• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menjalani Musim Liburan Sendirian, Coba Tips Ini

Menjalani Musim Liburan Sendirian, Coba Tips Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Menjalani Musim Liburan Sendirian, Coba Tips Ini

Halodoc, Jakarta - Di masa pandemi saat ini membuat banyak orang sulit untuk menghabiskan waktu di tempat yang ramai orang. Padahal dengan berlibur, kamu dapat menghilangkan rasa jenuh dan stres yang timbul akibat tekanan bekerja karena kerap beraktivitas di rumah. Hal ini bagai buah simalakama yang jika tidak dilakukan salah, tetapi jika dijalani juga tidak benar.

Meski begitu, kamu tetap dapat melakukan liburan sendiri agar tingkat stres yang dirasakan jauh berkurang. Namun, kewaspadaan dan komitmen untuk menerapkan semua protokol kesehatan sangat penting dilakukan. Nah, ada beberapa tips yang dapat kamu lakukan jika ingin berlibur sendirian dan tetap terhindar dari COVID-19. Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga: Cuma Butuh 20 Menit untuk Sehat Saat Liburan

Tips untuk Berlibur Sendiri di Tengah Pandemi

Memang, pandemi COVID-19 ini membuat banyak negara mengalami pergolakan yang kuat dari segala bidang kehidupan. Perjalanan ke suatu tempat yang biasanya ramai dikunjungi orang juga menurun drastis. Selain itu, kamu juga harus liburan secara terpisah dengan keluarga pada momen-momen besar yang biasanya dihabiskan bersama. Maka dari itu, jika ingin liburan ada baiknya sendiri saja.

Selain itu, liburan juga tidak mesti menghabiskan waktu di luar rumah. Kamu juga dapat melakukan segala hal yang disukai dengan tetap berada di rumah. Hal yang terpenting adalah melupakan segala beban yang dapat menambah perasaan stres selama ini, salah satunya adalah pekerjaan. Untuk itu, kamu bisa lakukan tips liburan sendiri di tengah pandemi berikut ini:

1. Ketahui Keadaan yang Memengaruhi Perasaan Tertentu

Banyak perasaan yang timbul di tengah pandemi ini, seperti kesepian, frustasi, hingga sedih. Hal ini adalah respons yang wajar karena selama ini terkurung sendirian di rumah yang berbeda dari hari-hari sebelumnya. Untuk mengatasi perasaan itu atau jika merasa emosi tersebut menghambat produktivitas, kamu bisa mencoba terapis atau kelas kebugaran emosional secara online. Sesi melalui media online diharapkan dapat membawa banyak perubahan baik.

Baca juga: Bakar Lemak Sambil Liburan, Coba Aktivitas Ini

2. Manfaatkan Peluang yang Ada

Semua hubungan yang terjadi antar manusia di masa pandemi ini sangat berbeda hingga momen ini berakhir. Ada baiknya kamu menerima kenyataan ini, menyesuaikan ekspektasi, dan mencari tahu cara memanfaatkan waktu untuk membuat diri lebih baik. Pada liburan sendiri kali ini, kamu dapat mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan atau mengambil kelas online untuk meningkatkan keahlian dan keterampilan yang ada.

3. Lebih Mengenali Diri Sendiri

Untuk membuat koneksi dengan orang lain, kamu perlu menumbuhkan hubungan erat dengan diri sendiri. Dengan menghabiskan waktu sendirian lebih banyak daripada biasanya, maka fondasi tersebut akan lebih kuat. Salah satu pendekatannya adalah dengan rasa welas asih. Arti dari welas asih adalah bersikap baik pada diri sendiri, meningkatkan rasa kemanusiaan, dan mempraktikan perhatian pada diri sendiri. Hal ini dipercaya dapat menurunkan rasa cemas dan meningkatkan kesejahteraan secara psikologis.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengisi waktu luang saat liburan sendiri tanpa perlu ke luar dari rumah. Diharapkan semua kegiatan ini dapat membuat kamu menjadi orang yang lebih baik dan menghilangkan segala perasaan atau emosi yang selama ini menurunkan tingkat produktivitas.

Baca juga: Ini 5 Alasan Pentingnya Liburan Bagi Kesehatan

Kamu juga dapat bertanya pada psikolog dari Halodoc terkait cara menghabiskan waktu liburan sendiri agar membuat diri menjadi lebih baik. Caranya hanya dengan download aplikasi Halodoc, kamu bisa mendapatkan jawaban-jawaban langsung dari ahli medis profesional di rumah saja tanpa perlu melakukan tatap muka!

Referensi:
Psychology Today. Diakses pada 2020. 7 Tips for Spending the Holidays Alone.