• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Merawat Anjing Mini Pom Kecil dan Dewasa untuk Pemula

Merawat Anjing Mini Pom Kecil dan Dewasa untuk Pemula

Ditinjau oleh: Redaksi Halodoc
Merawat Anjing Mini Pom Kecil dan Dewasa untuk Pemula

“Anjing mini pom, baik yang kecil maupun dewasa memiliki keunikan tersendiri. Karena itu, cara perawatan keduanya akan berbeda pula. Jika tidak berhati-hati, kamu mungkin bisa menyebabkan masalah tumbuh kembang pada anjing kecil, atau meningkatkan risiko penyakit pada anjing yang telah dewasa.”

Halodoc, Jakarta – Anjing mini pom menjadi salah satu jenis anjing favorit untuk dijadikan peliharaan. Sebab tidak dapat dimungkiri, jenis anjing ini memiliki bentuk tubuh dan penampilan yang menggemaskan. Selain itu, anjing Pomeranian alias mini pom juga terkenal sangat aktif, lincah, berani, protektif, serta loyal pada pemiliknya. 

Meski terdengar seperti memiliki sifat yang lucu, jenis anjing ini ternyata bisa menggonggong dengan tidak terkendali. Gonggongan mini pom biasanya akan menjadi tidak terkendali jika melihat atau menemukan hal-hal yang dianggap asing. Di samping itu, perlu disadari bahwa hewan ini tetap membawa sifat dasar anjing sehingga perlu mengetahui cara merawatnya. 

Baca juga: Anjing Sering Mengejar Ekornya Sendiri, Ini Alasannya

Tips Merawat Anjing Mini Pom 

Ada beberapa tips merawat anjing mini pom, baik yang kecil dan dewasa. Bagi pemula, tips mudah ini penting untuk diketahui. Apa saja? 

  1. Perawatan Bulu Anjing 

Bulu atau rambut menjadi salah satu bagian yang penting untuk mendapatkan perawatan terbaik. Saat memelihara anjing mini pom, berikut cara perawatan bulu yang perlu diketahui: 

  • Anjing kecil, pada anjing mini pom kecil, ada fase di mana bulu-bulunya akan rontok. Hal ini normal terjadi, sehingga tidak perlu panik. Biasanya bulu rontok menjadi tanda anjing mulai bertumbuh dewasa. Nantinya, akan tumbuh rambut baru yang akan menjadi bulu permanen anjing. Saat bulu baru sudah mulai tumbuh, biasakan untuk mulai mencuci rambut atau memandikan anjing setiap hari. Hal ini tidak hanya akan membantu pertumbuhan bulu lebih cepat, tapi juga membuat mandi menjadi aktivitas yang disukai anjing. 
  • Anjing dewasa, berbeda dengan anjing kecil, perawatan mini pom dewasa biasanya akan lebih menyeluruh. Sebab, bulu anjing ini akan tumbuh menjadi dua layer atau dua bagian, dan perawatan harus dilakukan pada kedua bagian ini. Hindari mengenakan produk yang bisa merusak kedua bagian bulu anjing ini.

Baca juga: Bagaimana Cara Memilih Sampo yang Baik untuk Anjing?

  1. Perawatan Gigi 

Kesehatan gigi dan mulut adalah hal utama yang harus diperhatikan saat memelihara anjing ini. Sebab, anjing mini pom terkenal rentan terserang bakteri pemicu berbagai masalah pada gigi. Jika tidak ditangani dengan tepat, hal ini bisa menyebabkan anjing kehilangan gigi saat dewasa kelak. Cobalah untuk membersihkan gigi anjing secara rutin di rumah. Jika dibutuhkan, kamu bisa membawa anjing secara berkala ke klinik hewan untuk melakukan perawatan gigi. 

  1. Olahraga 

Meski aktif dan lincah, jenis anjing yang satu ini tetap harus rutin melakukan olahraga. Disarankan untuk mengajak hewan peliharaan berolahraga setidaknya 45-90 menit, dua hingga tiga kali seminggu. 

  • Olahraga untuk anjing kecil, pada usia kanak-kanak, sebenarnya tidak perlu terlalu memaksakan anjing untuk berolahraga dalam waktu yang lama. Jika dipaksakan, risiko gangguan pada pertumbuhan dan perkembangan otot anjing menjadi lebih besar. Kamu bisa mencoba mengajak anjing berjalan santai selama beberapa menit setiap hari. 
  • Olahraga anjing dewasa. Setelah memasuki usia dewasa, penting untuk selalu mengajak anjing mini pom berolahraga. Hal ini bisa membantu menjaga kesehatan secara menyeluruh, serta menghindari risiko obesitas atau penyakit lainnya. 

Baca juga: Jenis Anjing yang Tepat untuk Orang Sibuk

Jika anjing mini pom enggan untuk beraktivitas fisik dan terlihat memiliki gejala tertentu, sebaiknya segera bawa ke klinik hewan terdekat. Biasa jadi, hewan peliharaan ini terserang penyakit. Kamu bisa menggunakan aplikasi Halodoc untuk menemukan klinik hewan terdekat yang bisa dikunjungi. Ayo, download Halodoc sekarang di App Store atau Google Play! 

Referensi: 
Animal Wised. Diakses pada 2021. How to Take Care of a Pomeranian – Puppy and Adult.
Pomeranian.org. Diakses pada 2021. Top 10 Pomeranian Care Tips.