• Home
  • /
  • 4 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka yang Bisa Dibuat di Rumah

4 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka yang Bisa Dibuat di Rumah

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
4 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka yang Bisa Dibuat di Rumah

Halodoc, Jakarta - Pasti kamu menginginkan sesuatu yang nikmat untuk dimakan saat berbuka puasa. Hal tersebut karena kamu telah berusaha maksimal untuk menahan haus dan lapar seharian sehingga patut memberikan sesuatu yang spesial untuk diri sendiri dan tubuh. Selain itu, kamu juga harus memastikan semua makanan yang akan dikonsumsi dapat menyehatkan.

Selain itu, alangkah lebih baik jika kamu membuat menu untuk berbuka tersebut sendiri agar dapat dipastikan kebersihan dan kesehatannya. Dengan membuat menu buka puasa juga kamu dapat melupakan semua rasa haus dan lapar, sehingga tidak merasakannya. Berikut adalah beberapa menu takjil yang sehat dan dapat dibuat di rumah!

Baca juga: 4 Inspirasi Menu Berbuka Puasa yang Sehat

Menu Takjil yang Sehat untuk Dikonsumsi saat Berbuka

Penting untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi gorengan saat waktunya berbuka puasa. Maka dari itu, kamu dapat membuat menu takjil yang sehat sendiri agar semua yang dikonsumsi memberikan manfaat bagi tubuh. Terkadang, beberapa makanan yang diinginkan kamu atau anggota keluarga lainnya sulit dicari dan lebih mudah ketika dibuat sendiri.

Dengan menyiapkan sendiri menu takjil untuk berbuka, kamu dapat membuat variasi sehingga tidak cepat bosan. Untuk itu, penting mengetahui beberapa makanan yang cocok untuk dikonsumsi saat berbuka yang mengenyangkan dan menyehatkan. Berikut adalah beberapa makan tersebut:

  1. Sop Buah

Salah satu menu takjil yang cocok dikonsumsi saat berbuka adalah sop buah. Minuman yang dapat menjadi makanan ini terdiri dari berbagai macam buah dicampur dengan susu dan lainnya sehingga cocok untuk dikonsumsi saat berbuka. Kamu dapat memilih sendiri buah-buahan yang terdapat di dalamnya sehingga lebih menggugah selera. Menu berbuka ini mampu menyegarkan dan menghilangkan dahaga setelah menahan haus dan lapar seharian.

  1. Kolak Pisang

Kamu juga dapat membuat kolak pisang yang cocok dikonsumsi sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Memang, makanan ini sangat umum sekali untuk dikonsumsi saat puasa, sehingga mudah untuk didapatkan. Namun, dengan membuat sendiri kamu dapat memastikan semua bahan yang digunakan sehat dan bersih. Selain itu, tingkat kemanisannya juga dapat diatur seperti yang diinginkan sehingga dapat dikonsumsi oleh semua orang.

Baca juga: 5 Menu Takjil Sehat untuk Berbuka Puasa

  1. Bubur Kacang Hijau

Bubur kacang hijau juga termasuk salah satu makanan yang nikmat dikonsumsi sebagai menu berbuka puasa. Rasa yang nikmat dan khas dari kacang hijau dapat mengembalikan tenaga yang hilang saat menahan lapar seharian. Selain itu, banyak manfaat dari bubur kacang hijau yang dapat diserap oleh tubuh, sehingga kamu mendapatkan beberapa kebaikan dalam satu makanan.

  1. Strawberry Milkshake

Jika kamu mempunyai anak kecil, dirinya pasti menginginkan sesuatu yang manis dan menyegarkan dengan campuran susu. Maka dari itu, strawberry milkshake sangat cocok untuk dibuat sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Cara membuatnya juga cukup mudah, kamu hanya memerlukan stroberi, susu, dan gula yang diblender secara bersamaan. Salah satu minuman yang mengenyangkan dan nikmat untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa menu takjil yang sangat cocok untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Dengan mengonsumsi beberapa menu tersebut, diharapkan kamu dapat dengan mudah mengembalikan tenaga dan baik untuk menghidrasi tubuh. Akhirnya, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari segala penyakit yang dapat menyerang.

Baca juga: Kurma Baik untuk Menu Berbuka Puasa, Ini Bukti Ilmiahnya

Selain itu, kamu juga dapat bertanya pada dokter dari Halodoc terkait makanan apa saja yang cocok untuk dikonsumsi sebagai menu takjil saat berbuka puasa. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan sehari-hari!

Referensi:
Holiday Me. Diakses pada 2020. Easy Iftar Recipes To Keep You Healthy In The Midst Of Coronavirus, This Ramadan!
Truweight. Diakses pada 2020. 7 Healthy Ideas To Enjoy Ramadan And Delicious Iftar Recipes.