kamu sedang mengalami radang tenggorokan, sebaiknya hindari makanan-makanan asam dulu, ya. Sebab makanan asam seperti acar, buah jeruk, lemon, atau permen asam bisa membuat tenggorokan terasa lebih gatal dan sakit.

3. Makanan Kering

Tidak hanya membuat tenggorokan semakin sakit, makanan kering juga biasanya lebih sulit ditelan. Hindari memakan kacang-kacangan, biskuit dan makanan kemasan lainnya. Ada baiknya kamu mengonsumsi makanan yang lembut dan mengandung air agar lebih mudah tertelan dan tidak menimbulkan rasa nyeri.

Baca juga: Minum Es dan Makan Gorengan Bisa Bikin Radang Tenggorokan?

Beberapa Makanan yang Disarankan

Jika tadi telah dijabarkan makanan apa saja yang sebaiknya dihindari, berikut ada beberapa makanan yang baik dan disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang mengalami radang tenggorokan.

1. Pisang

Buah ini memiliki tekstur yang lembut sehingga sangat mudah ditelan, termasuk bagi orang yang sedang radang tenggorokan. Kandungan vitamin B6, kalium dan vitamin C yang terdapat di dalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan.

2. Sup Ayam

Kandungan nutrisi pada sup ayam memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu membersihkan saluran napas, sehingga dapat mengurangi gejala sakit tenggorokan.

3. Telur

Telur adalah sumber protein yang baik. Protein yang terkandung di dalam telur akan membantu menangani peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan.

4. Jus Delima

Buah berwarna merah ini dapat mencegah infeksi dan mengurangi peradangan yang terjadi di tenggorokan. Agar lebih mudah menelannya, olah delima menjadi jus.

Baca juga: Inilah Cara Mengatasi Radang Tenggorokan

5. Jahe

Jahe dapat dikonsumsi dalam berbagai bentuk, termasuk teh dan bubuk. Selain mencegah mual dan mengatasi banyak penyakit lainnya, jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan sakit tenggorokan dengan mengurangi pembengkakan dan rasa sakit.

6. Sayuran yang Dimasak dengan Baik

Wortel, kol, kentang, dan sayuran lainnya dapat membantu pengidap radang tenggorokan, asalkan dimasak dengan baik atau sampai lunak.

Itulah sedikit penjelasan tentang makanan yang perlu dihindari dan yang disarankan untuk pengidap radang tenggorokan. Jika radang tenggorokan tak kunjung sembuh, segera periksakan diri ke dokter di rumah sakit pilihan kamu. Untuk melakukan pemeriksaan, kini kamu bisa langsung buat janji dengan dokter di rumah sakit melalui aplikasi Halodoc, lho. Tunggu apa lagi? Yuk download aplikasinya sekarang!