• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Air Jahe Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini Faktanya

Minum Air Jahe Bisa Tingkatkan Imunitas Tubuh, Ini Faktanya

Ditinjau oleh: dr. Verury Verona Handayani

Halodoc, Jakarta - Saat memiliki sistem imunitas tubuh yang baik, segala macam penyakit lebih mudah untuk dicegah masuk ke dalam tubuh. Nah, salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi air jahe secara rutin. Bukan hanya mampu meningkatkan sistem imunitas tubuh saja, berikut segudang manfaat jahe yang perlu kamu ketahui!

Baca juga: Rutin Mengonsumsi Jahe? Ini 8 Manfaat yang Bisa Didapat

Air Jahe Mampu Tingkatkan Sistem Imun Tubuh, Ini Penjelasannya

Jahe yang merupakan bumbu dapur ternyata memiliki manfaat baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, sistem pencernaan, melawan peradangan, serta obat tradisional untuk pilek dan mual. Hal tersebut bisa terjadi karena jahe memiliki sifat antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang mampu memperkuat daya tahan tubuh dan mencegah infeksi.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam manfaat jahe tersebut dengan mengolahnya menjadi minuman dengan cara direbus, atau mencampurnya dengan teh. Selain itu, kamu dapat mengolahnya menjadi bumbu masakan, atau produk herbal yang memiliki kandungan ekstrak jahe.

Baca juga: Mengonsumsi Air Jahe Rutin dapat Memberikan 6 Manfaat Ini

Selain Meningkatkan Imun Tubuh, Ini Manfaat Jahe Lainnya

Jahe merupakan tanaman herbal yang kerap dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan, mulai dari mual, batuk, nyeri sendi, hingga nyeri akibat terapi kanker. Jika ditinjau dari segi medis, berikut lima manfaat jahe yang baik bagi kesehatan tubuh tubuh.

1.Meredakan Pusing

Pusing akan membuat seseorang kehilangan keseimbangan, mengalami penurunan penglihatan, serta mual-mual. Nah, gejala pusing yang diikuti dengan rasa mual dapat diredakan dengan mengonsumsi jahe. Selain itu, jahe juga bisa digunakan sebagai bahan alami pereda sakit kepala.

2.Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat jahe selanjutnya adalah mengurangi intensitas rasa nyeri saat menstruasi. Khasiat jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat penghilang rasa nyeri. Jika kamu sering merasa nyeri saat menstruasi, kamu dapat coba mengonsumsi ekstrak jahe sebanyak 500- 2000 miligram selama tiga hari di awal masa menstruasi.

3.Mencegah Morning Sickness

Mual dan muntah akibat morning sickness kerap dialami oleh wanita di awal masa kehamilannya. Untuk meredakan rasa mualnya, kamu bisa mengonsumsi jahe, lho. Namun, ibu hamil tidak boleh sembarangan dalam mengonsumsinya, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter di aplikasi Halodoc mengenai hal ini.

4.Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan nyeri sendi atau kekakuan pada sendi yang disebabkan oleh cedera, obesitas, serta penuaan sendi. Rasa sakit akibat kekakuan pada sendi dapat diatasi dengan mengonsumsi ekstrak jahe. Bukan hanya bisa dijadikan sebagai obat minum, jahe juga dapat dijadikan sebagai minyak untuk mengurut dan mengurangi kekakuan pada sendi.

5.Mengurangi Rasa Mual Pasca Operasi

Mengonsumsi jahe satu jam sebelum operasi diduga dapat mengurangi rasa mual dan muntah selama 24 jam pasca operasi dilakukan. Selain dijadikan sebagai minuman, mengoleskan minyak jahe juga diduga bisa mencegah mual. Selain mencegah rasa mual pasca operasi, jahe juga bisa mencegah mabuk darat dan laut saat kamu tengah melakukan perjalanan panjang.

Mengonsumsi jahe sebelum bepergian bisa membuat perut terasa lebih baik. Meski demikian, keefektivitasan jahe dalam mengatasi mabuk darat dan laut belum dibuktikan kebenarannya secara medis. Mengenai hal tersebut, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

Baca juga: Konsumsi Air Rebusan Jahe, Apa Manfaatnya?

Meskipun baik untuk dikonsumsi, ada beberapa kalangan yang harus berhati-hati atau tidak sama sekali mengonsumsi jahe. Kalangan tersebut adalah ibu hamil dan menyusui, pengidap diabetes, pengidap sakit jantung, serta pengidap gangguan pembekuan darah. Jadi, sebaiknya diskusikan terlebih dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi apapun, termasuk bahan alami.

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 11 Proven Health Benefits of Ginger.
Healthline. Diakses pada 2020. What Are Ginger Shots? Everything You Need to Know.