• Home
  • /
  • Artikel
  • /
  • Minuman Terbaik untuk Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Minuman Terbaik untuk Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fadhli Rizal Makarim
Minuman Terbaik untuk Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

“Peradangan bisa diatasi dengan penggunaan obat-obatan dan tindakan medis. Namun, untuk mengoptimalkan pengobatan yang dijalani, kamu perlu melakukan gaya hidup sehat serta menjalankan pola makan tepat. Beberapa minuman sehat seperti jus ceri, jus tomat, dan jus hijau bisa membantu untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.”

Halodoc, Jakarta – Peradangan atau inflamasi adalah mekanisme tubuh ketika sel darah putih dalam tubuh melindungi diri dari berbagai infeksi yang disebabkan oleh bakteri maupun virus. Namun, inflamasi bukan hanya terjadi akibat adanya bakteri dan virus, adanya cedera fisik juga memicu seseorang mengalami peradangan dalam tubuh.

Peradangan bisa diatasi dengan beberapa jenis obat-obat dan tindakan medis yang diperlukan. Namun, untuk mengoptimalkan pengobatan yang dilakukan, kamu harus menjalankan gaya hidup sehat dan menerapkan pola makan tepat. Sebaiknya, ketahui beberapa minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh.

Baca juga: Catat, Ini 5 Makanan untuk Meredakan Inflamasi pada Tubuh

Minuman untuk Mengurangi Peradangan dalam Tubuh

Banyak gejala yang akan kamu alami ketika kamu mengalami peradangan dalam tubuh, seperti nyeri otot dan sendi yang menjadi kaku. Selain itu, penyakit kronis, seperti jantung, diabetes, radang sendi, hingga alzheimer menjadi gangguan kesehatan yang dikaitkan langsung dengan peradangan kronis.

Peradangan dapat diatasi dengan mengonsumsi berbagai jenis obat-obatan. Tidak hanya itu, tindakan bedah atau operasi dinilai menjadi tindakan lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi peradangan.

Namun, Dr. Frank Hu, profesor nutrisi dan epidemiologi di Departemen Nutrisi pada Harvard School of Public Health mengatakan, banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berbagai komponen makanan dan minuman kemungkinan memiliki efek antiinflamasi yang bisa membantu kamu meredakan gejala peradangan.

Berikut ini jenis minuman yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, yaitu:

  1. Jus Ceri

Salah satu jenis minuman terbaik yang bisa dikonsumsi untuk mengurangi peradangan dalam tubuh adalah jus ceri. Hal ini disebabkan buah ceri memiliki kandungan antioksidan yang dikenal sebagai anthocyanins.

Kandungan ini membantu kamu meredakan nyeri otot yang diakibatkan peradangan. Hindari menambahkan pemanis buatan atau gula dalam pembuatan jus ceri untuk merasakan manfaat yang lebih optimal.

Baca juga: Inilah Mekanisme Terjadinya Inflamasi pada Tubuh

  1. Kunyit

Minuman lain yang bisa membantu kamu mengurangi peradangan dalam tubuh adalah air rebusan kunyit. Kandungan cucurmin dalam kunyit bersifat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan meredakan nyeri sendi. 

  1. Jus Tomat

Tidak ada salahnya mencoba jus tomat yang kaya antioksidan untuk mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh. Kamu bisa mengonsumsi tomat pada pagi hari maupun siang hari. 

Selain membantu mengatasi peradangan, tomat juga dikenal sebagai salah satu buah dengan kandungan vitamin C cukup tinggi. Kebutuhan vitamin C yang terpenuhi dengan baik bisa membantu kamu untuk memiliki sistem imun tubuh yang optimal.

  1. Jus Hijau

Bagi sebagian orang mungkin akan terasa aneh saat mengonsumsi jus hijau. Padahal, jus hijau dinilai efektif untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. 

Jus hijau adalah minuman yang terbuat dari berbagai jenis sayuran hijau. Beberapa sayuran hijau yang bisa dipilih, yaitu kale, bayam, dan seledri dapat menjadi pilihan sebagai bahan utama jus hijau.

Untuk menambahkan cita rasa yang lezat, kamu bisa menambahkan beberapa jenis buah-buahan yang memiliki rasa manis agar jus hijau semakin lezat.

  1. Teh Hijau

Teh hijau memiliki banyak manfaat bagi kesehatan karena kandungan antioksidan dan sifat antiinflamasi terutama dari zat yang dikenal sebagai epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Zat ini dapat menghambat peradangan dalam tubuh dengan mengurangi produksi sitokin pro inflamasi dan kerusakan asam lemak dalam sel.

Baca juga: Kapan Inflamasi Memerlukan Pemeriksaan oleh Dokter?

Itulah minuman terbaik yang bisa kamu konsumsi untuk mengurangi peradangan. Kamu bisa bertanya langsung pada dokter melalui aplikasi Halodoc untuk mengetahui jenis pola makan tepat bagi seseorang yang mengalami peradangan dalam tubuh. Yuk, download aplikasi Halodoc sekarang juga melalui App Store atau Google Play!

This image has an empty alt attribute; its file name is Banner_Web_Artikel-01.jpeg
Referensi:
Eating Well. Diakses pada 2021. 17 Anti Inflammatory Drinks for A Healthy Boost.
Harvard Health Publishing. Diakses pada 2021. Foods That Fight Inflammation.
Eat This, Not That. Diakses pada 2021. The 1 Best Drink to Reduce Inflammation, According to a Dietitian.