• Home
  • /
  • Merasa Lelah? Usir dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Merasa Lelah? Usir dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

Ditinjau oleh: dr. Gabriella Florencia
Merasa Lelah? Usir dengan Konsumsi 5 Makanan Ini

 Halodoc, Jakarta - Sepulang kerja, perasaan lelah mungkin hal yang wajar dirasakan. Biasanya dengan beristirahat sebentar saja, tubuh akan merasa lebih baik lagi. Namun beberapa orang yakin dengan mengonsumsi makanan tertentu, kamu bisa mendapatkan kembali energi yang tubuh dibutuhkan dan bisa usir lelah. Padahal kamu tahu bahwa langsung mengonsumsi makanan yang tinggi gula dapat berbahaya bagi tubuh. 

Jika kamu membutuhkan makanan yang ampuh usir lelah, berikut ini jenis makanan yang disarankan para ahli nutrisi untuk mengatasi kelelahan dan kelaparan setelah beraktivitas. Simak jenis makanan kaya gizi tersebut berikut ini!

Baca juga: Apa yang Bikin Tubuh Sering Terasa Cepat Lelah?

  • Cokelat Hitam

Salah satu jenis makanan yang mirip permen dan disarankan oleh ahli nutrisi adalah cokelat hitam. Makanan ini adalah pemberi asupan energi yang tahan lama tanpa penambahan gula berlebih yang tidak dibutuhkan tubuhmu. Cokelat hitam adalah pilihan yang terbaik karena mengandung cocoa butter, yang membantu pelepasan kafein lebih lambat dan teratur dari waktu ke waktu. Pilih cokelat hitam dengan setidaknya 70 persen kandungan kakao karena mengandung lebih sedikit gula.

  • Kacang Pistachio

Hidangan lezat ini adalah camilan yang mudah dan memuaskan rasa lapar. Pistachio memberikan kombinasi protein, serat, dan lemak sehat untuk membantu mengatasi lelah. Amy Gorin, ahli gizi di Jersey City mengatakan bahwa makanan ini disarankan. Makanan ini mengisi kembali energi tubuh. Faktanya, warna hijau mencolok dari pistachio berasal dari zat antioksidan mereka dan baik untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

  • Bayam

Bayam mungkin bukan sajian yang cocok disantap saat hari menjelang sore, namun kamu disarankan untuk membuat salad atau mulai memasak dan menikmati bayam sebagai camilan. Bayam adalah jenis sayuran yang bagus untuk ditambahkan ke smoothie karena rasanya dapat melebur bersama bahan yang lain. Bayam merupakan sumber riboflavin yang baik dan dikenal sebagai vitamin B2, yang terlibat dalam produksi energi. Bayam juga sumber zat besi, yang memainkan peran penting dalam menyediakan oksigen ke sel-sel tubuh untuk melawan kelelahan.

Baca juga: 5 Tips Agar Tak Mudah Kelelahan Saat Bekerja

  • Oats Bar

Oat adalah sumber karbohidrat kompleks dan serat larut yang baik, dan oat mengandung serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dan membantu mengelola gula darah. Gula darah yang stabil berarti tingkat energi yang stabil, membuat gandum menjadi pilihan penambah energi yang disarankan. Dibandingkan dengan oat instan yang sering menambahkan gula dan bahan-bahan lain, oat gulung atau bar membantu mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Buat cangkir oatmeal panas dan atasnya dengan buah, kacang, atau biji chia, atau tambahkan oatmeal matang atau mentah, bubur gandum oat ke smoothie untuk membuatnya lebih tebal dan lebih berisi. 

  • Quinoa

Quinoa adalah makanan sumber energi yang baik. Di dalam quinoa, kamu akan mendapatkan karbohidrat sederhana seperti yang ditemukan dalam buah. Quinoa dipenuhi dengan protein dan serat, yang dapat membuat kamu tetap kenyang di antara waktu makan dan mencegah keinginan untuk makan berlebihan nantinya. Namun, ia bukan makanan ringan tradisional karena perlu dimasak. Jangan khawatir, kamu bisa mendapat sekantong quinoa di supermarket, atau membuat satu batch bar apple cinnamon quinoa yang sehat.  

Baca juga: Badan Terasa Lelah Setelah Berolahraga, Kenapa?

Untuk tips menu makanan sehat lain, kamu bisa menanyakan pada ahli gizi di Halodoc. Caranya gampang, kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc dan langsung chat dengan dokter kapan pun dan di mana pun.

Referensi:
Prevention. Diakses pada 2019. Foods You Should Eat When You're Tired.