• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meski Berbau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meski Berbau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Meski Berbau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

2 menit
Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli : 09 Desember 2022

“Terlepas dari aromanya yang menyengat, jengkol ternyata menyimpan banyak manfaat. Manfaat jengkol sendiri ternyata sudah banyak digunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan.”

Meski Berbau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Jengkol bagi KesehatanMeski Berbau Tak Sedap, Ini 5 Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Halodoc, Jakarta – Di kalangan masyarakat indonesia, jengkol mungkin sudah tidak asing lagi. Tumbuhan yang tergolong polong-polongan ini banyak diolah menjadi masakan dengan rasa dan aromanya yang khas. Tumbuhan ini pun banyak tumbuh di negara Asia Tenggara lainnya.

Karena aromanya yang tajam, banyak orang menghindari untuk mengonsumsi jengkol. Terlepas dari aromanya yang menyengat, tumbuhan ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Manfaat jengkol sendiri ternyata sudah banyak masyarakat Indonesia gunakan untuk mengobati berbagai macam masalah kesehatan. 

Manfaat Jengkol bagi Kesehatan

Menurut kepercayaan masyarakat, jengkol dapat membantu mengatasi gejala diabetes. Daun jengkol tua yang dibakar dapat digunakan untuk menghilangkan rasa gatal.

Berikut manfaat jengkol yang bisa kamu dapat.

1. Mengatasi Anemia

Manfaat jengkol yang pertama adalah unruk pengobatan dan pencegahan anemia. Jengkol merupakan makanan yang ampuh untuk mencegah anemia karena mengandung zat besi yang tinggi, sehingga dapat membantu tubuh untuk memproduksi sel darah merah.

Zat besi memainkan peran penting dalam mencegah dan mengobati kekurangan kemampuan tubuh untuk memproduksi sel darah merah. Pembentukan sel darah merah akan menurun ketika tubuh kekurangan zat besi. Akibatnya, nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan sel-sel tubuh akan berkurang. 

Bagi wanita, sangat dianjurkan mengonsumsi jengkol saat menstruasi untuk mengganti sel darah merah yang keluar dengan sel darah merah yang baru.

2. Penangkal Radikal Bebas

Jengkol mengandung berbagai macam vitamin. Tumbuhan ini mengandung vitamin C, B1, B2, dan A. Kombinasi vitamin A dan B sangat berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan efek penghambat pertumbuhan dari radikal bebas.

3. Memperkuat Tulang dan Gigi

Jengkol juga mengandung kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk pembentukan tulang dan gigi. Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi pada jengkol dapat membantu pembentukan tulang dan gigi dengan baik. Nutrisi ini akan mencegah osteoporosis dalam tubuh yang cukup di usia tua.

4. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi jengkol juga dapat membantu mencegah penyakit jantung. Karena manfaat kandungan vitamin jengkol bisa membantu memperlancar peredaran darah. 

Alhasil, tidak akan ada sumbatan akibat plak yang menempel pada pembuluh darah saat peredaran darah lancar.

Kandungan yang terdapat pada jengkol juga akan menghilangkan segala sesuatu yang menyumbat aliran darah di pembuluh darah. Jantung akan bekerja dengan baik dan optimal dengan aliran darah yang lebih baik.

5. Mencegah Diabetes

Manfaat jengkol selanjutnya adalah dapat mencegah diabetes. Jengkol memiliki komponen yang tidak dimiliki oleh bahan kuliner lainnya, yaitu asam jengkolat. 

Namun, karena asam jengkolat ini mengkristal dan tidak larut dalam air, tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh pengidap penyakit ginjal karena ginjal mungkin tidak dapat menyaringnya.

Itulah penjelasan tentang manfaat jengkol. Apabila kamu perlu bertanya soal masalah kesehatan, cobalah berkonsultasi ke dokter lewat aplikasi Halodoc. Tunggu apa lagi, yuk segera  download Halodoc sekarang juga!

Referensi:
Oze. Diakses pada 2022. Health Benefits of Jengkol.
Steemit. Diakses pada 2022. Jengkol for Body Health.