08 December 2017

Menu Makan Malam yang Tidak Bikin Gemuk

Menu Makan Malam yang Tidak Bikin Gemuk

Halodoc, Jakarta – Kebanyakan orang yang sedang diet pasti akan menghindari makan malam. Mengonsumsi makanan di malam hari dianggap sebagai salah satu "dosa besar" yang efektif membuat tubuh menjadi gemuk. Padahal kalau kamu membiarkan perutmu kosong di malam hari, kamu akan jadi susah tidur dan lebih tergoda untuk ngemil atau makan lebih banyak saat bangun di pagi harinya. Jadi, tidak usah sampai membiarkan perutmu keroncongan, karena ada kok beberapa menu berikut tidak akan membuatmu gemuk walaupun dikonsumsi di malam hari.

Selama ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa untuk menurunkan berat badan, makanan dalam porsi yang normal boleh dikonsumsi pada pagi hari dan siang hari, tapi tidak boleh makan sama sekali pada malam hari. Namun, kenyataannya, yang memengaruhi kenaikan berat badan bukan lah jam makan, melainkan jenis makanan, kalori yang terkandung di dalamnya, dan jenis kegiatan yang kamu lakukan untuk membakar kalori. Karena itu, jika kamu termasuk tipe orang yang tidak kuat untuk melewatkan makan malam, kamu bisa mencoba beberapa menu berikut yang bergizi tapi tidak bikin gemuk:

1. Caesar Salad

Satu porsi Caesar salad yang terdiri dari daun romaine, daging asap, telur,dan roti crouton ini dapat memenuhi asupan serat, vitamin dan mineral untuk kamu yang sedang diet. Tapi agar tidak bikin gemuk, singkirkan keju dari mangkuk saladmu dan ganti dressing-nya dengan menggunakan minyak zaitun atau olive oil.

2. Acai Bowl

Semangkuk acai bowl juga bisa mengenyangkan perutmu di malam hari, tanpa harus merasa bersalah mengonsumsinya. Isinya pun terdiri dari bahan-bahan makanan yang menyehatkan, seperti pure acai, stroberi, pisang, goji beri, susu almond, chia seed, dan madu.

3. Steak Daging

Siapa bilang kalau lagi diet, kamu tidak bisa makan daging di malam hari? Bisa kok, asal kamu pilih daging sapi tanpa lemak atau lean beef. Jenis daging tenderloin juga memiliki jumlah kalori yang tidak terlalu tinggi, sehingga tidak akan membuat kamu gemuk. Sebuah penelitian nutrisi di Amerika mengungkapkan bahwa menambahkan daging merah dalam menu makan dapat membakar kalori lebih banyak. Selain itu kandungan protein dalam daging akan memenuhi kebutuhan otot, tanpa menimbun lemak. Konsumsi lah hanya 55 gram steak tenderloin ditambah dengan secangkir kentang kecil, serta salad sayur yang diberi minyak zaitun.

4. Pasta Tahu

Pilihan menu lainnya yang juga tidak kalah menggugah selera untuk kamu yang sedang diet adalah pasta tahu. Tahu memiliki jumlah kalori yang rendah. Kandungan serat dan proteinnya juga dapat membantu melancarkan pencernaanmu. Sedangkan pasta akan membuatmu merasa kenyang di malam hari. Kuncinya adalah pilihlah pasta yang terbuat dari gandum utuh. Lalu tambahkan hanya sedikit garam ke pasta tahumu agar tidak membuatmu gemuk.

5. Salmon Panggang

Salah satu jenis daging yang baik dikonsumsi ketika sedang diet adalah ikan. Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Georgia, ditemukan bahwa kandungan DHA pada ikan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak di dalam tubuh. Untuk menu makan malam, kamu bisa mengonsumsi 140 gram salmon panggang yang sudah dibumbui dengan setengah porsi nasi merah, setengah cangkir brokoli kukus, dan secangkir susu bebas lemak. Selain salmon, jenis ikan makarel dan sarden yang mengandung asam lemak omega-3 juga baik dikonsumsi untuk kesehatan jantungmu.

Kamu bisa bertanya seputar diet dan nutrisi kepada dokter melalui aplikasi Halodoc. Hubungi dokter melalui Video/Voice Call dan Chat kapan saja dan di mana saja. Jika kamu membutuhkan vitamin atau produk kesehatan tertentu, kamu tidak perlu repot-repot lagi keluar rumah. Tinggal order melalui Halodoc dan pesanan kamu akan diantar dalam satu jam. Yuk, download Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.