• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Air Hangat di Pagi Hari, Adakah Manfaatnya?

Minum Air Hangat di Pagi Hari, Adakah Manfaatnya?

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani
undefined

 Halodoc, Jakarta - Apa sih yang pertama kamu lakukan saat bangun tidur di pagi hari? Kebanyakan orang mungkin akan langsung mengecek smartphone mereka untuk sekadar melihat notifikasi atau melihat jam dan kemudian lanjut tidur. Namun, tak sedikit juga orang yang langsung bangun dan mengambil segelas air hangat untuk diminum, ini karena mereka yakin bahwa minum segelas air hangat di pagi hari bisa mendatangkan banyak manfaat. 

Di antara banyak pilihan minuman, air hangat adalah yang paling mudah untuk disiapkan. Beberapa ahli gizi pun menyarankan agar kamu menjadikan minum air hangat di pagi hari sebagai kebiasaan. Jika tidak suka rasanya yang tawar, mungkin kamu bisa menambahkan sedikit perasan air lemon, atau teh yang telah terbukti mampu mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh. 

Baca juga: Antara Air Hangat dan Dingin, Mana yang Lebih Sehat?

Daripada semakin penasaran, berikut ini beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin minum air putih hangat di pagi hari: 

Mencegah Penuaan Dini

Tidak ada satupun orang yang ingin menua sebelum waktunya. Namun, keberadaan racun dalam tubuh bisa dengan mudah membuat proses penuaan terjadi lebih cepat. Ketika tubuh menumpuk racun, tubuh pun akan mudah terserang penyakit dan mengalami penuaan. Air hangat bisa membantu membersihkan tubuh dari racun. Selain itu, minum air hangat di pagi hari juga akan membantu memperbaiki sel kulit sehingga akan meningkatkan elastisitas kulit. 

Mengurangi Rasa Sakit

Apakah kamu sedang mencari obat alami yang ampuh untuk meredakan nyeri akibat kram menstruasi? Kamu bisa mencoba air hangat. Minuman ini akan membantu melemaskan otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Selain itu, air hangat adalah obat yang efektif untuk semua jenis kram karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan membantu mengendurkan otot-otot dalam tubuh.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Mungkin kamu jarang mendengar fakta ini, tetapi coba mulai lebih rutin lagi minum air hangat di pagi hari untuk membantu menurunkan berat badan. Air hangat akan meningkatkan suhu tubuh, yang pada gilirannya akan meningkatkan laju metabolisme tubuh. Peningkatan aktivitas metabolik ini akan memberi tubuh kemampuan untuk membakar lebih banyak kalori sepanjang hari.

Jika kamu memulai hari dengan meminum segelas air hangat dengan lemon, kamu akan membantu tubuh memecah jaringan adiposa (atau lemak) di tubuh. Air hangat dengan lemon juga mengontrol keinginan makan karena lemon mengandung serat pektin. 

Baca juga: Kira-kira Berapa Banyak Air yang Mesti Diminum Usai Berolahraga?

Melancarkan Pencernaan

Minum segelas air hangat di pagi hari juga akan merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh mencerna dan membuang sisa makanan dengan lebih baik. Selain itu, minum air dingin setelah makan bisa menjadi kontraproduktif, sebab air dingin memadatkan minyak dan lemak dalam makanan yang baru saja kamu makan. Ini menciptakan timbunan lemak dan membuat pencernaan lebih sulit. 

Meningkatkan Sirkulasi Darah

Akumulasi timbunan di sistem saraf dan timbunan lemak di tubuh juga bisa dihilangkan saat kamu minum segelas air hangat. Proses ini membantu membuang racun yang ada di seluruh tubuh, yang pada gilirannya akan membantu sirkulasi darah. Air hangat juga merelaksasi, membantu otot-otot mengendur, menghilangkan sirkulasi yang buruk, dan membantu aliran darah.

Mengatasi Sembelit

Kamu pasti pernah sesekali mengalami susah buang air besar atau sembelit, dan rasanya pasti sangat menjengkelkan bukan? Masalah perut yang umum ini terjadi ketika seseorang memiliki sedikit atau tidak terjadinya pergerakan di usus. Sering kali, penyebabnya adalah kekurangan air di dalam tubuh. Jika kamu memulai pagi dengan minum air hangat sebelum makan apapun, kamu dapat membantu meningkatkan pergerakan usus. Alhasil, ini akan mengurangi efek sembelit.

Baca juga: Inilah 5 Buah Kaya Air Penangkal Dehidrasi

Itulah beberapa manfaat minum air hangat di pagi hari. Jika kamu ingin tahu kebiasaan sehat lain yang perlu dilakukan, terutama di pagi hari, jangan sungkan untuk tanyakan pada dokter di Halodoc. Dokter akan selalu siaga memberikan semua saran kesehatan yang kamu butuhkan melalui smartphone, kapan dan di mana saja!

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. What Are the Benefits of Drinking Hot Water?
Lifehack. Diakses pada 2020. 7 Surprising Benefits Of Drinking Warm Water In The Morning.
Medical News Today. Diakses pada 2020. Drinking Hot Water: Benefits and Risks.