• Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Air Rebusan Cengkeh, Ini Manfaatnya untuk Tubuh
  • Beranda
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Air Rebusan Cengkeh, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Minum Air Rebusan Cengkeh, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim : 01 Desember 2021
Minum Air Rebusan Cengkeh, Ini Manfaatnya untuk Tubuh

 “Ada beberapa manfaat yang diyakini dapat diperoleh dari mengonsumsi air rebusan cengkeh. Mulai dari membantu mencegah kanker, hingga membantu meningkatkan kesehatan tulang. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi air rebusan cengkeh. Sebab, kandungan eugenol pada cengkeh dapat menjadi racun bila diserap tubuh secara berlebihan.”

Halodoc, Jakarta – Cengkeh atau yang dikenal dengan nama ilmiah Syzygium Aromaticum merupakan rempah yang banyak peminatnya. Sebab, aroma cengkeh yang harum, membuatnya kerap dijadikan bumbu dapur. Cengkeh juga dapat diolah langsung sebagai air rebusan atau teh yang dipercaya sebagai salah satu minuman sehat.  

Hal ini lantaran cengkeh mengandung berbagai nutrisi penting yang bermanfaat bagi kesehatan. Contohnya seperti mangan, vitamin K, vitamin C, serta kalsium. Menariknya lagi, cengkeh juga bersifat antibakteri. Alhasil, mengonsumsi air rebusan cengkeh diyakini dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh. 

Penasaran apa saja? Yuk simak infonya di sini!

Ini Manfaat Rebusan Cengkeh bagi Tubuh

Kaya akan senyawa aktif, berikut adalah beberapa manfaat air rebusan cengkeh bagi tubuh, antara lain:

  1. Membantu Mencegah Kanker

Dilansir dari Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa eugenol yang terkandung dalam cengkeh dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker. Salah satunya adalah studi tabung yang dipublikasikan pada US National Library of Medicine 2014 silam. 

Studi tersebut menemukan bahwa ekstrak cengkeh dapat membantu menghentikan pertumbuhan tumor dan meningkatkan kematian sel pada kanker. Meski begitu, penelitian lebih lanjut tentu diperlukan guna menguji dosis dan efektivitasnya pada manusia.

  1. Melindungi Tubuh dari Bakteri

Cengkeh telah terbukti memiliki sifat antimikroba, yang berarti dapat membantu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme seperti bakteri. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial cengkeh dapat membunuh bakteri E. coli. Perlu diingat bahwa bakteri E. coli sendiri merupakan salah satu pemicu terjadinya keracunan makanan.

Menariknya lagi, sebuah penelitian yang dipublikasikan pada 2014 silam mengatakan, cengkeh dapat menghentikan pertumbuhan bakteri penyebab plak gigi dan penyakit gusi. Maka dari itu, mengonsumsi air rebusan cengkeh juga dapat menjaga kesehatan mulut. 

  1. Meningkatkan Kesehatan Liver

Senyawa eugenol dalam cengkeh juga disebut-sebut dapat membantu meningkatkan kesehatan hati. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus, menunjukkan bahwa senyawa eugenol pada cengkeh, dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan mengurangi peradangan.

Penelitian lain menunjukkan bahwa eugenol membantu meredakan gejala sirosis hati. Mengonsumsi suplemen eugenol selama satu minggu menurunkan kadar GST, enzim yang sering menjadi tanda penyakit hati. Namun, perlu diketahui bahwa eugenol dapat menjadi racun apabila dikonsumsi dalam dosis yang tinggi. Oleh sebab itu, penelitian lebih lanjut mengenai dosis yang tepat dan efektivitas eugenol pada cengkeh masih dibutuhkan.

  1. Membantu Kendalikan Gula Darah

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa senyawa yang ditemukan dalam cengkeh dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap terkendali. Salah satunya adalah penelitian pada hewan dan tabung pada 2017. Hasilnya, ekstrak cengkeh dan nigericin ditemukan dapat meningkatkan penyerapan gula darah ke dalam sel, meningkatkan sekresi insulin, dan meningkatkan fungsi sel yang memproduksi insulin.

  1. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Pengeroposan tulang dapat meningkatkan risiko terjadinya osteoporosis. Nah, sebuah penelitian yang dilakukan pada hewan melaporkan bahwa senyawa aktif dalam cengkeh, telah terbukti membantu menjaga dan meningkatkan kepadatan massa tulang. Menariknya lagi, cengkeh juga mengandung mineral seperti mangan sehingga dapat membantu proses pembentukan tulang.

Nah, itulah penjelasan mengenai manfaat air rebusan cengkeh bagi kesehatan. Mulai dari membantu mencegah kanker, hingga membantu meningkatkan kesehatan tulang. Meski masih memerlukan penelitian lebih mendalam terkait efektivitasnya pada manusia, tidak ada salahnya untuk mengonsumsi air rebusan cengkeh secara rutin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan.

Di samping itu, kamu juga perlu memenuhi asupan nutrisi penting yang tubuhmu butuhkan. Hal ini dapat dilakukan melalui mengonsumsi makanan sehat dan vitamin atau suplemen. 

Melalui aplikasi Halodoc, kamu bisa cek kebutuhan vitamin dan suplemen sesuai kebutuhanmu, lo. Tentunya tanpa perlu keluar rumah atau mengantre berlama-lama di apotek. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, download Halodoc sekarang!

This image has an empty alt attribute; its file name is HD-RANS-Banner-Web-Artikel_Spouse.jpg

Referensi:

Healthline. Diakses pada 2021. 8 Surprising Health Benefits of Cloves
NIH. Diakses pada 2021. Clove (Syzygium aromaticum Linn) extract rich in eugenol and eugenol derivatives shows bone-preserving efficacy
NIH. Diakses pada 2021. Clove and Its Active Compound Attenuate Free Fatty Acid-Mediated Insulin Resistance in Skeletal Muscle Cells and in Mice
NCBI. Diakses pada 2021. Eugenol-rich Fraction of Syzygium aromaticum (Clove) Reverses Biochemical and Histopathological Changes in Liver Cirrhosis and Inhibits Hepatic Cell Proliferation
NCBI. Diakses pada 2021. A comparative study of antiplaque and antigingivitis effects of herbal mouthrinse containing tea tree oil, clove, and basil with commercially available essential oil mouthrinse
NCBI. Diakses pada 2021. Clove Extract Inhibits Tumor Growth and Promotes Cell Cycle Arrest and Apoptosis
NCBI. DIakses pada 2021. Compounds from Syzygium aromaticum possessing growth inhibitory activity against oral pathogens