Menjelang Natal, Lakukan 6 Perawatan Wajah Ini

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Menjelang Natal, Lakukan 6 Perawatan Wajah Ini

Halodoc, Jakarta - Apakah jadwal kamu berkumpul dengan keluarga dan teman-teman di Hari Raya Natal sudah tersusun dengan baik? Jangan lupa persiapkan diri dengan penampilan yang cantik, baik dari pakaian hingga riasan wajah. Supaya penampilan semakin maksimal, ada baiknya kamu juga melakukan perawatan wajah

Ngomong-ngomong soal perawatan wajah, tidak melulu tentang perawatan ke salon. Hal dasar yang harus kamu perhatikan untuk dilakukan adalah tidur yang cukup. Tidur yang cukup menjelang Natal akan membuat kulit wajah terlihat segar dan sehat. Dengan tidur yang cukup juga akan membantu regenerasi kulit wajah, apalagi jika tidurmu cukup dan nyenyak. Selain itu, hindari juga begadang menjelang hari Natal.

Baca juga: Perlu Dilakukan Sesuai Umur, Ini 6 Perawatan Kecantikan untuk Remaja

Nah, setelah kamu dapat memastikan tidur yang cukup, barulah lakukan beberapa perawatan wajah ini supaya kulit wajah sehat dan cantik maksimal!

1. Hidrasi Kulit dengan Baik

Ini mungkin perawatan yang paling sering disarankan. Namun, ada alasan mengapa ini adalah saran yang penting. Minumlah air putih yang cukup. Ginjal dan kulit kamu akan sangat membutuhkannya. Ketika racun menumpuk, nutrisi penting dalam tubuh akan terkalahkan. 

Kulit adalah organ terbesar dalam tubuh kamu, maka itulah air sangat penting. Air dapat mengantarkan nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan kulit. Tanpa hidrasi yang cukup, kulit akan tampak kusam. 

2. Bersihkan Secara Teratur

Kunci kulit yang bercahaya adalah membersihkan kulit dari kotoran, minyak, dan partikel polusi yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan kusam. Cuci wajah kamu setiap pagi dan malam dengan sedikit memijat pembersih ke wajah dengan jari-jari dalam gerakan melingkar. 

3. Eksfoliasi Kulit

Salah satu cara terbaik untuk mencerahkan kulit dan meningkatkan kesehatannya dalam jangka panjang yaitu dengan eksfoliasi kulit. Proses menghilangkan lapisan luar sel-sel kulit mati ini membuat permukaan kulit lebih halus dan cerah. Gunakan eksfoliasi seperti scrub sebanyak dua kali seminggu. Kamu juga bisa melakukan chemical peeling sekali seminggu untuk kulit kering atau sensitif. 

Baca juga: 7 Perawatan Kulit Agar Wajah Segar Kembali Sebelum Bekerja

4. Gunakan Serum untuk Kulit Wajah

Jika jadwal kamu terlalu sibuk untuk melakukan perawatan di klinik kecantikan, kamu perlu berinvestasi dalam beberapa produk yang mampu menghilangkan stres. Serum kulit yang mengandung antioksidan mampu menetralisir kerusakan akibat radikal bebas (kerusakan yang disebabkan oleh polusi, asap rokok, alkohol, dan stres). Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan serum setiap pagi.

5. Konsumsi Makanan Kaya Antioksidan

Selain merawat dari luar, kamu juga perlu merawat kulit wajah dari dalam dengan mengonsumsi makanan sehat yang kaya antioksidan. Ingatlah bahwa apa yang kamu makan dapat berdampak pada pancara kulit kamu. 

Makanlah anggur, beri, dan kacang-kacangan seperti kemiri dan kenari yang kaya akan polifenol seperti asam ellagic dan resveratrol. Jenis antioksidan yang terkandung di dalamnya mampu memerangi radikal bebas untuk membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat UV seperti hiperpigmentasi. 

Makanan-makanan yang disebutkan sebelumnya dapat kamu kombinasikan dalam makanan seperti sarapan, salad, atau makanan penutup. Kamu juga bisa menjadikan makanan tersebut sebagai camilan.

Baca juga: 5 Cara Merawat Wajah yang Tepat agar Terhindar dari Komedo

6. Hubungi Dokter Kulit

Untuk mengatasi masalah kulit yang membandel seperti hiperpigmentasi, bintik-bintik hitam, dan melasma, mungkin akan sulit jika harus melakukan perawatan biasa. Jika masalah kulit yang membandel ada pada kamu, maka sebaiknya komunikasikan pada dokter spesialis kulit yang andal. 

Kamu bisa menemukan dan menghubungi dokter kulit secara praktis melalui aplikasi Halodoc untuk mendapatkan saran perawatan. Jika perlu, kamu dapat membuat janji dengan dokter kulit di rumah sakit terdekat melalui aplikasi Halodoc. Mudah, kan?

Referensi:
Good House Keeping. Diakses pada 2019. 7 Tips to Get Glowing Skin, According to Skin Care Experts.
Harper's Bazaar. How to maintain healthy, glowing skin over Christmas