• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minuman Berkafein Bisa Picu Asam Urat, Benarkah?

Minuman Berkafein Bisa Picu Asam Urat, Benarkah?

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
undefined

Halodoc, Jakarta – Penyakit asam urat adalah jenis arthritis yang disebabkan oleh tingginya kadar asam urat dalam darah. Kebiasaan makan, seperti mengonsumsi makanan yang tinggi purin dan fruktosa, serta mengonsumsi alkohol berlebihan bisa meningkatkan kadar asam urat, sehingga memicu terjadinya serangan penyakit asam urat.

Selain itu, minuman berkafein seperti kopi juga disebut-sebut dapat memicu asam urat. Namun, hal itu masih menjadi kontroversi, lantaran ada juga yang menyebutkan bahwa kopi bermanfaat bagi gejala asam urat. Oleh karena itu, ketahui dampak minuman berkafein pada asam urat di sini.

Mengenal Asam Urat

Penyakit asam urat adalah jenis arthritis yang memengaruhi persendian tubuh. Gejalanya paling sering terjadi di kaki dan jari kaki. Penyakit asam urat disebabkan oleh kondisi yang disebut hiperurisemia.

Kondisi tersebut terjadi ketika terlalu banyak asam urat menumpuk di dalam tubuh. Asam urat adalah produk limbah yang dihasilkan tubuh ketika memecah senyawa kimia yang disebut purin. Ketika hiperurisemia terjadi, asam urat dapat mengendap di sendi, lalu memicu pembengkakan dan peradangan yang menyakitkan.

Ada banyak faktor yang meningkatkan risiko asam urat, seperti gangguan metabolisme dan darah menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat. Selain itu, masalah ginjal dan tiroid juga dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menghilangkan asam urat. 

Beberapa jenis makanan dan minuman tertentu, seperti makanan dengan jumlah purin yang tinggi dan sedang (daging merah dan kerang), minuman berfruktosa tinggi (jus buah dan soda manis), dan minuman beralkohol juga meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman berkafein seperti kopi juga disebut-sebut memicu terjadinya asam urat. 

Baca juga: Hindari 5 Makanan Pemicu Asam Urat

Minum Kopi Bermanfaat untuk Mengurangi Risiko Asam Urat

Faktanya, sebagian besar penelitian ilmiah menunjukkan bahwa kopi berperan dalam menurunkan risiko asam urat.

Kopi diduga mampu mengurangi risiko asam urat dengan menurunkan kadar asam urat melalui beberapa mekanisme. Pertama, kopi dapat menurunkan kadar asam urat dengan meningkatkan laju pengeluaran asam urat dari tubuh. Kopi juga dianggap bersaing dengan enzim yang memecah purin dalam tubuh, sehingga memperlambat laju pembentukan asam urat. Sebuah tinjauan baru-baru ini menemukan bahwa dalam banyak kasus, minum kopi dikaitkan dengan kadar asam urat yang lebih rendah dan berkurangnya episode hiperurisemia.

Selain itu, banyak studi juga menunjukkan bahwa kafein dapat melindungi kamu dari asam urat karena kafein memiliki struktur kimiawi yang mirip dengan obat asam urat yang disebut allopurinol.

Kebiasaan Minum Kopi yang Dapat Memicu Asam Urat

Meski minum minuman berkafein, seperti kopi, telah dikaitkan dengan menurunnya risiko asam urat, kamu yang mengidap asam urat tetap perlu berhati-hati bila ingin mengonsumsi minuman tersebut. Ada beberapa kebiasaan minum kopi yang dapat memicu asam urat.

Tuhina Neogi, MD, PhD, profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Boston menemukan bahwa mengonsumsi minuman berkafein dalam jumlah yang banyak meningkatkan risiko serangan asam urat berulang.

Misalnya, minum empat porsi minuman berkafein dalam 24 jam sebelumnya dikaitkan dengan meningkatkan risiko serangan asam urat berulang sebanyak 80 persen, dibandingkan dengan tidak mengonsumsi minuman berkafein sama sekali.

Sebuah studi terhadap 663 pengidap asam urat juga menunjukkan bahwa minum lebih dari enam porsi minuman berkafein pada hari sebelumnya dikaitkan dengan meningkatnya risiko asam urat 3,3 kali lipat lebih tinggi.

Baca juga: Adakah Dampak Negatif Terlalu Sering Minum Kopi?

Selain itu, orang yang tidak terbiasa minum kopi juga berisiko mengalami serangan asam urat berulang bila secara tiba-tiba meningkatkan asupan kafein lebih dari biasanya. Sebaliknya, pada pengidap asam urat yang sudah terbiasa minum dua atau lebih minuman berkafein dalam sehari, tampaknya tidak mengalami masalah bila meningkatkan asupan kafein mereka.

Jadi, tidak masalah bila kamu gemar minum minuman berkafein seperti teh atau kopi, karena minuman tersebut dapat melindungi kamu dari asam urat. Hanya saja, ingat mengonsumsi kafein dalam jumlah berlebihan atau meningkatkan asupannya secara tiba-tiba dapat memicu serangan asam urat. 

Baca juga: Diet Ramah Asam Urat, Intip 4 Menu Makanan Ini

Itulah penjelasan mengenai dampak minuman berkafein terhadap penyakit asam urat. Bila kamu ingin bertanya lebih lanjut seputar hal ini, hubungi saja dokter melalui aplikasi Halodoc. Kamu bisa bertanya apa saja seputar kesehatan melalui Video/Voice Call dan Chat. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga.



Referensi:
WebMD. Diakses pada 2020. Caffeine May Trigger Gout Attacks.
Healthline. Diakses pada 2020. Does Coffee Help Gout or Cause It? What You Need to Know.
Everyday Health. Diakses pada 2020. 6 Drinks That Can Increase Your Gout Risk.