04 June 2018

Menu Wajib Buka Puasa untuk Ibu Hamil

Menu Wajib Buka Puasa untuk Ibu Hamil

Halodoc, Jakarta – Supaya puasa tetap berjalan dengan lancar, sangat penting untuk menjaga kesehatan lewat asupan makanan sehat, terutama menu buka puasa, termasuk juga ibu hamil. Menu buka puasa ibu hamil tentunya tidak sembarangan, karena ini menyangkut kesehatan janin dalam kandungan juga.

Sehingga saat buka puasa, penting untuk ibu hamil mengawasi jenis makanan yang dikonsumsinya. Sejatinya, ibu hamil membutuhkan vitamin dan mineral wajib seperti asam folat, vitamin D, zat besi, dan kalsium. (Baca juga: 5 Manfaat Puasa untuk Ibu Hamil)

Nah, beberapa menu buka puasa ibu hamil yang bisa menjadi rekomendasi karena mengandung zat-zat penting tadi adalah sebagai berikut:

  1. Bayam Rebus

Kandungan asam folat alami pada bayam rebus sangat bermanfaat untuk dikonsumsi sebagai menu buka puasa untuk ibu hamil. Kandungan asam folat yang tinggi memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil dan juga mengurangi risiko bayi terlahir cacat. Selain kandungan asam folatnya, ternyata bayam juga mengandung zat besi, sehingga bisa juga membantu mengurangi risiko anemia serta menurunkan tekanan darah. Bayam juga bermanfaat untuk meredakan wasir yang kerap dialami oleh ibu hamil. (Baca juga: 5 Nutrisi Wajib untuk Ibu Hamil yang Berpuasa)

  1. Jeruk

Sebagai buah dengan rasa manis dan segar, jeruk memang rekomendasi yang baik dikonsumsi untuk berbuka puasa. Tidak hanya konsumsi pada saat biasa, ternyata jeruk juga sangat dianjurkan dimakan oleh ibu hamil sebagai menu buka puasa. Pasalnya, jeruk mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti vitamin A, vitamin B1 dan B2, folat, fosfor, kalium, magnesium, dan zat besi. Selain melawan infeksi dan mengembangkan sistem imun, jeruk juga baik untuk menu buka puasa ibu hamil karena dapat mengatasi alergi yang biasa dialami wanita hamil pada umumnya.

  1. Tahu

Tahu memiliki kandungan yang bergizi tidak hanya untuk ibu hamil saja, tapi juga dalam kondisi biasa. Beberapa manfaat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dan bisa diperoleh dari tahu adalah menghilangkan lelah, sehingga dapat meningkatkan energi sehabis puasa, membantu proses pembentukan tulang janin yang memang dibutuhkan oleh ibu hamil, mengobati gangguan pencernaan yang biasa dialami saat hamil, membantu menurunkan hipertensi, dan membantu menurunkan kolesterol jahat. Supaya tidak bosan, ibu hamil bisa mengolah tahu dengan cara membuat sop, tahu yang dikukus bersama sayur-sayuran, dan lain-lain.

  1. Salmon

Sudah bukan rahasia lagi kalau salmon sangat bermanfaat bagi asupan ibu hamil. Asam lemak omega 3-nya yang sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung, membantu menyeimbangkan darah tinggi, baik untuk pertumbuhan otak janin dalam kandungan, dan mengatur sistem metabolisme dalam tubuh. Konsumsi salmon dapat dilakukan dengan cara dipanggang atau ditumis dengan olive oil  yang diberi cacahan daun ketumbar. (Baca juga: 6 Perubahan Fisik Saat Hamil yang Bikin Wanita Jadi Tidak Pede)

  1. Susu

Jangan lupa untuk mengonsumi susu karena susu merupakan pelengkap komponen penting selama kehamilan. Beberapa manfaat susu adalah memperbaiki plasenta, memperkuat sistem kekebalan dalam tubuh, memperlancar ASI, membantu pembentukan tulang pada janin, mengurangi risiko anemia dan sumber energi. Ibu hamil tidak juga diharuskan langsung menenggak susu ketika buka puasa. Menjadikan susu sebagai penutup berbuka puasa juga baik untuk dilakukan.

Kalau ibu hamil ingin tahu lebih banyak mengenai menu buka puasa yang direkomendasikan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan janin dalam kandungan, bisa tanyakan langsung ke Halodoc. Dokter-dokter yang ahli di bidangnya akan berusaha memberikan solusi terbaik. Caranya, cukup download aplikasi Halodoc lewat Google Play atau App Store. Melalui fitur Contact Doctor ibu hamil bisa memilih mengobrol lewat Video/Voice Call atau Chat.