• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Infused Water Bisa Mencegah Batu Ginjal, Benarkah?

Minum Infused Water Bisa Mencegah Batu Ginjal, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Kurangnya asupan cairan sudah diketahui bisa memicu terbentuknya batu ginjal. Itulah mengapa cara paling sederhana untuk mencegah penyakit yang mengganggu tersebut adalah memenuhi kebutuhan cairan setiap hari.

Meskipun kebutuhan cairan tiap orang berbeda-beda, kamu dianjurkan untuk minum air putih sebanyak 8 gelas atau 2 liter setiap hari agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Selain air putih, ada berbagai jenis minuman sehat lainnya yang bisa dipilih untuk membantu memenuhi kebutuhan cairan. Salah satunya adalah infused water. Benarkah infused water bisa mencegah batu ginjal?

Baca juga: 5 Manfaat Infused Water bagi Tubuh

Manfaat Infused Water untuk Mencegah Batu Ginjal

Infused water adalah air mineral yang dicampurkan dengan potongan buah dan didiamkan beberapa saat. Jenis minuman ini digemari banyak orang karena bisa menjadi alternatif yang menyegarkan dari rutinitas minum air putih setiap hari. Jadi, minum infused water bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk memenuhi kebutuhan cairan harian, sehingga kamu bisa terhindar dari batu ginjal.

Selain itu, potongan buah-buahan dan sayuran yang dimasukkan ke dalam infused water juga mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan, khususnya buah dan sayuran berikut yang dipercaya bermanfaat untuk mencegah batu ginjal:

  • Lemon

Infused water dengan irisan jeruk atau lemon di dalamnya, baik untuk meluruhkan batu ginjal. Hal itu karena asam sitrat yang terkandung dalam buah-buahan masam tersebut bisa mencegah partikel dalam urine saling terikat menjadi kristal. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa lemonade adalah pilihan minuman yang enak dan efektif bagi orang yang rentan terkena batuk ginjal untuk memperlambat perkembangan batu baru. 

Batu ginjal terbentuk saat urine di dalam ginjal menjadi jenuh dengan garam pembentuk batu dan saat urine tidak mengandung cukup zat pencegah terbentuknya batu, salah satunya adalah sitrat. 

Bagi orang yang mudah mengalami batu ginjal, dokter biasanya meresepkan kalium sitrat. Obat ini tersedia dalam bentuk pil atau dalam bentuk cair. Namun, air perasan lemon penuh dengan sitrat alami. 

Ketika dibuat menjadi lemonade rendah gula atau infused water, Steven Y. Nakada, ketua dan profesor urologi di University of Wisconsin, dan rekannya menemukan bahwa air perasan lemon bisa meningkatkan jumlah sitrat dalam urine ke tingkat yang diketahui bisa menghambat pembentukan batu ginjal. Minuman tersebut tentu saja tidak bekerja sebaik kalium sitrat. Namun, bagi kamu yang lebih suka pengobatan alami, infused water dengan irisan lemon adalah alternatif yang menarik untuk dicoba.

Namun, perlu diperhatikan bahwa mengonsumsi vitamin C secara berlebihan atau terus-menerus justru bisa menyebabkan batu ginjal. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi infused water dengan lemon secara berlebihan.

  • Mentimun

Selain lemon, menambahkan irisan mentimun ke dalam infused water juga bisa membantu mencegah batu ginjal. Mentimun adalah salah satu makanan yang dikenal paling baik untuk menghidrasi tubuh. Hal itu karena sebagian besar kandungan mentimun adalah air yang juga dilengkapi oleh elektrolit penting. 

Selain itu, mentimun juga dikenal akan reputasinya sebagai pembersih ginjal terbaik. Hal itu karena sayuran tersebut membantu mencuci ginjal dan kandung kemih dari puing-puing dan batu. Studi sudah menunjukkan bahwa mengonsumsi mentimun secara teratur bisa membantu mengelola asam urat dalam tubuh, sehingga mencegah batu ginjal dan kandung kemih tertentu.

Baca juga: Sering Ditemukan pada Acar, Apa Sebenarnya Manfaat Timun?

Jadi, membuat infused water dengan menambahkan lemon dan mentimun ke dalam air putih bisa menjadi alternatif yang enak dan menyegarkan bagi kamu yang bosan minum air putih setiap hari. Selain bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh setiap hari, irisan buah atau sayuran, seperti lemon dan mentimun, juga membantu mencegah batu ginjal. 

Baca juga: Ragam Buah yang Bisa Dijadikan Infused Water

Bila kamu mengalami nyeri atau sensasi seperti terbakar saat berkemih, sebaiknya periksakan diri ke dokter karena itu bisa menjadi gejala batu ginjal. Kamu juga bisa membeli obat-obatan yang kamu butuhkan untuk mengatasi batu ginjal melalui aplikasi Halodoc.

Tidak perlu keluar rumah, tinggal order saja lewat aplikasi dan pesanan obat kamu akan diantar ke tujuan dalam waktu satu jam. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga di App Store dan Google Play.

Referensi:
WebMD. Diakses pada 2021. Lemonade Helps Kidney Stones.
Vanguard. Diakses pada 2021. Cucumber, best kidney cleanser in town.
Arkansas Urology. Diakses pada 2021. What You Drink Affects Your Risk For Kidney Stones
Perhimpunan Endoskopi Gastrointestinal Indonesia. Diakses pada 2021. 5 Reasons Why Infused Water is Good for the Body.