• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Menunggu Vaksinasi, Ini Cara Jaga Kesehatan Tubuh

Menunggu Vaksinasi, Ini Cara Jaga Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

Halodoc, Jakarta - Setelah satu tahun yang panjang dan penuh tantangan, kamu pasti sudah sangat siap menghadapi 2021 dengan penuh optimis. Meski kini sebagian besar orang tidak memiliki resolusi seperti yang biasanya mereka lakukan saat memasuki tahun baru, tidak ada salahnya untuk tetap memiliki resolusi memasuki tahun 2021 ini, kan? Kamu bisa menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama di 2021. Oleh karena itu, di tengah pandemi COVID-19, yuk, pertahankan gaya hidup sehat menjadi lebih penting dari sebelumnya.

Keharusan untuk menjaga kesehatan tak hanya berlaku untuk mereka yang harus bekerja di kantor, tetapi juga bagi mereka yang work from home. Sebab, menjaga kesehatan selama pandemi tidak melulu tentang menuruti protokol kesehatan, tetapi juga terus melakukan gaya hidup sehat, mulai dari olahraga dan memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Baca juga: Pentingnya Konsumsi Vitamin untuk Menjaga Imun Tubuh

Jaga Kesehatan Sebelum Vaksinasi

Vaksinasi COVID-19 sangat penting dilakukan untuk mencegah penyebaran virus. Meski saat ini belum semua orang bisa melakukan vaksinasi, kamu enggak perlu khawatir. Bagi para pekerja aktif, baik yang masih work from home atau pun sudah kembali ke kantor, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan sembari menunggu vaksinasi. Cari tahu berikut ini, ya!

Olahraga

Cara menjaga imunitas tubuh pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menjaga kebugaran tubuh. Pasalnya, badan yang bugar berkaitan erat dengan risiko penyakit yang rendah, dan justru mampu meningkatkan kesehatan kardiovaskular dan otot. Olahraga juga dapat berdampak positif pada kesehatan mental dengan membantu tubuh menghilangkan stres dan mengurangi depresi. Jadi cobalah untuk melakukan latihan aerobik intensitas sedang minimal 150 menit seperti yang direkomendasikan American Heart Association setiap minggu.

Ada banyak pilihan olahraga yang bisa kamu lakukan selama minimal 30 menit sehari, misalnya berjalan kaki, lompat tali, squat, atau latihan angkat beban sederhana di rumah. Terlebih untuk kamu yang bekerja dari rumah, olahraga juga dapat membantu mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat duduk terlalu lama.

Baca juga: Apakah Rutin Berolahraga Bisa Memengaruhi Imunitas Tubuh?

Pertahankan Jadwal Tidur yang Teratur

Pandemi mungkin telah mengganggu pola tidurmu, tetapi sangat penting untuk menjaga jadwal tidur yang teratur dan tidur sekitar tujuh sampai sembilan jam setiap malam untuk menjaga kesehatan. Pasalnya, memiliki sistem kekebalan yang kuat dan sehat memberi kamu sedikit lebih banyak penghalang terhadap pengembangan infeksi COVID-19, jadi penting untuk memprioritaskan tidur.

Konsumsi Makanan Sehat

Prinsip mengonsumsi makanan sehat adalah makanan yang aman, bergizi, beragam dan berimbang. Selain mendapatkan cukup buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian sepanjang hari, kamu harus berusaha untuk fokus mencukupi kebutuhan protein. Konsumsi protein di pagi hari adalah pilihan tepat untuk menjaga gula darah lebih stabil sepanjang hari.

Namun, untuk kamu yang memiliki aktivitas segudang sehingga pola makanmu tidak teratur dan sehat, kamu juga sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan harian tak hanya melalui makanan sehat, tetapi dengan konsumsi vitamin. Salah satunya adalah vitamin C yang bagus karena mampu menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga:5 Rahasia Manfaat Vitamin C Bagi Tubuh dan Kulit

Buat kamu yang ingin konsumsi vitamin C yang rasanya enak, segar, dan bisa memberikan semangat dan mood yang baik ditengah kesibukan, kini saatnya kamu untuk mengonsumsi Oronamin C! Minuman ini sudah menjadi minuman legendaris Jepang sejak 1965. Oronamin C menjadi satu-satunya minuman vitamin yang tidak hanya mengandung vitamin C saja, tetapi juga mengandung Vitamin B yang terdiri dari vitamin B2, B3, dan B6 dan madu.

Vitamin C di dalam Oronamin C akan bertindak sebagai antioksidan yang akan melindungi tubuh dari radikal bebas, sementara Vitamin B di dalamnya akan membantu proses pembentukan energi. Tambahan madu di dalam Oronamin C juga akan membantu memelihara kesehatan dan daya tahan tubuh kamu selama berkegiatan. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal dari Oronamin C, kamu bisa mengonsumsi satu hingga empat botol dalam sehari.

Kini kamu pun bisa mendapatkan Oronamin C dengan mudah lewat fitur beli obat di Halodoc. Pesanan kamu pun bisa segera tiba dalam waktu kurang dari satu jam, lho! Praktis bukan? Yuk, ambil smartphone-mu sekarang dan nikmati kemudahan beli obat dan vitamin tanpa harus keluar rumah hanya di Halodoc!

Referensi:
Health Matters. Diakses pada 2021. 5 Tips for a Healthier 2021.
Pristyn Care. Diakses pada 2021. 15 Ways To Take Care of Your Health in 2021.