• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Meski Jarang, Folikulitis Bisa Sebabkan Kebotakan Permanen

Meski Jarang, Folikulitis Bisa Sebabkan Kebotakan Permanen

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli
Meski Jarang, Folikulitis Bisa Sebabkan Kebotakan Permanen

Halodoc, Jakarta - Infeksi dapat terjadi pada kebanyakan bagian tubuh dan beberapa memungkinkan menyebabkan masalah yang serius. Bahkan, infeksi dapat terjadi pada folikel rambut yang merupakan tempat rambut untuk tumbuh berupa lubang kecil pada kulit kepala. Gangguan yang disebut juga dengan folikulitis ini tidak berbahaya, sehingga banyak orang yang menyepelekannya. Padahal, kamu bisa saja mengalami kebotakan permanen karenanya. Berikut ulasan lebih lengkapnya!

Kebotakan Permanen Disebabkan oleh Folikulitis

Folikulitis adalah peradangan pada folikel rambut akibat infeksi yang dapat menyebabkan kerontokan. Folikulitis dapat memengaruhi folikel rambut di kulit kepala bahkan di semua bagian tubuh. Saat gangguan ini terjadi di kulit kepala, dampak buruk dalam jangka panjang mungkin saja terjadi. Peradangan tersebut dapat mengakibatkan kerontokan rambut sementara dan juga permanen.

Baca juga: Bikin Enggak Nyaman, Ini 4 Cara Atasi Folikulitis

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengidentifikasi folikulitis adalah dengan merasakan apabila terdapat bintik-bintik kecil yang menyerupai jerawat di sekitar folikel rambut. Selain itu, kamu mungkin juga merasakan gatal dan nyeri serta rambut menjadi sering rontok. Maka dari itu, penting untuk melakukan penanganan dengan cepat agar tidak menimbulkan gangguan yang parah hingga kebotakan.

Penyebab dari Folikulitis

Folikulitis adalah gangguan peradangan pada folikel rambut yang disebabkan oleh peradangan karena bakteri, jamur, atau tungau. Terdapat beberapa kasus parah yang disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus yang dapat mengakibatkan peradangan. Selain itu, gangguan ini juga dapat terjadi disebabkan oleh penumpukan minyak pada kulit kepala. Kamu juga berisiko lebih tinggi terkena folikulitis saat sering mencukur kepala.

Jika kamu masih memiliki pertanyaan lainnya terkait folikulitis yang dapat menimbulkan kebotakan permanen, dokter dari Halodoc dapat memberikan jawaban hingga kamu benar-benar terpuaskan. Kamu hanya perlu download aplikasi Halodoc di smartphone yang digunakan dan kemudahan akses kesehatan ada dalam genggaman tangan!

Baca juga: Bikin Enggak Nyaman, Kenali Perbedaan Folikulitis dan Jerawat

Cara Mengatasi Folikulitis

Untuk perawatan dari kerontokan rambut yang disebabkan oleh folikulitis pada kulit kepala yang bersifat ringan, kamu dapat menggunakan salep antibiotik topikal yang dijual bebas, seperti bacitracin dan neomycin. Namun, jika infeksi bakteri yang terjadi disebabkan oleh sesuatu yang lebih serius, kamu mungkin membutuhkan resep antibiotik oral agar infeksi jamur yang terjadi bisa teratasi.

Kamu juga dapat mencuci kulit kepala yang mengalami gangguan tersebut secara teratur dengan sampo yang kandungannya lembut. Beberapa sampo anti-ketombe yang mengandung zat anti-jamur seperti ketoconazole juga dapat membantu agar penyembuhan lebih cepat. Dengan pengobatan yang tepat, folikulitis yang ringan dapat sembuh dalam hitungan minggu. Jika gangguannya kronis, mungkin butuh waktu yang lama untuk sembuh.

Cara Mencegah Kebotakan Disebabkan oleh Folikulitis

Untuk membantu dampak buruk yang disebabkan oleh infeksi pada folikel rambut tersebut, pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kulit kepala. Selain itu, hindari mandi atau berendam pada pemandian umum atau kolam renang yang kurang terjaga kebersihannya. Selain itu, pastikan juga untuk mengganti pisau cukur secara teratur serta menjaga kulit kepala agar tetap terhidrasi dengan baik.

Baca juga: Bikin Gatal, Kenali 3 Jenis Folikulitis

Folikulitis memang jarang menular, tetapi infeksi dapat ditularkan melalui kontak kulit dari pengidapnya ke orang lain. Selain itu, berbagi-guna pisau cukur dan berada dalam satu bak pemandian umum juga meningkatkan risiko tersebut. Beberapa orang juga memiliki risiko lebih tinggi terkait gangguan ini karena masalah kekebalan tubuh, adanya gangguan kesehatan, hingga kondisi kulit lainnya yang sudah terjadi sebelumnya.

Referensi:

Viviscal. Diakses pada 2020. Scalp Folliculitis Hair Loss.
American Hair Loss Control. Diakses pada 2020. Folliculitis Can Cause Permanent Hair Loss.