• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minum Perasan Air Jeruk Nipis Bisa Bikin Langsing, Mitos atau Fakta?

Minum Perasan Air Jeruk Nipis Bisa Bikin Langsing, Mitos atau Fakta?

Ditinjau oleh: dr. Rizal Fadli

Halodoc, Jakarta – Selain dapat meningkatkan rasa percaya diri, memiliki berat badan yang ideal menjadi salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kondisi obesitas. Kondisi obesitas dinilai sebagai kondisi kronis yang terjadi akibat adanya penumpukan lemak pada tubuh. Jika tidak diatasi, kondisi ini dapat meningkatkan berbagai gangguan kesehatan, seperti penyakit jantung, diabetes, atau hipertensi.

Baca juga: Turun Berat Badan Tanpa Merasa Diet, Lakukan Hal Ini

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan agar menjadi ideal, salah satunya dengan melakukan pola makan sehat dan seimbang. Selain itu, beberapa bahan alami juga dinilai cukup efektif dalam menurunkan berat badan, salah satunya air jeruk nipis. Namun, benarkah mengonsumsi air jeruk nipis dapat membuat kamu menjadi lebih langsing? Simak ulasannya, di sini.

Ketahui Manfaat Jeruk Nipis untuk Berat Badan

Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, seperti rutin berolahraga dan juga melakukan pola makan sehat. Selain itu, kamu bisa menurunkan berat badan dengan menggunakan bahan alami yang dinilai cukup efektif, salah satunya adalah jeruk nipis. Biasanya, kamu dapat mengonsumsi air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan air untuk merasakan manfaatnya. Namun, benarkah air jeruk nipis dapat membantu kamu mendapatkan tubuh yang langsing?

Jeruk nipis merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan antioksidan cukup tinggi. Antioksidan sendiri memiliki fungsi untuk menjaga tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas maupun bahan kimia. Tidak hanya antioksidan, jeruk nipis juga memiliki kandungan kalium, kalsium, magnesium, vitamin A, B, C, dan juga vitamin D yang dapat membantu kamu untuk meningkatkan kesehatan maupun menjaga berat badan tetap stabil.

Baca juga: 6 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Selain Diet dan Olahraga

Melansir Healthline, air jeruk nipis menjadi salah satu bahan alami yang dapat membantu kamu untuk menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan kandungan asam sitrat yang meningkatkan metabolisme dan juga membantu tubuh membakar kalori lebih banyak sehingga lemak yang tersimpan lebih sedikit.

Kamu bisa mencoba mengonsumsi minum air jeruk nipis pada pagi hari yang dicampur dengan air putih. Gunakan aplikasi Halodoc dan bertanya langsung pada dokter mengenai manfaat air jeruk nipis yang kamu konsumsi. Yang perlu diperhatikan, kandungan asam pada air jeruk nipis dapat meningkatkan risiko kerusakan pada gigi dan juga gusi. Jangan lupa untuk perbanyak minum air putih setelah mengonsumsi air jeruk nipis guna menurunkan risiko kerusakan pada gigi dan gusi.

Olahraga dan Pola Makan Seimbang

Air jeruk nipis dapat membantu kamu untuk menurunkan dan juga menjaga berat badan. Namun, sebaiknya kebiasaan ini tetap dilakukan bersama dengan rutin olahraga dan juga pola makan yang seimbang. Memperbanyak olahraga dan aktivitas fisik dapat membantu kamu untuk membakar kalori dalam tubuh lebih cepat. Lakukan olahraga ringan, seperti senam aerobik atau jalan santai di sekitar tempat tinggal untuk meningkatkan metabolisme maupun meningkatkan kekuatan tubuh.

Selain rutin berolahraga, sebaiknya terapkan pola makan sehat dan seimbang. Kurangi asupan karbohidrat yang kamu konsumsi setiap harinya dan ganti dengan perbanyak konsumsi buah serta sayur. Untuk mengurangi kalori, hindari mengonsumsi makanan siap saji dan ganti makanan yang kamu konsumsi dengan makanan yang mengandung protein tinggi.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini untuk Cepat Turunkan Berat Badan

Tidak hanya itu, memenuhi kebutuhan istirahat menjadi hal yang tidak kalah penting ketika kamu ingin menurunkan berat badan. Hindari tidur terlalu malam atau begadang karena hal ini dapat menyebabkan gangguan metabolisme yang membuat berat badan menjadi lebih sulit turun. 

Referensi:
Healthline. Diakses pada 2020. 8 Benefits of Lime Water for Health and Weight Loss.
Live Strong. Diakses pada 2020. Does Drinking Lime Water Make You Lose Weight?
Healthline. Diakses pada 2020. How to Lose Weight Fast: 3 Simple Steps, Based on Science.