• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Menu Diet Sehat yang Cepat Turunkan Berat Badan

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta – Diet adalah salah satu upaya yang sering dilakukan guna menurunkan berat badan. Diet untuk menurunkan berat badan biasanya berfokus untuk menurunkan asupan kalori, tetapi dengan mengonsumsi makan makanan yang bergizi. Salah satu faktor yang menentukan keberhasilannya adalah memilih jenis-jenis makanan serta mengatur jumlahnya. 

Sebagian besar menu diet untuk menurunkan berat badan justru simpel dan praktis. Apabila kamu sedang berencana menurunkan berat badan, berikut sejumlah rekomendasi menu diet sehat yang bisa kamu coba. 

Baca juga: Program Diet yang Tepat Bagi Kamu yang Sibuk

Menu Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan

Menu diet untuk menurunkan berat badan tidak harus terlalu rumit. Berikut adalah beberapa ide yang mudah disiapkan dan hanya membutuhkan sedikit bahan yang bisa kamu coba:

  • Sup. Sup adalah salah satu menu yang sangat simpel dan hanya membutuhkan sedikit bahan. Kamu bisa mencampurkan berbagai macam sayuran, serta daging, makanan laut, kacang-kacangan, kacang polong, atau lentil. Tambahkan nasi merah, quinoa, atau kentang sebagai pendamping sup.
  • Pizza. Pizza yang sering kamu temu tentunya tidak cocok dikonsumsi saat diet. Namun, kalau kamu sedang ingin memakan pizza, kamu bisa kok membuatnya di rumah dengan bahan-bahan yang lebih sehat. Buat adonan pizza dengan berbahan dasar sayuran atau gandum. Kemudian oleskan saus tipis-tips dan tambahkan sumber protein, seperti tempe atau dada kalkun, dan sayuran. Taburi dengan sedikit keju dan sayuran hijau segar.
  • Salad. Kalau boleh dibilang, salada adalah menu diet yang paling populer. Selain pembuatannya sangat simpel, salad mengandung berbagai macam nutrisi menyehatkan. Potong sayuran hijau, beberapa sayuran berwarna, dan sumber protein. Taburi dengan minyak zaitun dan cuka serta tambahkan kacang-kacangan, biji-bijian, atau tambahkan potongan dada ayam rebus.
  • Spaghetti. Spaghetti bisa menjadi menu diet yang menyehatkan juga lho! Pilih pasta berbahan gandum dan siapkan sumber proteinnya, seperti ayam, ikan, atau tahu. Setelah semuanya dimasak, campurkan dengan saus pasta atau pesto berbahan dasar tomat dan beberapa sayuran seperti brokoli atau bayam.
  • Mangkuk biji-bijian. Masak biji-bijian seperti quinoa atau beras merah lalu taburi dengan protein favorit kamu, misalnya seperti ayam atau telur rebus, sayuran non-tepung dan saus sehat rendah garam. 

Baca juga: Diet Sehat Vs Diet Cepat, Mana yang Lebih Baik?

Tips Cepat Menurunkan Berat Badan 

Selain memilih jenis dan menentukan porsi makanan, ada beberapa tips lain yang perlu kamu lakukan untuk mendukung penurunan berat badan, seperti berikut:

1. Jangan Lewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan. Kamu justru dapat kehilangan nutrisi penting dan mungkin akan lebih banyak ngemil sepanjang hari karena merasa lapar.

2. Makan Teratur

Diet bukan berarti kamu menahan godaan untuk makan. Selama diet, kamu justru harus makan secara teratur setiap harinya untuk membantu membakar kalori lebih cepat. Ini juga mengurangi godaan untuk ngemil makanan tinggi lemak dan gula.

3. Tetap Aktif

Aktif sepanjang hari adalah kunci untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya. Selain memberikan banyak manfaat bagi kesehatan, olahraga dapat membantu membakar kalori berlebih yang tidak dapat hilang melalui diet saja. 

4. Banyak Minum Air

Selain mencegah dehidrasi, minum air juga membantu kamu untuk merasa kenyang. Ketika kamu jarang minum air, kamu bisa mengonsumsi kalori ekstra dan diet yang kamu jalani bisa gagal. 

5. Makan dengan Piring Kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu kamu untuk mengontrol porsi makanan. Dengan menggunakan piring dan mangkuk yang lebih kecil, kamu mungkin bisa perlahan-lahan terbiasa makan dalam porsi kecil tanpa merasa lapar. Diperlukan waktu sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang, jadi makanlah perlahan dan berhentilah makan sebelum merasa kenyang.

Baca juga: Inilah 10 Makanan Sehat Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan (Bagian 1)

Punya pertanyaan lain mengenai diet? Kamu bisa menghubungi ahli gizi lewat aplikasi Halodoc. Lewat aplikasi ini, kamu bisa menghubungi ahli gizi kapan saja dan di mana saja via Chat atau Voice/Video Call.



Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. How to Meal Plan for Weight Loss — A Detailed Guide.
NHS. Diakses pada 2020. 12 tips to help you lose weight.