06 March 2019

Mengidap Tinea Cruris, Ini 3 Cara untuk Mengobatinya

Mengidap Tinea Cruris, Ini 3 Cara untuk Mengobatinya

Halodoc, Jakarta – Tinea cruris adalah infeksi jamur yang menyebabkan ruam merah di bagian paha dalam, area kelamin, dan bokong. Ruamnya berbentuk lingkaran dan terasa gatal. Meski bisa terjadi pada siapa saja, tinea cruris banyak diidap oleh orang yang sering berkeringat (seperti atlet), serta pengidap diabetes dan obesitas. Rasa gatal yang timbul tidak boleh dianggap sepele karena bisa mengganggu aktivitas dan menimbulkan ketidaknyamanan.

Baca Juga: Sering Mengeluarkan Keringat? Waspada Tinea Cruris

Apabila muncul ruam merah di kulit dan terasa gatal, jangan ragu berbicara pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya. Pada kasus tinea cruris, diagnosis dilakukan dengan menanyakan riwayat penyakit, mengamati gejala, dan mengambil sampel area yang terinfeksi.

Begini Cara Mengobati Tinea Cruris

Tinea cruris bukan penyakit serius dan bisa sembuh dengan penanganan yang tepat. Kamu bisa mengobati ruam merah akibat tinea cruris dengan konsumsi obat atau perawatan mandiri di rumah. Ini beberapa cara mengobati tinea cruris.

1. Gunakan Krim Anti Jamur

Tinea cruris yang tergolong ringan bisa diatasi dengan obat anti jamur non-resep berbentuk krim, salep, atau bedak. Sebaiknya gunakan krim anti jamur yang diresepkan dokter biar hasil pengobatan maksimal dan mencegah komplikasi yang tidak diinginkan. Gunakan krim anti jamur selama tujuh hari hingga area infeksi membaik.

2. Konsumsi Obat

Selain krim anti jamur, dokter meresepkan obat untuk infeksi tinea cruris yang lebih serius dan berkepanjangan. Pastikan obat dikonsumsi sesuai anjuran dokter agar penyakit tidak kambuh. Efek samping yang perlu diwaspadai adalah perubahan fungsi hati sehingga dokter menganjurkan tes fungsi hati.

3. Perawatan Mandiri

Perawatan mandiri perlu dilakukan untuk membantu proses penyembuhan. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah menjaga kondisi tubuh tetap bersih (setidaknya mandi dua kali sehari), hindari menggaruk area tubuh yang terinfeksi jamur, hindari berbagi barang pribadi dengan orang lain (terutama pengidap infeksi jamur kulit), serta ganti pakaian yang sudah kotor dan penuh keringat. Usahakan selalu mengenakan pakaian dengan bahan menyerap keringat agar kondisi tubuh tetap kering dan bersih.

Baca Juga: Jauh-Jauh dari Tinea Cruris, Ikut Healthy Lifestyle Ini

Tinea Cruris Bisa Dicegah

Pencegahan tinea cruris mirip dengan perawatan mandiri yang sudah dianjurkan, yakni berfokus pada upaya menjaga kebersihan diri. Hal yang perlu dipastikan adalah memastikan kondisi tubuh tetap dalam keadaan bersih dan kering.

Caranya dengan segera mandi dan ganti pakaian saat tubuh berkeringat, hindari berbagi pakai peralatan pribadi (seperti handuk atau pakaian), cuci bersih pakaian kotor sebelum digunakan kembali, ganti celana dalam setidaknya satu kali sehari, serta gunakan pakaian yang nyaman dan berbahan menyerap keringat.

Baca Juga: Cara Ampuh Menangani Tinea Cruris di Rumah

Itulah cara mengobati tinea cruris yang bisa dicoba. Kalau cara di atas belum ampuh mengatasi tinea cruris yang kamu idap, tanya dokter Halodoc tentang cara penanganan yang tepat lainnya. Kamu bisa menggunakan fitur Contact Doctor yang ada di aplikasi Halodoc untuk bertanya pada dokter kapan saja dan di mana saja via Chat, dan Voice/Video Call. Yuk, segera download aplikasi Halodoc di App Store atau Google Play!